8 Model Pintu Kamar Minimalis yang Buat Tampilan Kamar Kamu Makin Estetik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 5 September 2023 09:37
8 Model Pintu Kamar Minimalis yang Buat Tampilan Kamar Kamu Makin Estetik
Model pintu kamar minimalis bisa didesain dengan banyak gaya dan juga jenis material. Kamu bisa menggunakan kayu, PVC, hingga panel kaca.

Model pintu kamar minimalis saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat urban. Selain desainnya yang sederhana, gaya ini juga membuat kamarmu semakin elegan dan pastinya estetik banget!. Pintu kamar tidak harus memiliki konsep yang sama dengan pintu rumah. Bahkan kamu bisa membuat desain yang menonjolkan karakteristik kamu lho!

Biasanya pemilihan model pintu kamar minimalis ditentukan oleh beberapa aspek yang dinilai penting oleh masyarakat. Tidak hanya desain, namun juga pertimbangan luas ruangan kamar, material, warna, ukuran pintu, hingga bentuk yang diinginkan. Model ini biasanya terbuat dari jenis material yang kuat dan tahan lama seperti besi, kayu, baja atau alumunium. 

Desain minimalis memiliki ciri khas dengan tampilan yang sederhana dan elegan. Ini dia beberapa karakteristik yang biasa ditemui pada model pintu kamar minimalis: 

 

1 dari 9 halaman

  1. Desain Sederhana

Pintu kamar minimalis memiliki desain yang simpel dan tidak terlalu rumit. Desain yang ditawarkan cenderung memiliki motif garis-garis dan sudut yang tajam. Lebih dari itu, desain sederhana memiliki kesan yang bersih dan rapi sehingga membuat pemilik kamar terasa lebih tenang dan nyaman. 

  1. Warna Netral

Pintu kamar minimalis seringkali memiliki warna netral seperti putih, abu-abu, hitam, atau kayu alami. Warna-warna ini memberikan kesan yang elegan dan mewah. Menurut konsep minimalis yang disampaikan oleh Zen Tadao, pemilihan warna dapat berasal dari warna bangunan atau bahan alam yang digunakan. 

  1. Material yang Sederhana

Bahan-bahan yang digunakan untuk pintu kamar minimalis biasanya adalah kayu, logam, atau fiberglass. Jenis material tersebut memiliki tekstur yang cocok untuk diterapkan pada desain minimalis karena tidak terlalu rumit. 

  1. Tidak Ada Hiasan Berlebihan

Desain pintu kamar minimalis menghindari hiasan atau ukiran yang berlebihan. Mereka lebih fokus pada kesederhanaan dan fungsi. Zen selalu menjaga prinsipnya ‘less is more’. Prinsip ini menggambarkan filosofi bahwa dengan mengurangi elemen-elemen yang tidak perlu atau berlebihan justru akan menambah keindahan.

Model pintu kamar minimalis sering digunakan dalam desain interior modern dan kontemporer. Konsep minimalis menciptakan tampilan yang bersih, rapi, dan elegan. Namun, penting untuk memilih pintu yang sesuai dengan gaya dan desain keseluruhan kamar kamu. 

 

Berikut ini 8 rekomendasi model pintu kamar minimalis buat kamu yang ingin tampilan kamar lebih elegan!. 

 

2 dari 9 halaman

1. Model Pintu Kamar Minimalis Geser

Model Pintu Kamar Minimalis © Diadona

Pintu kamar minimalis geser dari bahan kayu adalah pilihan yang sangat populer dalam desain interior modern. Pintu geser kayu memberikan tampilan yang bersih dan alami, serta menyediakan sejumlah manfaat praktis, seperti penghematan ruang. Pintu ini tidak memerlukan ruang tambahan untuk membuka atau menutup, sehingga sangat cocok untuk ruangan dengan ruang terbatas. Model ini menggabungkan keindahan alami kayu dengan efisiensi ruang, menjadikannya solusi yang baik untuk kamu yang memiliki luas kamar tidak terlalu besar.

 

3 dari 9 halaman

2. Model Pintu Kamar Minimalis Putih Simpel

Model Pintu Kamar Minimalis © Diadona

Pintu kamar minimalis putih adalah pilihan yang sangat umum dalam desain interior modern. Warna putih sering digunakan dalam konsep minimalis karena memberikan kesan bersih, tenang, dan elegan. Pemilihan warna putih sangat cocok untuk berbagai jenis desain interior, termasuk desain minimalis, skandinavia, modern, dan banyak lagi. Pintu putih juga bisa menjadi latar belakang yang sempurna untuk aksen dan dekorasi dalam kamar kamu. Pintu ini memiliki motif yang sederhana dan tidak terlalu rumit dilengkapi dengan gagang pintu yang simpel semakin menambah keindahan kamar kamu. © Diadona

 

4 dari 9 halaman

3. Model Pintu Kamar Minimalis Pintu Ganda

Model Pintu Kamar Minimalis © Diadona

Pintu ini menawarkan kesan alami namun juga elegan dari motif kayu yang ditampilkan. Motif garis-garis dan warna coklat pekat akan menambah kesan klasik pada kamarmu. Penting untuk kamu memilih jenis material kayu yang kuat dan tahan lama agar tidak mudah lapuk. kayu alami sering kali memiliki keindahan dan karakter yang unik. Kamu dapat memilih pintu dengan warna kayu alami yang mempertahankan tampilan alaminya, seperti kayu ek atau kayu jati.

 

5 dari 9 halaman

4. Model Pintu Kamar Minimalis Panel Kaca

Model Pintu Kamar Minimalis © Diadona

Model pintu selanjutnya adalah pintu dengan panel kaca motif kotak-kotak. Pintu kamar minimalis dengan panel kaca adalah pilihan yang sangat populer dalam desain interior modern. Panel kaca pada pintu memberikan cahaya alami, membantu menciptakan tampilan ruang yang lebih terang, terbuka, dan modern. Saat memilih pintu kamar minimalis dengan panel kaca, pastikan untuk mempertimbangkan tingkat privasi yang Anda inginkan dan juga tingkat perawatan yang dibutuhkan untuk menjaga panel kaca tetap bersih dan jernih. 

 

6 dari 9 halaman

5. Model Pintu Kamar Minimalis Gaya Folding

Model Pintu Kamar Minimalis © Diadona

Model selanjutnya adalah pintu dengan konsep folding. Konsep ini terbilang cukup unik karena mengusung konsep lipat buku. Pintu folding terdiri dari dua atau lebih daun pintu yang terhubung dengan engsel dan dapat dilipat pada satu sisi saat dibuka.Pintu folding model ini memanfaatkan panel kaca untuk memberikan tampilan yang terbuka dan memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Selain panel kaca, kamu juga dapat menggunakan material kayu untuk memberikan sentuhan alami di kamarmu.

Pilihan pintu folding minimalis akan sangat bergantung pada kebutuhan fungsional dan estetika kamar kamu. Pastikan untuk memilih bahan, warna, dan desain yang sesuai dengan gaya desain interior kamar agar kamu semakin betah di kamar.

7 dari 9 halaman

6. Model Pintu Kamar Minimalis Aksen Logam

Model Pintu Kamar Minimalis © Diadona

Pintu minimalis dengan aksen logam dan warna netral adalah pilihan yang modern dan elegan dalam desain interior. Aksen logam, seperti stainless steel, besi, atau alumunium, dapat memberikan sentuhan kontemporer pada pintu minimalis, sementara warna netral memberikan tampilan kamar kamu terlihat mewah. Motif yang digunakan pada model pintu ini adalah garis sederhana dengan mengkombinasikan unsur logam pada gagang pintu. Selain itu tampak panel kaca di samping pintu menambah unsur artistik pada kamar kamu. Jika kamu tertarik pada model ini, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan pada gagang pintu untuk mencegah karat dan korosi. 

 

 

8 dari 9 halaman

7. Model Pintu Kamar Minimalis Gaya Eropa

Model Pintu Kamar Minimalis © Diadona

Desain pintu kamar dengan gaya Eropa merupakan kombinasi yang sangat menarik antara unsur modern dan unsur tradisional klasik ala Eropa. Warna-warna yang biasa digunakan pada pintu gaya Eropa adalah warna klasik seperti coklat tua, merah tua, dan hitam yang membuat tampilan kamarmu semakin hangat. Material yang digunakan pada pintu gaya Eropa berasal dari bahan berkualitas tinggi seperti kayu solid. Agar terlihat lebih artistik, pintu ini dihiasi dengan panel kaca dan ukiran yang simpel.

Pintu gaya Eropa menciptakan tampilan yang mewah, cocok banget nih untuk kamu yang suka menggabungkan elemen-elemen klasik dan tradisional namu tetap terlihat modern

 

9 dari 9 halaman

8. Model Pintu Kamar Minimalis Hitam Dengan Aksen Kayu

Model Pintu Kamar Minimalis © Diadona

Model pintu ini menciptakan kesan dramatis dari perpaduan warna hitam dan tampilan alami kayu.  Warna hitam merupakan warna yang kuat, tegas, dan berani membuat kamarmu terlihat anggun. Tidak lupa dengan kombinasi kayu memperlihatkan tekstur dan motif alami kayu menjadi nilai plus agar kamarmu terlihat kontemporer. Model ini merupakan pilihan desain yang serbaguna yang bisa digunakan dalam berbagai jenis desain interior, termasuk desain modern, skandinavia, atau industrial.

Nah Diazen! Itu tadi 8 potret Model Pintu Kamar Minimalis yang bisa banget kamu jadikan rekomendasi agar kamarmu terlihat lebih cantik. Jadi, siapkah kamu merenovasi pintu kamarmu?

 

 

Editor: TIARA MARTHA ASNADHINATA

 

 

Beri Komentar