23 Dapur di Bawah Tangga Minimalis Berdesain Futuristik nan Fungsional

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Minggu, 29 Oktober 2023 20:52
23 Dapur di Bawah Tangga Minimalis Berdesain Futuristik nan Fungsional
Dapur di bawah tangga minimalis jadi solusi untuk hunian sempit tapi ingin memanfaatkan setiap ruang. Meski terkesan sempit, tapi bisa didesain sebaik mungkin agar terlihat luas dan fungsional

Membuat desain dapur di bawah tangga minimalis merupakan solusi cerdas untuk memaksimalkan ruang yang ada sehingga dapat menciptakan tampilan yang bersih dan rapi. Dalam merancang sebuah hunian, merancang dapur di bawah tangga memang tak semudah yang dibayangkan. Penghuni perlu mencari tahu bagaimana cara menata ruang kosong di bawah tangga agar tidak menjadi area yang terabaikan. Meskipun terlihat menantang, nyatanya ruang bawah tangga minimalis dapat disulap menjadi area dapur.

Kini area bawah tangga minimalis yang seringkali menjadi tempat kosong, sudah banyak dialihkan menjadi tempat dapur agar lebih fungsional. Selain untuk mengisi lahan yang kosong, dapur di bawah tangga minimalis dapat menghemat ketersediaan ruang dalam hunianmu loh! Yup, meskipun pada akhirnya kamu hanya bisa memiliki dapur yang sempit.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain dapur di bawah tangga minimalis. Pertimbangkan tata letak ruang yang efisien dan fungsionalitas agar dapat menghemat ruang.

Meskipun terlihat sulit, dapur di bawah tangga rumah minimalis tetap dapat berfungsi secara optimal. Nah, jika kamu sedang mencari model dapur di bawah tangga rumah minimalis, yuk cek beberapa model berikut ini agar dapat menjadi referensimu!

1 dari 10 halaman

Dapur Bawah Tangga Minimalis

Dapur Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Tahukah kamu kalau memasukkan cahaya alamis ebanyak mungkin ke dalam ruangan berarti menciptakan ilusi ruangan lebih lapang dan luas. Begitu lah yang dilakukan pada dapur di bawah tangga dengan atap transparan di atas.

Desain Dapur Minimalis di Bawah Tangga

Desain Dapur Minimalis di Bawah Tangga © Diadona

Agar tetap fungsional, area di bawah tangga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang. Namun sesuaikan dengan ketinggian barang dengan ketinggian tangga yah!

Dapur Bawah Tangga Minimalis Ala Skandinavia

Dapur Bawah Tangga Minimalis Ala Skandinavia © Diadona

Konsep skandinavia adalah salah satu konsep interior ruangan yang cukup populer. Konsep skandinavia terinspirasi dari rumah ala negara-negara Nordic yang memiliki karakter ringan, simple dan minimalis. Konsep ini dicirikan dengan ruangan yang didominasi oleh warna netral demi memberikan kesan yang luas, lapang dan cerah. 

Konsep ini juga mengutamakan pemilihan furnitur dan dekorasi yang memiliki nilai fungsional dan tidak terlalu ramai. Meskipun kurang menonjolkan kemewahan, penerapan dapur dengan gaya skandinavia dipandang memiliki tampilan yang terlihat estetik. 

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Berukuran Mungil

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Merancang dapur di bawah tangga minimalis dengan ukuran mini menjadi tantangan yang menarik. Karena kamu perlu memaksimalkan setiap rinci ruang yang tersedia dengan bijak agar tetap berfungsi secara efisien.

Ukurannya yang mungil, membutuhkan peralatan dapur yang praktis seperti kompor listrik portable, oven microwave, dan kulkas mini. Manfaatkan dinding sebagai rak gantung untuk menyimpan berbagai peralatan atau bumbu-bumbu dapur agar memaksimalkan ruang penyimpanan yang berukuran minimalis.

2 dari 10 halaman

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Menyatu Dengan Ruang Makan

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Rekomendasi selanjutnya adalah dapur di bawah tangga minimalis yang menyatu dengan ruang makan untuk menciptakan tampilan rumah yang bersih dan terintegrasi. Kamu perlu memanfaatkan setiap inci ruang bawah tangga sebagai tempat penyimpanan seperti memasang laci gantung untuk menyimpan berbagai peralatan dapur dan peralatan makan.

Menyatukan dapur dengan ruang makan akan menciptakan kesan yang fungsional, karena hidangan makanan dapat langsung disajikan di area ruang makan. Gunakan lampu gantung untuk memberikan penerangan yang baik pada malam hari. 

Dapur Sempit di Bawah Tangga

Dapur Sempit di Bawah Tangga © Diadona

Untuk area dapur sempit memanjang di bawah tangga, penataan yang tepat adalah hal yang penting. Ternyata nih dapur yang kotor bikin area dapur jadi sempit lho!

Selain itu, dapur yang redup, pilihan warna dan desain perabotan dapur sangatlah penting.

Dapur Minimalis di Bawah Tangga

Dapur Minimalis di Bawah Tangga © Diadona

Tak masalah bila area di bawah tangga rumahmu memliki luas yang cukup untuk membuat dapur nyaman. Pada area memanjang, gunakan dapur berdesain L dan maksimalkan lemari penyimpanan bawah.

Desain Dapur Minimalis di Bawah Tangga Beton

Desain Dapur Minimalis di Bawah Tangga Beton © Diadona

Tangga beton berdesain industrial dapat menyatu dengan apik dengan dapur berdesain serupa, lho!

Kuncinya adalah adalah penggunaan blackslash senada, funiture dengan elemen natural dan pencahayaan yang mendukung.

3 dari 10 halaman

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Bernuansa Industrial

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Menerapkan dapur di bawah tangga dengan nuansa industrial adalah menggabungkan elemen desain minimalis dengan sentuhan industri kasar. Material seperti beton terbuka, logam dan kayu dipakai untuk melapisi dinding atau lantai sehingga kesan industrialnya makin kuat.

Biasanya palet warna berwarna netral seperti abu-abu, hitam dan putih mampu menciptakan tampilan industrial. Lampu gantung dengan desain logam industrial merupakan elemen tambahan yang bagus untuk menciptakan tampilan yang khas. 

Dapur di Bawah Tangga © Diadona

Maksimalkan setiap anak tangga sebagai kabinet dapur untuk penyimpanan di dapur. Memang sih ukurannya akan unik dan bervariasi, namun bisa kamu sesuaikan dengan alat-alat dapur, botol bumbu dan lainnya.

Gunakan rak penyimpanan putar dan lainnya sehingga tak ada bumbu yang tak terjangkau karena berada di bagian belakang.

Dapur di Bawah Tangga © Diadona

Kabinet seperti pada dapur di bawah tangga minimalis di atas tak cocok bila digunakan di area dapur sempit karena arah buka tutup pintu berada di sisi depan. Jadi, pintu membutuhkan lebih banyak ruang ketika dibuka, bukan?

4 dari 10 halaman

Dapur dengan Kabinet Anak Tangga

Dapur dengan Kabinet Anak Tangga © Diadona

Nah, kalau kabinet pada dapur di bawah tangga berikut ini hadir dalam bentuk yang seragam. Berukuran kecil dan panjang, sehingga harus pintar-pintar mengatur perabotan dapur di bagian dalamnya agar tertata maksimal.

Dapur dengan Kabinet Anak Tangga © Diadona

Sementara itu, pemilik dapur di bawah tangga ini memilih rak penyimpanan terbuka di bawah anak tangga. Rak ini bisa berfungsi sebagai rak display perabot yang cantik seperti piring, gelas dan mangkuk. Pastikan terlindung dari debu dan kotoran yah!

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Bernuansa Colourful

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Jika ingin menampilkan kesan yang menyenangkan dan ceria, kamu dapat mendesain dapur di bawah tangga minimalis dengan nuansa warna-warni atau colorful. Kamu dapat memadukan beberapa warna yang mengintegrasikan aksen warna-warni seperti pink, hijau, biru pada area laci penyimpanan.

Pilih perabotan dapur berwarna cerah untuk menjadi titik fokus yang menarik pada ruang tersebut. Pastikan untuk menciptakan keseimbangan antara warna-warna yang cerah agar tidak terkesan terlalu ramai. Kamu dapat menggunakan lantai yang netral seperti beralaskan kayu atau ubin putih.

5 dari 10 halaman

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Ala Hunian Amerika

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Kamu mendambakan hunian ala Amerika? Jangan khawatir, karena dapur di bawah tangga minimalis dengan konsep Amerika dapat menjadi solusinya. Di Amerika, dapur seringkali menjadi pusat kegiatan dalam rumah, sehingga desain dan tata letak ruang yang baik sangat dibutuhkan.

Terkadang dapur di bawah minimalis ala Amerika menggabungkan dengan kitchen island sehingga dapat digunakan sebagai tempat persiapan makan atau aktivitas lainnya. Gunakan lemari atau laci dapur dengan kualitas yang baik agar bertahan lama. 

Dapur Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Selain cahaya alami, penggunaan cat dan meja warna putih yang mengkilap membuat dapur sempit di bawah tangga akan terasa luas. 

Sebab warna terang seperti putih akan memantulkan cahaya dan membantu menciptakan ilusi ruang lebih besar. Nggak cuman itu, furniture warna putih juga terlihat rapi dan juga bersih.

6 dari 10 halaman

Dapur Sempit di Bawah Tangga

Dapur Sempit di Bawah Tangga © Diadona

Bila diperhatikan, dapur di bawah tangga berikut ini kayaknya punya ukuran yang sangat sempit yakni 2x2 meter. Namun pemiliknya memanfaatkan setiap ruangan dengan maksimal, misalnya menggunakan sisi dengan sudut untuk penyimpanan, memaksimalkan penyimpanan bawah dan penyimpanan atas hingga penggunaan meja dapur sekaligus meja bar untuk tempat makan.

Dapur dan Ruang Tamu Minimalis di Bawah Tangga

Dapur Minimalis di Bawah Tangga © Diadona

Menghilangkan sekat antara ruangan, misalnya dapur, ruang makan dan ruang keluarga adalah salah satu trik untuk membuat ruangan terasa lapang, lho!

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Dengan Nuansa Putih Elegan

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Model kali ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki gaya dekorasi rumah aesthetic. Dapur di bawah tangga minimalis dengan nuansa putih elegan akan semakin mempercantik rumahmu dengan tampilan yang bersih, cerah dan anggun.

Pilih material berkualitas tinggi untuk dinding, lantai atau countertop pada dapur. Peralatan dapur dengan desain minimalis dan berwarna putih akan cocok untuk dipadukan untuk menghasilkan tampilan yang elegan. Pastikan ada penerangan yang baik dalam area dapur seperti lampu gantung dengan nuansa putih.

 

7 dari 10 halaman

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Berkonsep Open Plan Kitchen

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Merancang dapur di bawah tangga minimalis dengan konsep open plan kitchen merupakan solusi yang tepat untuk menciptakan suasana terbuka yang mengalir dengan baik. Pertimbangkan untuk menjadikan dapur sebagai bagian terbuka dari ruang keluarga agar dapat sekaligus menjadi ruang berkumpul.

Pilihan kitchen island juga dapat digunakan sebagai meja makan yang membantu untuk memisahkan dapur dari area makan. Kamu juga dapat memanfaatkan rak terbuka sebagai penyimpanan peralatan dapur dan menampilkan barang-barang yang menawan.

8 dari 10 halaman

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Bertema Rustik

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Rekomendasi selanjutnya sangat cocok bagi kamu yang ingin menghadirkan kesan autentik pada dapur di bawah tangga minimalis. Kombinasi antara elemen rustik dengan desain minimalis dapat memberikan tampilan yang menarik dan unik.

Pilih material berbahan alami seperti kayu untuk bagian laci, lantai, dan peralatan masak untuk menciptakan sentuhan rustik yang kuat. Lemari dapur berbahan dasar dari kayu memiliki serat alami yang mampu menciptakan kesan hangat. Kamu dapat menambahkan area makan seperti meja dan kursi berbahan dasar kayu untuk memberikan kesan autentik dari konsep rustik. 

9 dari 10 halaman

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Dengan Konsep Klasik

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Kamu mendambakan dapur di bawah tangga minimalis dengan konsep klasik? Mungkin contoh di atas dapat kamu tiru untuk menciptakan dapur impian. Material berkualitas tinggi berupa marmer atau lantai kayu akan memberikan tampilan klasik yang elegan. Pilihlah lemari dapur berwarna putih berdesain klasik yang dilengkapi dengan aksen pahatan kayu.

Peralatan dapur dengan aksen logam seperti kompor gas elektrik dilengkapi dengan oven stainless steel akan cocok dipadukan dengan desain dapur klasik. Tambahkan aksesori dengan desain klasik seperti peralatan makan berwarna putih atau aksen emas. 

 

10 dari 10 halaman

Dapur di Bawah Tangga Minimalis Tersimpan Dalam Lemari

Dapur di Bawah Tangga Minimalis © Diadona

Rekomendasi terakhir yang dapat kamu coba adalah dapur di bawah tangga minimalis yang cocok untuk memaksimalkan ruang. Desain ini juga dapat menjaga tampilan dapur agar tetap terlihat bersih dan rapi. Lemari dapur dengan pintu yang dapat dibuka tutup akan menjadi solusi yang tepat untuk menghemat ruangan.

Fitur lemari ini juga dapat membantu untuk melindungi peralatan dapur dari hembusan debu pada anak tangga. Gunakan peralatan dapur yang dapat disimpan dengan baik dalam lemari seperti oven microwave, kompor listrik dan peralatan makan yang disusun dalam rak khusus. 

Nah, itulah 10 model dapur di bawah tangga minimalis yang dapat dijadikan sebagai inspirasi menarik untuk memanfaatkan area kosong. Pastikan untuk mengatur tata letak ruang secara efisien agar tidak terlihat sesak dan sempit. Semoga dapat bermanfaat!

EditorAn Nisa Maulidiyah, Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar