Tak Perlu Dibunuh, Begini 12 Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Bahan Alami yang Mudah dan Ampuh

Reporter : Aditia
Kamis, 3 November 2022 12:31
Tak Perlu Dibunuh, Begini 12 Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Bahan Alami yang Mudah dan Ampuh
Tanpa harus dibunuh, tak perlu panik, dan tak harus memegangnya dengan tangan kosong, ini cara mengusir ular di rumah dengan bahan alami

Cara mengusir ular di rumah yang aman dan tak perlu dibunuh cukup penting diketahui bagi pemilik rumah mana pun. Rumah yang kemasukan binatang  buas hingga reptilia memang bikin panik. Biasanya, reptilia seperti ular kerap masuk ke dalam rumah akibat habitatnya yang mulai terganggu. Oleh karenanya,

Meskipun ular termasuk hewan yang membahayakan, membunuh ular sama artinya dengan memutus rantai makanan, ular juga dapat membunuh hama dan hewan pengerat seperti tikus. Cara mengusir ular di rumah sebenarnya cukup mudah dengan bahan dan alat seadanya.

Nah, di saat musim hujan biasanya ular suka masuk ke dalam rumah karena musim seperti ini merupakan musim yang tepat untuk ular bertelur dan menetas. Untuk mengatasi apabila rumahmu kemasukan ular, berikut 12 cara mengusir ular di rumah yang mudah dan ampuh.

1 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Pembersih Lantai

Saat melihat ular, kamu bisa menyiramkan pembersih lantai atau karbol ke badan ular. Pembersih lantai atau karbol dapat memberikan efek panas dan membuat sensor geraknya menjadi tidak nyaman.

Meski begitu, hal ini harus kamu lakukan dengan hati-hati sebab dapat membuat ular menjadi memberontak dan dapat menyerang kamu. So, lakukan dengan pelan atau segera menjauh setelah menyiramkannya ya, Diazens.

2 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Wewangian yang Dibenci Ular

Mengusir ular agar keluar dari rumah yang ampuh juga dapat dilakukan adalah dengan menggunakan wewangian yang dibenci ular. Hewan reptilia hingga serangga memang tidak menyukai bau wewangian lho Diazens, jadi usahakan menyimpan parfum atau pengharum ruangan ya untuk menjaga rumahmu dari kemasukan hewan.

Cukup dengan menyemprotkan wewangian seperti cairan pewangi ruangan atau parfum maka akan mampu membuat ular pergi secara perlahan.

3 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Minyak Kayu Manis dan Minyak Cengkeh

Cara alami berikutnya untuk mengusir ular dari rumah adalah dengan menggunakan minyak kayu manis dan minyak cengkeh.

Menyemprotkan cairan campuran minyak kayu manis dan minyak cengkeh dipercaya akan mampu membuat ular pergi secara perlahan.

4 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Bubuk Belerang

Hewan reptil tidak menyukai bau yang menyengat. Nah Diazens juga dapat mengusir ular dari rumah dengan menggunakan bubuk belerang.

Tak hanya manusia yang tidak tahan dengan bau atau aroma dari belerang ini, ular pun juga merasakan hal yang sama. Reptil berbisa ini sangat tidak menyukai bau menyengat dari belerang.

5 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Cabai

Bahan alami yang dapat kamu gunakan juga untuk mengusir ular adalah salah satu bahan dapur. Bahan dapur tersebut adalah cabai, cabai dapat digunakan untuk mengusir hewan reptil berbisa dari rumah.

Untuk mengusir ular, kamu cukup menaburkan beberapa cabai di sekitar atau sekeliling rumah. Memang cara ini sedikit terdengar agak mengganjal, namun ini merupakan cara yang terbilang ampuh guna mengusir ular.

6 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Amonia

Ada pula cara mengusir ular berikutnya yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan menggunakan amonia. Sebuah studi menunjukkan bahwa hewan melata berbahaya ini sangat tidak menyukai aroma amonia yang tidak sedap.

Dengan menyemprotkan amonia di sekitar area atau meletakkannya pada wadah yang terdapat ular akan mampu membuatnya menjauh.

7 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Bawang Merah dan Putih

Kemudian, kamu juga dapat mengusir ular di rumah dengan menggunakan bahan alami yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, yakni bawang merah dan bawang putih.

Hal tersebut dipercaya ampuh mengusir ular, karena mereka tidak tahan dengan asam sulfonat yang dihasilkan oleh bawang.

8 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Pakai Cuka Putih

Bahan dapur lainnya yang dapat kamu gunakan adalah cuka. Bahan tersebut bisa mengusir ular lho, Diazens. Cairan cuka putih akan menyerap melalui kulit ular dan membuat ular tidak nyaman karena wangi yang menempel pada permukaan kulitnya dan asam yang melukai kulitnya.

Cukup siram cuka putih ke badan ular tersebut hingga ular pergi dari rumahmu. Namun, sekali lagi, harus dilakukan dengan hati-hati ya, Diazens.

9 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Usir dengan Sapu Ijuk

Permukaan kulit ular ternyata sensitif lho dengan sapu ijuk yang biasanya kita gunakan untuk menyapu di rumah. Gunakan sapu ijuk untuk mendorong tubuh ular agar bisa bergerak keluar rumah.

Bisa dipastikan ular tidak akan nyaman dan tentunya akan pergi dari tempat tersebut. Namun cara ini harus kamu lakukan dengan hati-hati dan menghindari serangan ular yang memberontak ya.

10 dari 12 halaman

Cara Mengusir Ular di Rumah dengan Gunakan Kapur Barus

Kapur barus merupakan bahan umum yang seringkali digunakan sebagai bahan produk pengusir hewan pengerat, serangga, hingga hewan melata seperti ular. Kapur barus biasanya  dijual di pasaran.

Namun, jika kamu belum memilikinya, kamu bisa menggunakan kamper atau kapur barus yang ada di rumahmu.

Letakkan kapur barus di area-area yang dilewati oleh ular, seperti lubang, pintu, atau area lain yang memiliki celah di rumahmu atau lemparkan kapur barus ke area ular agar ular segera pergi perlahan meninggalkan rumahmu.

11 dari 12 halaman

Semprot dengan Air

Apabila kamu tidak memiliki bahan-bahan di atas tadi, tenang jangan patah semangat ya Diazens. Kamu bisa menyemprotkannya dengan air yang ada di rumah pada permukaan tubuh ular hingga hewan itu pergi.

Semprotan air jika dilakukan terus menerus akan membuat ular menjadi tidak nyaman. Tak perlu panik, apalagi sampai memegangnya dengan tangan kosong ya, Diazens.

12 dari 12 halaman

Panggil Pemadam Kebakaran

Memanggil pemadam kebakaran merupakan cara terakhir apabila cara-cara di atas tidak berani kamu lakukan sendiri atau tidak menemukan satu pun bahan dan alat tersebut.

Pemadam kebakaran adalah solusi paling aman sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan usaha untuk menghadapi ular sendiri.

Nah itu tadi 12 cara mengusir Ular di Rumah. Bisa kamu coba dan terapkan ya apabila rumahmu kemasukan ular. Tetap lakukan dengan hati-hati ya Diazens.

Selalu bersihkan rumah dan perkarangan, berikan kapur barus pada tiap sudut rumah apabila kamu tinggal di sekitar lingkungan yang dirasa banyak hewan reptilianya. Stay safe ya, Diazens.

 

 

Beri Komentar