Tertawa Terbukti Ampuh Turunkan Berat Badan

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 5 Februari 2021 10:25
Tertawa Terbukti Ampuh Turunkan Berat Badan
Ternyata tertawa punya manfaat unik ini, kok bisa ya?

Berat badan merupakan salah satu hal yang menjadi permasalahan banyak orang. Ada berbagai cara yang dilakukan untuk mengurangi berat badan tubuh. Mulai dari olahraga, diet makanan dan lain sebagainya.

Namun ternyata, ada satu cara unik yang terbukti dapat menurunkan berat badan, yaitu tertawa. Apa hubungannya tertawa dengan berat badan ya?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Wanita Tertawa © Diadona

Menurut penelitian yang dilakukan Vanderbilt University Medical dan diterbitkan dalam International Journal of Obesity, menemukan jika tertawa dapat menjadi obat terbaik untuk masalah berat badan.


Hal ini karena ternyata tertawa dapat membakar kalori dengan meningkatkan detak jantung hingga sebesar 10-20 persen.

Ketika detak jantung meningkat, maka metabolisme tubuh juga akan mengalami peningkatan yang menyebabkan kalori dalam tubuh jadi ikut terbakar setelah seseorang berhenti tertawa.

Tak hanya itu, tertawa juga dapat meningkatkan pengeluaran energi dan sirkulasi udara dalam tubuh.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi wanita tertawa © Diadona

Jika kita tertawa selama 10 hingga 15 menit, tubuh dapat membakar sebanyak 10-40 kalori. Meski begitu, hal ini kembali bergantung pada berat badan tubuh dan juga tingkat aktivitas sehari-hari.

Fakta ini menunjukkan jika setiap harinya tertawa selama 10-15 menit, maka tubuh dapat menurunkan berat badan sebanyak 4 kilogram selama kurun waktu setahun.

Ternyata tertawa punya manfaat tersendiri ya bagi berat badan. Meski begitu, jika ingin menurunkan berat badan juga penting untuk menjaga pola makan dan gaya hidup sehat seperti olahraga dan makan makanan bergizi. Keep healthy guys!

Beri Komentar