8 Inspirasi Rumah Industrial Minimalis dan Model Perabotannya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 7 September 2023 16:14
8 Inspirasi Rumah Industrial Minimalis dan Model Perabotannya
Furnitur yang cocok untuk rumah industrial minimalis adalah furnitur yang mengikuti estetika kasar industri, tetapi tetap sederhana, fungsional, dan bersih

Rumah industrial minimalis menjadi salah satu tren yang semakin populer di kalangan masyarakat saat ini. Gaya ini adalah bentuk perpaduan antara desain industri yang kasar dan estetika rumah minimalis yang bersih. Biasanya pemilik rumah menerapkan rumah dengan gaya ini karena ingin menciptakan suasana urban dan kontemporer.

Dalam rumah industrial minimalis, unsur-unsur kasar dan tampilan industri, seperti eksposur struktur, material beton dan besi, serta warna-warna netral, digabungkan dengan desain yang sederhana, garis-garis bersih, dan furnitur minimalis. Gaya ini juga sering menekankan penggunaan pencahayaan alami dan pembuatan ruangan yang terbuka untuk menciptakan tampilan yang bersih dan terorganisir.

Perpaduan yang tepat antara material, warna, dan desain, kamu dapat menciptakan ruang yang memukau dan fungsional untuk dinikmati dalam waktu yang lama. Pastikan jenis furnitur-furnitur ini sesuai dengan gaya kamu. Berikut beberapa pilihan yang cocok untuk gaya rumah industrial minimalis:

Furnitur yang cocok untuk rumah industrial minimalis adalah furnitur yang mengikuti estetika kasar industri, tetapi tetap sederhana, fungsional, dan bersih. Berikut beberapa jenis furnitur yang biasanya cocok untuk rumah dengan desain ini:

 

1 dari 10 halaman

Sofa Kulit atau Kulit Sintetis

Rumah Industrial Minimalis © Diadona

Sofa kulit atau kulit sintetis dengan tampilan kasar dan rangka metal atau kayu yang terbuka adalah pilihan yang populer. Pilih warna-warna netral seperti hitam, cokelat tua, atau abu-abu agar semakin mencerminkan konsep rumah industrial minimalis. 

Sofa kulit memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan. Dari segi keunggulan, sofa ini memberikan tampilan mewah, tahan lama, tahan terhadap noda, nyaman untuk digunakan. sedangkan kekurangannya adalah harganya mahal, membutuhkan perawatan khusus, dan rentan terhadap goresan.

 

2 dari 10 halaman

Meja Kayu Kasar atau Meja Rustic

Rumah Industrial Minimalis © Diadona

Meja makan atau meja kopi dengan permukaan kayu kasar dan kaki kayu atau logam yang kokoh sesuai dengan tampilan industri. Meja kayu kasar, juga dikenal sebagai meja rustic, memiliki karakteristik yang unik dan pilihan desain yang menarik. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan yang perlu kamu ketahui. 

Keunggulan jika kamu memilih meja rustic adalah modelnya yang unik akan menambah kesan alami dalam ruangan, memiliki daya tahan yang lama, cocok digunakan pada rumah industrial minimalis, rustic, bahkan country. Namun, meja ini juga memiliki kelemahan diantaranya perawatan lebih intensif, memiliki bobot yang berat, dan lebih tricky untuk menyesuaikan dekorasi interior lainnya. 

 

3 dari 10 halaman

Kursi dan Bangku Metal

Rumah Industrial Minimalis © Diadona

Kursi atau bangku dengan rangka metal atau besi yang terbuka adalah pilihan yang baik untuk rumah industrial minimalis. Kamu dapat menambahkan bantal atau dudukan yang lebih empuk untuk kenyamanan ekstra. Sehingga momen bersama keluarga akan terasa lebih hangat. kursi jenis dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama dan tidak membutuhkan perawatan khusus seperti bahan kayu ataupun kulit. 

Namun perlu diingat bahwa cuaca yang cukup ekstrim menyebabkan bahan metal bisa berkarat seiring berjalannya waktu. Untuk mengatasi hal tersebut maka, kamu dapat menabahkan pelapis anti karat. 

 

4 dari 10 halaman

Rak Terbuka

Rumah Industrial Minimalis © Diadona

Rak buku atau rak dinding dengan struktur metal yang terbuka adalah cara yang bagus untuk mengekspos buku, dekorasi, atau koleksi barang-barangmu. Rak ini mempertahankan unsur eksposur struktur yang khas dalam rumah industrial minimalis. Rak terbuka memberikan fleksibilitas dalam penyimpanan dan tampilan barang-barang kamu. 

karena tidak ada penutup, rak terbuka dapat dengan mudah menumpuk debu dan kotoran sehingga kamu harus membersihkan secara berkala. Rak ini biasanya lebih cocok untuk menyimpan barang-barang besar atau dekoratif.

 

5 dari 10 halaman

Lemari Besi atau Kayu Kasar

Rumah Industrial Minimalis © Diadona

Lemari dengan permukaan kasar seperti besi atau kayu dapat digunakan untuk penyimpanan yang fungsional dan estetis. Kamu dapat menggantungkannya di dinding atau meletakkannya di lantai. Pilihlah lemari yang tidak terlalu banyak aksen rumit agar tetap mempertahankan gaya rumah industrial minimalis. Lemari besi atau kayu kasar memiliki karakteristik yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama. Pilihan antara lemari besi atau kayu kasar tergantung pada kebutuhan penyimpanan barang, preferensi desain dan faktor lain. 

 

6 dari 10 halaman

Lampu Gantung Industrial

Rumah Industrial Minimalis © Diadona

Lampu gantung dengan desain industri yang ekspos dan penggunaan bahan-bahan seperti logam dan kaca adalah aksen yang sempurna untuk menciptakan tampilan rumah industrial minimalis. Pencahayaan yang digunakan biasanya berwarna kuning/warm white agar tercipta suasana yang hangat. Desain lampu gantung ini seringkali memberikan pencahayaan yang baik dan fungsional ke dalam ruangan, terutama ketika digunakan diatas menja makan atau area kerja. 

 

7 dari 10 halaman

Karpet Berwarna Netral

Rumah Industrial Minimalis © Diadona

Karpet dengan warna netral seperti abu-abu atau cokelat muda dapat digunakan untuk menambahkan kenyamanan dan meredam tampilan ruangan. Pastikan karpetnya sederhana dan tidak terlalu banyak motif. Karpet ini sangat mudah untuk dipadupadankan dengan furnitur lainnya untuk menciptakan rumah industrial minimalis yang elegan. 

Karpet warna netral bisa membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih terbuka dan lapang. terutama jika kamu memiliki ruangan sempit. Warna netral pada karpet cenderung lebih rentan terhadap noda dan kotoran sehingga kamu perlu membersikan secara teratur dan berhati-hati dengan cairan atau noda. 

 

8 dari 10 halaman

Perabotan Minimalis

Rumah Industrial Minimalis © Diadona

Pilih perabotan minimalis dengan garis-garis bersih dan desain sederhana. Hindari furnitur dengan banyak detail atau ornamen yang rumit. Konsep rumah industrial minimalis menonjolkan kombinasi material metal dan kayu dengan tampilan elegan. 

Perabotan minimalis cenderung memiliki desain yang sederhana dan bersih menciptakan tampilan ruangan yang rapi dan teratur. Ruangan dengan perabotan minimalis bisa terasa monoton jika tidak diimbangi dengan sentuhan dekoratif atau aksesori yang hangat. 

 

9 dari 10 halaman

Aksesori Industri

Rumah Industrial Minimalis © Diadona

Tambahkan aksesori seperti pipa terbuka palsu, jam dinding besar dengan rangka logam, dan dekorasi dinding yang terinspirasi industri untuk memberikan sentuhan akhir pada rumah industrial minimalis kamu. Bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam aksesori industri seperti baja, kayu, atau beton memiliki daya tahan lama dan kuat. Untuk menciptakan tampilan yang seimbang, kamu perlu melakukan penataan yang tepat agar tidak terlihat berantakan dan membosankan. 

 

10 dari 10 halaman

Penting untuk menjaga keseimbangan antara unsur industrial dan minimalis dalam pemilihan furnitur kamu. Furnitur-furnitur tersebut harus menciptakan ruang yang estetis, fungsional, dan kohesif dengan tema keseluruhan rumahmu.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat memilih furnitur yang sesuai dengan desain rumah industrial minimalis kamu. Ingatlah untuk tetap memprioritaskan kenyamanan dan fungsionalitas selain dari aspek estetika. 

 

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

 

Beri Komentar