8 Model Oven untuk Dapur Minimalis yang Gak Makan Tempat dan Multifungsi Banget

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 3 November 2023 13:22
8 Model Oven untuk Dapur Minimalis yang Gak Makan Tempat dan Multifungsi Banget
Suka masak di rumah? Berikut ini beberapa ide oven untuk dapur minimalis.

Oven untuk dapur minimalis cukup banyak dicari sekarang. Makin banyaknya orang yang memiliki hunian dengan lahan minimalis, tak membatasi mereka untuk berkreasi membuat kue atau memasak di rumah. Salah satu alat dapur yang penting untuk dimiliki sekarang ini yaitu oven.

Selain menghemat tempat, oven minimalis juga memiliki berbagai fitur yang bisa disesuaikan dengan makanan yang ingin hidangkan. Mulai dari membuat pizza, mengolah daging hingga bikin roti panggang bisa dilakukan dengan menggunakan oven tersebut. Jenis dan model oven minimalis yang hadir di era saat ini memiliki tampilan yang unik serta praktis sehingga bisa bikin tampilan dapur juga makin cantik. 

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak oven untuk dapur minimalis yang bisa kamu jadikan referensi berikut ini!

1 dari 8 halaman

Oven untuk Dapur Minimalis Serba Hijau

Oven untuk Dapur Minimalis © Diadona

Menghadirkan oven dengan sentuhan warna hijau bisa jadi solusi untuk meningkatkan tampilan dapur rumah jadi terasa menyenangkan. Warna hijau diasosiasikan sebagai warna yang terinspirasi dari nuansa alam dan dianggap sebagai warna yang bisa memikat hati para penghuni rumah. 

Warna hijau pada oven juga merupakan salah satu pilihan warna yang netral, maksudnya ialah tidak bias sehingga bisa digunakan oleh penghuni rumah laki-laki maupun perempuan.

2 dari 8 halaman

Oven untuk Dapur Minimalis yang Multifungsi

Oven untuk Dapur Minimalis © Diadona

Keinginan memiliki aneka fitur masakan yang bisa dihadirkan dalam satu jenis barang merupakan idaman bagi ibu-ibu rumah tangga. Ibu-ibu tidak harus lagi kerepotan untuk membagi tenaga dan waktu memasaknya di dua peralatan masak yang berbeda karena sudah ada oven multifungsi. 

Oven multifungsi ialah jenis oven yang memiliki fitur memasak sekaligus bisa memanggang makanan di satu tempat pada satu waktu secara bersamaan. Selain makanan, juga terdapat ruangan di sudut oven yang bisa digunakan untuk menyajikan minuman hangat dari mesin pembuat teh. Wah, ovennya multifungsi banget!

3 dari 8 halaman

Oven untuk Dapur Minimalis untuk Pizza

Oven untuk Dapur Minimalis © Diadona

Merayakan pesta kecil-kecilan di rumah kurang lengkap apabila belum menghadirkan pizza sebagai hidangan utamanya. Cara menikmati pizza di rumah tidak selamanya harus beli dari luar, tetapi kamu pun bisa membuatnya di rumah. Cukup dengan memiliki alat pemanggang pizza, yang bisa ditemukan pada oven ini.

Oven pizza modern tidak perlu menggunakan bahan bakar arang untuk menyalakannya sebab bisa digantikan dengan kompor. Oven ini didesain dengan memiliki lubang kecil di bagian penutupnya yang bertujuan untuk mengalirkan asap di dalam oven sehingga tidak berembun.

4 dari 8 halaman

Oven untuk Dapur Minimalis Rotisserie

Oven untuk Dapur Minimalis © Diadona

Bukan sembarang oven, jenis oven yang satu ini didesain khusus untuk memasak makanan dari bahan ayam, bebek hingga daging yang utuh. Oven berjenis rotisserie ini dibuat dengan desain khusus dengan menggunakan tongkat stik di dalamnya.

Tongkat stik berfungsi untuk menusukkan bagian tengah dari bahan makanan, yang kemudian akan dibiarkan memutar hingga 360 derajat di dalam oven. Dengan menggunakan oven rotisserie, tekstur dari kulit ayam ataupun bebek akan menjadi lebih renyah disertai dengan dagingnya yang terasa juicy.

5 dari 8 halaman

Oven untuk Dapur Minimalis dengan Kompor

Oven untuk Dapur Minimalis © Diadona

Kombinasi dari oven dan kompor yang menjadi satu seperti ini disebut dengan nama kompor oven dan merupakan salah satu bagian pelengkap dari kitchen set. Kompor oven bisa digunakan untuk memanggang dan memasak makanan yang dapat dilakukan dengan waktu bersamaan. 

Kompor oven akan sangat cocok digunakan di dapur yang sempit sehingga gak perlu bingung lagi dalam meletakkan 2 unit yang berbeda di satu ruangan. Jenis kompor ini memiliki berbagai pilihan untuk menyalakannya, baik menggunakan gas, listrik atau kombinasi antara keduanya.

6 dari 8 halaman

Oven untuk Dapur Minimalis untuk Sayuran

Oven untuk Dapur Minimalis © Diadona

Mengetahui kematangan sayuran dan bahan makanan lainnya akan lebih mudah jika menggunakan oven yang memiliki tampilan tembus pandang. Dilansir dari laman dusdusan.com, jenis oven bernama halogen ini dilengkapi dengan mangkuk kaca yang terbuat dari bahan pyrex, yakni salah satu bahan yang cukup kuat untuk menahan panas. 

Bagian oven di atasnya juga disediakan penutup yang memudahkan aliran udara di dalam oven untuk mematangkan makanan dengan cepat dan merata.

7 dari 8 halaman

Oven untuk Dapur Minimalis Dinding

Oven untuk Dapur Minimalis © Diadona

Kebanyakan oven rumahan biasanya hanya diletakkan di atas maupun bawah meja. Namun, siapa sangka jika jenis oven saat ini bisa dipasangkan dengan cara ditempelkan di dinding seperti ini?

Oven dinding adalah jenis oven toaster yang dipasangkan secara menyatu di kabinet atas dapur. Kehadiran oven dinding memudahkan para penghuni rumah agar tidak harus membungkuk ketika ingin menggunakannya. Hanya saja, pemasangan oven ini membutuhkan perhatian yang ekstra agar bisa menyeimbangkan stabilitas antara beban oven dan penahannya.

8 dari 8 halaman

Oven untuk Dapur Minimalis dengan Portabel

Oven untuk Dapur Minimalis © Diadona

Berbagai jenis inovasi teknologi saat ini memberikan kemudahan manusia untuk melangsungkan aktivitasnya. Begitu juga dengan kehadiran oven portabel yang memiliki desain cukup praktis dan fleksibel untuk digunakan di mana saja dan kapan saja.

Meskipun terkesan mini, oven portabel nyatanya memiliki kualifikasi yang tidak kalah kerennya dengan jenis oven yang berukuran besar. Seperti dengan oven yang satu ini, di mana memiliki fitur waktu dan temperatur yang bisa disesuaikan dengan berbagai jenis makanan untuk dipanggang. 

Itulah model oven untuk dapur minimalis yang dijamin nggak hanya bikin tampilan dapur jadi terasa cantik, tetapi juga sangat bermanfaat dalam menyajikan hidangan yang enak di rumah. Kira-kira, model oven mana nih yang kamu sukai? 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar