12 Taman Belakang Rumah Minimalis yang Siap Percantik Hunianmu

Reporter : Riza Umami
Kamis, 14 September 2023 19:27
12 Taman Belakang Rumah Minimalis yang Siap Percantik Hunianmu
Sulap halaman belakangmu menjadi tempat ter-PW dengan desain taman belakang rumah minimalis ini!

Taman belakang rumah minimalis ini menjadi tren media sosial dengan konten room tour. Mempunyai taman belakang yang cantik pasti menjadi impian bagi banyak orang, termasuk kamu bukan? Konsep minimalis ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang suka dengan desain modern. 

Biasanya lahan di belakang rumah menjadi jemuran atau gudang, kini kamu bisa mengubahnya jadi bagian yang estetik bahkan instagramable, loh! Selain itu, kamu juga bisa quality time bersama keluarga atau bareng temanmu dengan menikmati suasana yang necis minimalis di taman belakang rumahmu.

Selain di belakang rumah, taman di tengah rumah juga merupakan ide yang menarik. Taman ini bsia jadi sumber cahaya alami dan sirkulasi udara ke seluruh penjuru rumah.

Gimana, udah bersemangat untuk merombak halaman belakang rumahmu dengan desain minimalis? Jika iya, redaksi Diadona punya beberapa inspirasi desain taman belakang minimalis yang bisa kamu tiru!

1 dari 13 halaman

Taman Belakang dengan Tanaman Rambat

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Taman belakang rumah minimalis dengan tanaman rambat tembok menjadi ide yang bagus untuk mempercantik tampilan halaman belakangmu. Desain ini menciptakan suasana rumahmu terlihat lebih adem dan alami.  

Tanaman yang satu ini cocok kamu gunakan di lahan yang kecil karena tidak terlalu memakan ruang. Selain itu, desain ini cocok untuk kamu yang ingin merombak taman belakang dengan low budget. Tertarik kah kamu dengan desain ini?

2 dari 13 halaman

Taman Belakang sebagai Tempat Bermain Anak

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Taman belakang rumah minimalis ini dapat kamu manfaatkan menjadi tempat bermain anak, loh! Masih bisa estetik emangnya? Bisa dong, kamu hanya perlu menambahkan rumput alami atau sintetis agar tidak licin. Agar tetap terlihat minimalis, kamu dapat menekankan pada bentuk dinding dengan dibuat bertekstur atau warna netral. 

Jadi anak kamu bisa main sepuasnya di luar ruangan tanpa harus khawatir. Yuk, desain halaman belakang rumahmu menjadi tempat bermain anak yang bagus! 

3 dari 13 halaman

Taman Belakang Rumah Minimalis Kolam Renang

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Nah, meskipun kamu memiliki halaman belakang yang tidak terlalu luas, kamu tetep bisa kok membuat halaman yang cantik ala-ala vila Bali. Kolam renang mini dengan sentuhan interior lantai kayu, tembok bertekstur dengan warna netral, dan lampu taman ini membuat tampilannya sangat bagus, bukan? 

Kamu tidak perlu keluar rumah untuk olahraga atau rekreasi karena di rumahmu sendiri punya tempat yang cozy untuk bersantai di akhir pekan. Gimana Diazens, apakah kamu tertarik membuat vibes vila Bali di halaman belakangmu?

4 dari 13 halaman

Taman Belakang dengan Kolam Ikan

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Taman belakang rumah minimalis dengan kolam ikan ini juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk membuat taman belakangmu terlihat cantik. Di sini kamu dapat memperindah rumah sekaligus memelihara hewan, loh! 

Dengan didominasi ornamen kayu, taman belakang rumahmu terlihat lebih elegan. Tambahan air mancur pada kolam menciptakan suara air yang menenangkan, kamu bisa me time sambil menikmati suasana. Di samping kolam ikan, kamu dapat meletakkan tanaman hias agar taman terlihat semakin adem dan bagus.

5 dari 13 halaman

Taman Belakang Menjadi Tempat Berkumpul

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Taman belakang rumah minimalis ini bisa kamu jadikan tempat quality time bareng kaluargamu atau tempat kumpul sama temen-temen kamu. Dengan ornamen lantai kayu,  tumbuhan teduh dan pagar serta warna furnitur yang minimalis, menjadikan rumahmu terlihat cozy dan modern. 

Menikmati suasana outdoor sebagai tempat santai memang sangat menyenangkan ya, Diazens! Namun untuk tempat duduk, sebaiknya hindari menggunakan tempat duduk berbahan kain, kamu bisa menggantinya dengan bahan kayu atau besi agar lebih awet dan tahan cuaca.

6 dari 13 halaman

Taman Belakang Rumah Minimalis Sederhana

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Kamu tidak punya space luas, pengen yang simpel, dan low budget? Atau kamu ingin konsep taman indoor? ini bisa jadi inspirasi yang tepat buat kamu, loh! Dengan desain yang simpel, kamu tidak perlu ribet menyusun konsep dan merogoh kocek yang mahal. 

Kamu hanya dengan menambahkan rumput, tanaman hias, serta kanopi minimalis aja. Penggunaan kaca ini menjadi pencahayaan alami dari sinar matahari sehingga desain ini tetap terlihat minimalis dan cantik meskipun dengan desain yang sederhana. 

7 dari 13 halaman

Taman Belakang Rumah Minimalis dengan Ayunan

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Menambahkan ayunan pada taman belakang ini menjadi ide yang menyenangkan untuk menciptakan suasana nyaman dan menghibur. Kamu dapat bersantai menikmati suasana sambil bermain ayunan. Penggunaan tanaman rindang, tanaman tembok dan rumput membuat taman belakang terlihat hijau dan adem untuk bersantai. 

Selain ayunan, kamu bisa menambahkan hammock ayunan agar kamu juga bisa tidur di taman belakang rumahmu.  Kamu dapat bersantai menikmati suasana sambil bermain ayunan. Nah, kamu bisa memilih model ayunan sesuai dengan keinginanmu!

 

8 dari 13 halaman

Taman Belakang Rumah Minimalis Atap Bunga

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Tanaman hias satu ini memang sangat terlihat cantik bila berada di taman rumahmu. Warnanya yang mencolok membuat tampilan taman menjadi lebih berwarna. Tanaman bougenville ini memiliki berbagai macam jenis dan warna yang cantik untuk memperindah tampilan taman. 

Menggunakan bunga bougenville sebagai atap tempatmu bersantai menjadikan ide yang bagus untukmu yang ingin terlihat lebih asri dan estetik. Karena tumbuhan bougenville ini dapat merambat, kamu dapat membuat atap kayu yang berongga untuk dijadikan tempat bunga dan pondasi atap. Gimana, sangat fotoable banget kan?

9 dari 13 halaman

Taman Belakang Rumah Minimalis dengan Firepit

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Nah, jika menyukai gaya taman belakang dengan nuansa seperti berkemah, kamu dapat menambahkan firepit di taman belakang rumahmu. Kamu dapat berkumpul dan bersantai bersama dengan suasana yang hangat. Kamu juga dapat memasak makanan bersama ala di perkemahan, loh! 

Kamu dapat mendekorasi taman ini dengan menambahkan beberapa tanaman, kerikil, dudukan di dekat pembatas pagar dan firepit dibagian tengahnya. Wah, terlihat menyenangkan ya! Kamu bisa menikmati suasana malam hari yang menyenangkan dengan api unggun.

10 dari 13 halaman

Taman Belakang Rumah Minimalis Atap Kayu Terbuka

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Selain untuk dekorasi di halaman belakang rumah, atap kayu bikin taman jadi makin nyaman. Penggunaan atap kayu ini menciptakan kesan teduh dan indah pada taman belakang. Kamu dapat melakukan relaksasi sekaligus menikmati suasana taman belakang yang menyenangkan.

Penggunaan warna cokelat tua pada desain atap kayu ini menciptakan kesan natural dan klasik. Selain itu, perpaduan material kayu ini pada desain ini dengan tambahan taman di samping menciptakan nuansa adem dan nyaman. Tertarik kah kamu dengan desain yang satu ini, Diazens?

11 dari 13 halaman

Taman Belakang Rumah Minimalis Gaya Skandinavia

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Bagi kamu yang menyukai desain gaya skandinavia, kamu dapat menerapkannya di taman belakang rumahmu. Penggunaan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan krem pada desain ini menciptakan tampilan bersih dan terang di taman belakang.

Kamu juga dapat menambahkan interior pelengkap seperti tanaman di bagian tembok, bangku panjang dengan aksen kayu, dan penggunaan kerikil putih yang mempercantik tampilan taman belakang rumahmu. Selain itu, desain ini juga terlihat instagramable nih!

12 dari 13 halaman

Taman Belakang Rumah Minimalis Nuansa Rindang

Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Kamu suka dengan suasana halaman yang rindang? Nah, desain taman belakang ini dapat menjadi ide kamu dalam menyulap taman belakang yang sempit dan tidak perlu merombak terlalu banyak. Kamu dapat membuat tempat bersantai yang nyaman dan adem tapi tetap terlihat minimalis. 

Kamu dapat menambahkan tanaman hias dan bambu agar taman belakang rumahmu terlihat adem yang menjadi tempat cozy untuk berkumpul atau bersantai. Bisa nih buat desain taman belakang kamu!

13 dari 13 halaman

Dapur dan Taman Belakang Rumah Minimalis © Diadona

Agar desain taman belakang memuaskan dan sesuai ekspektasi, kamu perlu melakukan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Nah, berikut 3 ini hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat taman di halaman belakang agar sesuai dengan harapanmu!

1. Perencanaan Ruang

Setelah kamu memiliki inspirasi desain, kamu perlu melakukan penggambaran area yang akan kamu buat menjadi minimalis seperti menambahkan bunga, pohon, pagar, dan ornamen lainnya agar tidak asal-asalan. 

Dilansir dari laman kompas.com (8/9), Minimalisme sendiri adalah segala hal tentang garis-garis yang kuat sehingga desain taman belakang rumah harus mengacu pada struktur tersebut. 

2. Unsur Minimalis

Kamu juga perlu tahu nih unsur minimalis apa aja sih? Taman rumah minimalis ini menggunakan unsur minimalis seperti colour palette netral, tekstur, juga penggunaan cahaya dan bayangan. Perpaduan unsur-unsur minimalis menciptakan suasana rumah yang nyaman, menenangkan dan terlihat modern. 

3. Penggunaan Material 

Model minimalis ini menciptakan tampilan yang terkesan bersih, sederhana, dan teratur. Kamu perlu melakukan perencanaan pada penggunaan material buatan seperti area aspal atau plester agar tamanmu tetap terlihat minimalis. Terkait desain taman in kamu dapat menambahkan ornamen kayu, tanaman hias, rumput sintetis dan tempat duduk. 

Nah, itu tadi beberapa desain dan perencanaan dalam membuat taman belakang rumah minimalis yang redaksi Diadona sajikan buat kamu. Sudah adakah desain yang menjadi incaranmu? 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar