7 Rooftop Rumah Minimalis yang Nyaman Buat Kumpul atau Me Time

Reporter : Riza Umami
Kamis, 7 September 2023 09:05
7 Rooftop Rumah Minimalis yang Nyaman Buat Kumpul atau Me Time
Rooftop Rumah Minimalis dari yang mewah hingga sederhana. Kategorikan rooftop favoritmu yang mana!

Rooftop rumah minimalis ini bisa menjadi inspirasi kamu untuk menyulap bagian paling atas rumahmu yang biasanya dibuat sebagai jemuran atau menaruh perkakas menjadi tempat yang apik. Apalagi bagi kamu yang nggak punya halaman dan ruangan luas untuk menaruh tanaman atau sekedar santai, rooftop ini dapat kamu ubah jadi taman bahkan tempat yang nongkiable bareng keluarga, teman, atau hanya sekedar me time untuk melepas penat. 

Rooftop dengan konsep minimalis ini sangat diminati di kalangan milenial untuk menjadi tempat me time dengan suguhan pemandangan dari atas rumah. Apalagi bagi kamu penggemar drama Korea pasti nggak asing dengan desain dan interior rooftopnya yang terlihat simpel tapi minimalis. 

Kalau rooftop kecilnya gimana? Apa bisa estetik?

Eiits..tenang Diazens nggak usah bingung, Diadona bakal jawab kebingungan kalian. Sebelum redaksi Diadona memberikan rekomendasi desain, kamu perlu tahu dan memperhitungan furniture yang digunakan untuk rooftop kamu agar tetap oke. Berikut 4 hal ini yang perlu kamu perhatikan:  

Memperkirakan Ukuran

Jika rooftop kamu memiliki space yang terbatas, kamu wajib mengukur kapasitas eksterior sebelum membeli furniture. Hal ini perlu dilakukan agar luas rooftop kamu bisa proporsi dengan furniture yang digunakan. Kamu dapat memperhitungkan penggunaan furniture besar atau kecil yang sesuai dengan kondisi rooftop-mu. Pastinya nggak mau kan rooftop kamu terlihat penuh dan kurang menarik.

Furniture Multifungsi

Dengan space terbatas tentunya kamu pasti bingung memilih barang yang prioritas untuk diletakkan di rooftop-mu. kamu dapat menggunakan furniture-furniture yang multifungsi untuk menghemat penyimpanan atau space ruang. Salah satunya pada set meja dan kursi di atas yang mana ketika tidak digunakan dapat ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran meja. Furniture multifungsi ini sangat simpel dan hemat tempat, juga sangat cocok bagi kamu yang suka desain yang minimalis.

Furniture yang Tahan Lama

Furniture yang kamu gunakan di rooftop outdoor ini harus benar-benar kamu perhatikan. Pasalnya, awet tidaknya furniture ini akan sangat dipengaruhi oleh pengaruh cuaca. Oleh karena itu, kamu harus memilih bentuk dan bahan dari furniture yang akan digunakan yang layak digunakan di luar ruangan. Bahan seperti aluminium, besi tempa, kayu jati, dan anyaman rotan dapat menjadi pilihan terbaik yang tahan cuaca.

Furniture Mudah Dibersihkan

Furniture yang diletakkan secara terbuka di luar ruangan tentu akan mudah kotor. Polusi debu yang berterbangan akan mudah menempel di furniture kamu. Furniture yang berada di rooftop outdoor harus sering dibersihkan daripada yang berada di dalam ruangan. Kotoran yang menempel di furniture kamu tentu akan berpengaruh pada tampilan loh!. Oleh karena itu, Alangkah baiknya kamu perlu memilih model dan bahan furniture sesuai agar mudah dibersihkan.

Rekomendasi Desain Buat Kamu!

1 dari 7 halaman

Rooftop Rumah Minimalis Ala Scandinavian

Rooftop Rumah Minimalis © Diadona

Konsep scandinavian menggunakan interior alam natural dan ekonomis seperti material kayu. Rooftop dengan interior dominan kayu ini terlihat sederhana dan natural. Perpaduan dinding berwarna netral dengan aksen kayu pada beberapa bagian dinding dan furniture menciptakan ambience yang hangat dan nyaman pada rooftop-mu. Selain itu, tambahan dekorasi tanaman hias dapat menciptakan nuansa alam pada rooftop. Nah, desain sangat cocok bagi kamu yang suka nuansa modern di tempat terbuka.

2 dari 7 halaman

Rooftop Rumah Minimalis Kontemporer

Rooftop Rumah Minimalis © Diadona

Konsep penataan pada gaya kontemporer ini terkesan sangat simpel dan modern. Furniture dengan gaya minimalis yang digunakan menjadikan ruangan terlihat sederhana dengan tatanan yang menarik tetapi tidak berlebihan seperti tambahan dekorasi rumput sintetis pada gambar di atas. Penataan furniture di atas menggunakan tiga model kursi berbeda seperti sofa L, kursi gantung dan kursi pantai ini justru memberikan nuansa modern. Kamu juga bisa menambahkan lampu-lampu hias pada sisi samping atau bagian atas agar terlihat lebih klasik. 

Konsep desain ini menciptakan vibes ketika ‘berkumpul bareng keluarga atau tempat sambil barbeque’. Penggunaan gaya ruangan ini juga terlihat cocok apabila diaplikasi pada rooftop dengan space yang tidak terlalu luas karena desain memberikan ambience luas pada model penataannya.

3 dari 7 halaman

Rooftop Rumah Ala Garden Minimalis

Rooftop Rumah Minimalis © Diadona

Rooftop rumah minimalis yang memadukan garden style ini dapat menjadi inspirasi kamu dalam menciptakan taman impian tetapi tidak memiliki halaman yang luas untuk membuat taman. Selain sebagai tempat kamu menyalurkan hobi atau kegiatan favoritmu dalam mengoleksi tanaman, rooftop ini sekaligus bisa menjadi tempat santai yang pas.

Hiasan batu sebagai lantai menciptakan ambience rooftop yang alami. Tambahan desain batu bata unfinish dan furniture minimalis menjadi paduan modern-natural yang ciamik. Di sini kamu bisa me time dengan menikmati suguhan taman yang sejuk serta pemandangan dari atas rooftop.

4 dari 7 halaman

Rooftop Rumah Minimalis Ala Bohemian

Rooftop Rumah Minimalis © Diadona

Bagi kalian yang suka dengan konsep berwarna dan bermotif, desain bohemian ini menjadi inspirasi kamu untuk mendekor rooftop-mu. Konsep yang mengusung warna-warna cerah dan earthy seperti orange, merah, biru, dan hijau menjadikan suasana terlihat lebih ceria.

Kamu dapat menonjolkan konsep bohemian ini pada furniture-furniture ringan seperti sarung bantal atau sofa, taplak meja, hiasan tembok, dan karpet. Pastikan, kamu mengkombinasi desain dan warna yang seiras yaa Diazens! Jangan sampai full motif atau terlalu polos agar desain bohemiannya tetap bisa dikombinasi dengan konsep minimalis. 

Sementara itu, untuk terlihat minimalis kamu dapat menggunakan warna  yang tetap netral pada dinding dan furniture berat seperti meja atau kursi. Namun yang perlu kamu ingat konsep bohemian ini banyak menggunakan material hiasan berupa kain sehingga sangat berpotensi mudah kotor dan berpengaruh pada cuaca. Bagi kamu yang nggak relate kamu bisa mencoba desain lainnya yang lebih keren! 

5 dari 7 halaman

Glass Rooftop Minimalis di Rumah

Rooftop Rumah Minimalis © Diadona

Rooftop rumah minimalis yang menggunakan desain glass roof ini terlihat sangat modern. Konsep glass roof berawal dari rooftop milik Rumah Purnama ini membuat desain unik yang menjadi trend di kalangan milenial yang mana mampu menarik untuk membuat model yang sama.

Glass roof ini memadukan gaya industrial style yang terinspirasi dari desain ala-ala coffee-shop. Gimana Diazens, apakah kamu tertarik membuat cafe shop berada di lantai atas rumahmu?

6 dari 7 halaman

Rooftop Homie Minimalis

Rooftop Rumah Minimalis © Diadona

Rooftop rumah minimalis kamu juga bisa membuat yang versi homie dengan budget yang ramah di kantong ini. Kamu cukup menyediakan interior dan furniture yang ringan seperti karpet dengan warna netral, bean bag atau kursi pantai, dan lampu tumblr warna kuning. Desain ini terlihat sangat cozy untuk kumpul keluarga atau teman, kamu bisa ngobrol dan nonton film bersama. Sangat simpel dan low budget bukan!

7 dari 7 halaman

Kolam Renang di Rooftop Rumah

Rooftop Rumah Minimalis © Diadona

Rooftop Rumah Minimalis dengan kolam renang ini dijamin bikin kamu bakalan betah di rumah aja. Nah, untuk desain yang satu ini kamu mungkin perlu menyiapkan budget yang lumayan besar untuk menyulap rooftop polosmu menjadi tempat santai yang nyaman plus kolam renang. Kamu juga bisa melihat pemandangan dari atas sambil berenang, seru banget nggak sih. Interior ini memadukan konsep minimalis kontemporer dengan scandinavian sangat pas yaa Diazens! 

Yap, itu tadi 7 rekomendasi desain rooftop rumah minimalis yang sudah redaksi Diadona kasih buat kamu. Gimana Diazens, sudahkah kamu menemukan desain yang cocok sama kategori kamu?

Penulis: Aulia Amanda Safitri

 

Beri Komentar