21 Desain Mushola Minimalis di Rumah untuk Ibadah Makin Nyaman

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 19 September 2023 15:12
21 Desain Mushola Minimalis di Rumah untuk Ibadah Makin Nyaman
Dengan memiliki mushola minimalis di rumah, anggota keluarga nggak cuman bisa beribadah dengan khusyuk tapi juga meminimalisir hingar-bingar suara dan lalu lalang orang

Mushola minimalis di rumah adalah impian setiap umat muslim untuk tempat nyaman beribadah. Sebab saat salat dan berdoa, kita tentu membutuhkan suasana yang tenang agar lebih khusyuk, bukan? Nah, mushola di dalam rumah ini meminimalisir hingar-bingar suara dan orang yang berlalu-lalang yang dapat mengganggu.

Kamu nggak memerlukan ruangan yang luas untuk membangun mushola minimalis di dalam rumah kok. Di rumah mungil pun, kamu bisa membuat mushola ini. Atau mushola di sudut rumah dengan desain apik sehingga membuatnya jadi spot menenangkan dan favorit keluarga.

Tapi tentu luasnya bisa kamu sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.  Bahkan membuat mushoal di rumah mungilpun tetap bisa dilakukan lho! Yang terpenting adalah desainnya yang sesuai dengan selera pemilik rumah dan memenuhi kebutuhan spiritual kepada Sang Pencipta. 

Mushola minimalis di dalam rumah nggak hanya jadi ruang beribadah pemilik rumah, lho. Selain itu, kamu dapat lebih menjaga privasi bagi tamu yang berkunjung dari pada harus di dalam kamar atau di ruangan lainnya. 

Apakah kamu ingin membangun mushola minimalis di rumah? Nah, Redaksi Diadona punya 8 inspirasi desain mushola minimalis di rumah yang keren-keren. Yuk, langsung simak apa aja desainnya!   

 

1 dari 21 halaman

Mushola Minimalis di Rumah Sederhana

Mushola Minimalis di Rumah Sederhana © Diadona

Bagi kamu yang suka dengan desain sederhana, tidak banyak ornamen dan pastinya low budget, desain mushola minimalis di rumah ini bisa jadi inspirasi buat kamu. Penggunaan warna netral pada dinding lantai kayu yang terkesan sederhana tanpa adanya ornamen lain ini tetap terlihat bagus dan minimalis. 

Agar terlihat lebih bagus, kamu dapat menambahkan interior seperti tangga bambu sebagai gantungan mukenah atau sajadah, stand hanger, dan pajangan dengan tulisan kaligrafi yang indah. Sangat sederhana tapi minimalis ya! 

2 dari 21 halaman

Mushola Minimalis di Rumah dengan Sekat

Mushola Minimalis di Rumah dengan Sekat © Diadona

Nah, jika kamu tidak memiliki ruang yang kosong untuk dijadikan sebagai tempat ibadah, kamu bisa meniru inspirasi desain di atas! Kamu dapat membuat tempat sendiri sebagai mushola di rumah yang tetap nyaman. 

Kamu bisa menggunakan sekat ruangan pada sisi sampingnya agar membentuk tempat yang di khusus untuk beribadah. Desain ini menggunakan interior kayu pada lemari, garis setengah dinding dan lantainya serta penggunaan teralis sebagai sekat ruangan. Mushola dengan desain ini terlihat sederhana dan natural ya, Diazens! 

3 dari 21 halaman

Mushola Minimalis di Rumah Semi Outdoor

Mushola Minimalis di Rumah Semi Outdoor © Diadona

Konsep mushola semi terbuka ini dapat menjadi inspirasi mu selanjutnya. Mushola minimalis semi outdoor menciptakan nuansa yang sejuk dan adem ketika beribadah karena berdekatan dengan taman di belakang atau samping rumah.

Sisa lahan digunakan sebagai taman kecil di samping mushola dengan beberapa tumbuhan hias sebagai dekorasi yang apik sehingga menciptakan suasana yang alami. 

Kamu juga dapat memberikan corak pada dindingnya berupa penataan angin-angin dengan batu bata. Selain itu, kamu bisa menggunakan ornamen kayu pada atap bagian atap dan lantai vinyl. Gimana, mantap juga kan desain semi terbuka ini! 

4 dari 21 halaman

Mushola Minimalis di Rumah Desain Mewah

Mushola Minimalis di Rumah Desain Mewah © Diadona

Mushola dengan desain satu ini terlihat mewah ya, Diazens! Meskipun dengan ukuran yang tidak luas, tetapi mampu menyulap menjadi mushola yang bagus. Penggunaan warna warm pada mushola ini membuat tampilannya terlihat luas dan bersih. 

Penggunaan dekorasi kaca, kayu mengkilap pada bagian bawahnya, dan rancangan penunjuk kiblat ini yang membuat kesan mewah dan modern. Selain itu, penataan cahaya dalam mushola ini membuatnya terlihat elegan namun tetap minimalis. Mushola idaman banget ini! 

5 dari 21 halaman

Mushola Minimalis di Rumah Aksen Kayu

Mushola Minimalis di Rumah Aksen Kayu © Diadona

Kamu suka dengan desain yang bernuansa wood dan natural? Nah, desain yang satu ini bisa banget jadi rekomendasi buat kamu untuk menerapkannya di mushola rumahmu. Desain kayu dalam mushola menciptakan tampilan hangat dan alami. Desain di atas terlihat sederhana tetapi terlihat bagus dan minimalis. 

Interior kayu dengan warna cokelat mencolok dengan ukiran kaligrafi yang digunakan hanya pada bagian penunjuk kiblat. Selain itu, interior kayu juga digunakan pada bagian sekat dan furnitur di sudut ruangan dengan warna cokelat yang sedikit terang. Bagus banget ya konsep wood pada desain mushola ini! 

6 dari 21 halaman

Mushola Minimalis di Rumah Gaya Modern

Mushola Minimalis di Rumah Gaya Modern © Diadona

Desain selanjutnya yakni mushola dengan gaya modern. Desain yang satu ini kelihatan keren ya, Diazens! Meskipun dengan rancangan yang modern namun tetap mempertahankan sifat keagamaan dan kesederhanaan. 

Desain ini menggunakan warna dinding netral yaitu warna abu-abu. Desain model ini juga menonjolkan desain yang menyerupai segitiga pada sudut ruangan yang menambah kesan elegan. Selain itu, penggunaan cahaya pada sudut ruangan dan dekorasi dinding membuatnya terlihat canggih. Wah, keren juga! 

 

7 dari 21 halaman

Mushola Minimalis di Rumah Ala Industrialis

Mushola Minimalis di Rumah Ala Industrialis © Diadona

Jika kamu beranggapan desain industrialis ini bisa digunakan pada ruangan atau tampilan rumah saja? Jangan salah, kamu juga bisa mendesain mushola di rumahmu dengan gaya industrial, loh! Pastinya tetap terasa nyaman

Material yang diperlukan juga cukup mudah, yakni dengan bermodal desain unfinish semen dan batu bata ekspos. Kamu dapat menambahkan pencahayaan pada sudut dinding untuk menambah kesan kontras pada desainnya. Apakah kamu tertarik dengan gaya industrialis pada mushola di rumahmu?  

8 dari 21 halaman

Mushola Minimalis di Rumah Warna Putih 

Mushola Minimalis di Rumah Warna Putih © Diadona

Oke, desain selanjutnya ini mushola minimalis berwarna putih. Penggunaan warna putih sebagai desain sendiri mencerminkan kesederhanaan dan memberikan nuansa luas pada ruang. Mushola dengan dominan warna putih ini menciptakan tampilan tenang, bersih dan menciptakan kesan suci.

Selain itu, kamu juga dapat memadukannya dengan interior lain seperti ukiran dan pencahayaan yang pas sehingga menciptakan kesan minimalis dan modern. Apakah desain mushola yang satu ini menjadi salah satu incaranmu? 

 

9 dari 21 halaman

Mushola Minimalis di Rumah Berdesain Estetik

Mushola Minimalis di Rumah Berdesain Estetik © Diadona

Selain membuat nyaman, mushola di rumah minimalis berdesain estetik juga akan membuatnya makin betah berlama-lama di sana. Jatuhkan pilihan desain sesuai dengan desain rumah. Misalnya, tampilan sederhana dengan furniture dari kayu seperti pada gambar di atas.

 

10 dari 21 halaman

Desain Mushola di Rumah Minimalis dengan Jendela Lebar

Desain Mushola di Rumah Minimalis dengan Jendela Lebar © Diadona

Dengan jendela yang lebar, mushola minimalis di rumah ini bakalan anti pengap. Sajadah, karpet, mukena serta sarung dijamin akan anti lembab. Ibadah pun jadi akan makin nyaman dengan semilir angin yang melewati ventilasi.

11 dari 21 halaman

Desain Mushola di Rumah Minimalis Berdesain Industrial

Desain Mushola di Rumah Minimalis Berdesain Industrial © Diadona

Untuk rumah industrial, jangan lupa ikut sertakan mushola dengan tema yang sama ya! Padukan tembok beton yang mendinginkan ruangan dengan lantai kayu yang hangat. Menempatkan tanaman hijau membuat mushola minimalis di rumah kamu jadi makin hidup.

12 dari 21 halaman

Desain Mushola Minimalis di Rumah Sempit

Desain Mushola di Rumah Minimalis Sempit © Diadona

Memiliki rumpah sempit bukan halangan untuk memiliki ruang mushola sendiri. Seperti terlihat pada foto di atas, mushola terletak di bagian paling belakang rumah dengan jendela rumah mengarah ke sana.

Walaupun sempit dan sederhana, mushola tersebut nampak nyaman dengan desain yang clean.

13 dari 21 halaman

Desain Mushola di Rumah Minimalis Bagian Depan

Desain Mushola di Rumah Minimalis Bagian Depan © Diadona

Berada di bagian depan rumah, mushola minimalis ini mendapatkan akses udara, cahaya dan pemandangan ke bagian luar. Nampak suasana sederhana ala bangunan lawas, tapi tetap terlihat bersih dan elegan.

14 dari 21 halaman

Mushola di Rumah Minimalis dengan Rumput Artificial

Mushola di Rumah Minimalis dengan Rumput Artificial © Diadona

Untuk menambah keindahan ruangan, gunakan karpet rumput sintetis di mushola. Perlu dikethaui bahwa rumput ini mungkin akan berbau apek karena terkena air yang basah setelah mengambil air wudhu, jadi pastikan mushola berdesain demikian memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang cukup ya!

 

15 dari 21 halaman

Desain Mushola Minimalis Di Dekat Tangga Rumah

Desain Mushola Minimalis Di Dekat Tangga Rumah © Diadona

Manfaatkan area di dekat tangga sebagau mushla minimalis. Area ini mungkin terlalu sempit untuk menjadi ruangan sendiri, namun terlalu lebar bila hanya dibiarkan.

Di bagian bawah tangga bisa kamu manfaatkan sebagai ruang penyimpanan, sementara itu untuk memberikan ilusi ruangan yang luas, tempatkan cermin besar di sana.

16 dari 21 halaman

Desain Mushola Minimalis di Rumah dengan Batuan Alam

Desain Mushola Minimalis di Rumah dengan Batuan Alam © Diadona

Rumah dengan konsep batuan alam memang tak lagi ngetrend, tapi memiliki karakter kuat. Mushola dengan desain batuan alam ini nampak sederhana, bersih, sejuk, idnah dan juga alami.

Desain mushola minimalis di rumah pada potret di atas nampaknay berada di bagian luar rumah, biasanya dibangun untuk tamu dan lainnya.

17 dari 21 halaman

Desain Mushola Minimalis di Rumah dengan Lantai Kayu

Desain Mushola Minimalis di Rumah dengan Lantai Kayu © Diadona

Lantai kayu memiliki kesan yang hangat. Pada mushola minimalis di rumah, aksen ini ngasih rasa betah berlama-lama di sana.

Lantai kayu memang memiliki harga yang mahal dan perawatan ekstra, namun kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan vinyl.

18 dari 21 halaman

Desain Mushola Minimalis di Rumah dengan Jendela Lebar

Desain Mushola Minimalis di Rumah dengan Jendela Lebar © Diadona

Taman di dalam rumah atau di belakang adalah titik keindahan, sumber cahaya dan udara bagi ruangan di sekelilingnya. Nah, tempatkan mushola di dekat taman tersebut, batasi dengan dinding kaca.

19 dari 21 halaman

Desain Mushola Minimalis Terbuka

Desain Mushola Minimalis Terbuka © Diadona

Bila desian mushola minimalis di rumah sebelumnya menggunakan dinding kaca sebagai pembatas, berbeda dengan desain mushola berikut. Bagian sisi dinding yang menghadap ke taman dibiarkan terbuka, sehingga udara serta cahaya bebas keluar masuk ruangan.

20 dari 21 halaman

Desain Mushola Minimalis di Rumah Lantai 2

Desain Mushola Minimalis di Rumah Lantai 2 © Diadona

Akun Biasalah Anak Muda ngasih tau gimana desain mushola minimalis di rumah mereka. Simple banget, cocok untuk keluarga muda.

21 dari 21 halaman

Desain Mushola di Rumah Minimalis

Desain Mushola di Rumah Minimalis © Diadona

Bila tak memiliki taman di dalam rumah, kamu bisa membuat taman kering lho! Gunakan karpet rumput sintetis, tanaman yang minim perawatan atau tanaman artifisial.

Yap, itu dia beberapa desain mushola minimalis di rumah yang sudah Redaksi Diadona paparin buat kamu. Ngomong-ngomong dari 21 desain di atas kira-kira kamu tertarik menggunakan desain yang mana, nih? Coba dong tulis di kolom komentar ya! 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar