20 Sekat Ruangan Minimalis dengan Beragam Desain yang Artsy dan Modern

Reporter : Aditia
Kamis, 31 Agustus 2023 13:48
20 Sekat Ruangan Minimalis dengan Beragam Desain yang Artsy dan Modern
Sekat Ruangan Minimalis bisa kamu pilih dengan beragam bentuk, jenis material, dan ukuran sesuai dengan kebutuhan ruanganmu

Sekat ruangan minimalis kerap kali jadi pilihan untuk yang ingin membagi ruangan menjadi dua bagian tanpa harus menambahkan tembok. Sekat dirasa lebih efisien dan bisa menambah estetika rumah. Sekat ruangan ini bisa dari berbagai material, misalnya kayu, metal, hingga UPVC.

Kebanyakan, sekat ruangan minimalis identik dengan material kayu seperti kayu jati, mahoni, hingga meranti. Kayu dirasa memiliki ketahanan yang awet, mudah dibentuk, dan membuat tampilan ruangan menjadi lebih hangat. Kamu juga bisa menambahkan dekorasi pada sekat kayu atau menggunakannya sebagai tempat menaruh lemari TV.

Nah, untuk kamu yang membutuhkan inspirasi sekat ruangan minimalis, berikut beberapa model yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruanganmu.

1 dari 20 halaman

1. Sekat Ruangan Rak Buku

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Meski hanya sekedar sekat ruangan minimalis, kamu bisa memanfaatkan sekat ini untuk kebutuhan rumah lainnya seperti rak buku ini. Sekat rak buku juga akan menambah kesan intelijen di dalam rumahmu.

Kamu bisa menggunakan material besi, kayu, atau metal untuk membuat sekat yang satu ini. Kamu juga bisa menambahkan televisi di bagian tengah dan lemari kecil di bagian bawahnya.

 

2 dari 20 halaman

2. Sekat Ruangan Letter L

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Ide sekat ruangan minimalis dari kayu memang gak ada habisnya. Selain bisa menambah cantik ruangan, kayu juga bisa memiliki fungsi yang memperhangat tampilan.

Sekat ruangan dengan letter L ini memadukan dekorasi kayu pada bagian dinding dan fungsi sekat untuk memisahkan ruangan.

 

3 dari 20 halaman

3. Sekat Kayu di Kamar

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Selain ruang tamu, kamar juga kerap kali diberi sekat untuk fungsi ruang yang memiliki tempat santai sendiri seperti sofa dan ruang nonton. Tak perlu terlalu rumit, kamu bisa menggunakan desain kayu tipis yang disusun sejajar vertikal untuk menambah kesan sekat ruangan minimalis modern.

 

4 dari 20 halaman

4. Sekat Ruangan dengan Tanaman Bunga

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Ide dekorasi ruangan memang tak ada habisnya, apalagi jika soal sekat ruangan minimalis. Salah satunya sekat dengan tanaman hias ini. Kamu bisa menggunakan material besi atau kawat tebal yang memanjang vertikal ke atas dengan tambahan penyangga di empat sisinya dengan pot bagian bawah untuk menanam tanamanmu.

Kamu bisa mulai menanam tanaman rambat berbunga untuk menambah keasrian dan kecantikan sekat ruanganmu.

 

5 dari 20 halaman

5. Sekat Ruangan Kayu Bekas

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona


Siapa bilang kayu bekas dan tak terpakai tak bisa digunakan, dengan perawatan dan pengolahan yang baik, kayu bekas ini bisa disulap menjadi ide sekat ruangan minimalis yang cantik seperti ini.

Caranya, kumpulkan kayu papan bekas yang tak terpakai lagi, lalu susun secara abstrak dengan penyangga yang baik. Kamu bisa meminta designer rumah untuk membantumu menata sekat yang sesuai ukuran ruanganmu.

 

6 dari 20 halaman

6. Sekat Ruangan Kayu Warna Putih

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Putih memang dikenal sebagai warna yang bisa membuat tampilan ruangan nampak lebih luas. Hal ini karena putih bisa membuat ruangan jadi lebih terang.

Nah, ini bisa menjadi ide sekat ruangan minimalis kamu yang cantik dan mewah dengan desain dan bentuk yang unik.

 

7 dari 20 halaman

7. Sekat Ruangan Kayu Jati

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Kayu jati memang cocok untuk material sekat ruangan karena kokoh namun mudah dibentuk. Untuk kamu yang memiliki ruangan yang cukup luas, material ini cocok untuk kamu gunakan.

Nah, kamu bisa menambah desain ukiran atau kaligrafi pada bagian sekat sesuai keinginan.

 

8 dari 20 halaman

8. Desain Sekat Abstrak

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Desain yang juga estetik untuk kamu terapkan pada sekat ruangan minimalismu adalah bentuk abstrak seperti ini. Kamu bisa menggunakan material kain rajut, ranting kayu hingga bambu.

 

9 dari 20 halaman

9. Desain Sekat Kain Rajut

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Jika sekat ruangan minimalis biasanya identik dengan kayu atau besi, kayu rupanya juga bisa menggunakan kain rajut sebagai sekat, lho. Hasilnya, ruangan jadi lebih estetik, artsy, dan anti mainstream.

Kamu bisa memesan jasa rajut atau merajut sendiri sesuai dengan selera designmu. Tambahkan bingkai sekat dari kayu untuk menggantung design rajutmu.

 

10 dari 20 halaman

10. Sekat Kayu Batang Kayu

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Jika biasanya sekat kayu terbuat dari papan atau kayu yang sudah diolah, kali ini inspirasi sekat ruangan minimalis datang dari design batang kayu utuh.

Tentukan ukuran sekat ruangan yang diinginkan dan buatlah rencana desainnya. Perhatikan tinggi, lebar, dan panjangnya agar sesuai dengan kebutuhan dan tata letak ruangan.

 

 

11 dari 20 halaman

11. Sekat Ruangan Cube Design

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona

Sekat ruangan minimalis selanjutnya adalah menggunakan design kotak-kotak kubus dari besi dan kayu di bagian tengahnya. Tentukan ukuran sekat ruangan dan desain kotak-kotak yang diinginkan. Buatlah rencana desain yang jelas untuk memastikan ketepatan ukuran dan tata letaknya.


Jika kamu ingin memberikan warna pada sekat ruangan, kamu dapat menerapkan cat atau pewarna kayu sesuai dengan preferensimu. Pastikan untuk melakukannya di area yang cukup terventilasi dan ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan cat atau pewarna kayu yang kamu gunakan.

 

12 dari 20 halaman

12. Sekat Kayu dengan Tanaman

Sekat Ruangan Minimalis © Diadona


Sekat ruangan minimalis terakhir berupa design rak lemari yang bisa ditaruh barang atau tanaman, nih. Kamu juga bisa menggunakan material kayu atau besi.

Sesuaikan tinggi dan lebar dengan ukuran ruanganmu, tentukan berapa rak yang kamu butuhkan, pilih tanaman yang cocok untuk ditaruh di tempat yang minim cahaya matahari.

Sekat model ini juga cocok bagi kamu yang ingin ruangan lainnya terlihat privasi. Meskipun, jarak antar aksen kayu ini tidak rapat, tetapi penggunaan tanaman hias yang cukup tinggi di sela-sela kayu dapat menutupi ruangan di sebelahnya.

 

 

 

13 dari 20 halaman

13. Sekat Rumah Minimalis Anyaman Rotan

Sekat Rumah Minimalis Anyaman Rotan © Diadona

Sekat dari anyaman rotan ini menjadi pilihan yang bagus bagi kamu yang suka dengan sentuhan kayu dengan bentuk yang sederhana. Jika biasanya kamu sering menjumpai sekat rotan dengan model yang biasa saja, desain kali ini bisa jadi referensi yang bagus buat kamu pecinta dengan desain sederhana dan unik. 

Desain sekat ini terdiri dari empat dengan bentuk oval yang menjulang tinggi sehingga terlihat unik. Selain itu, warna yang ditonjolkan pada kayu rotan ini tidak terlalu mencolok dan terkesan sederhana. Meskipun begitu, desain ini membuat ruangan terlihat luas dan estetik. 

 

 

14 dari 20 halaman

14. Sekat Rumah Minimalis Desain Sliding Wall Kaca

Sekat Rumah Minimalis Desain Sliding Wall Kaca © Diadona

 

Jika kamu ingin ruangan di rumahmu punya privasi lebih, kamu dapat menggunakan desain sekat sliding wall kaca. Penggunaan kaca buram pada sliding wall ini, ruangan-ruangan lainnya dapat tertutup tetapi tetap terlihat simpel, elegan serta tembus cahaya.  

Kamu bisa mengkombinasikan dua material sekaligus seperti kaca dan kayu untuk mendapatkan desain yang artistik dan modern. Selain itu, dengan bentuk sekat sliding wall kaca ini membuat ruanganmu terlihat apik dan minimalis.

 

15 dari 20 halaman

15. Sekat Rumah Minimalis dengan Rak Besi Minimalis

Sekat Rumah Minimalis dengan Rak Besi Minimalis © Diadona

Kalau kamu suka dengan desain yang simpel dan low budget, sepertinya desain sekat di atas dapat menjadi pilihan yang perlu kamu pertimbangkan untuk di rumahmu. Sekat rumah minimalis dengan menggunakan rak besi ini selain difungsikan sebagai sekat, kamu juga dapat menyimpan barang atau buku di rak tersebut.

Perpaduan material besi dan kayu pada rak ini terlihat modern dan minimalis. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah memindahkan atau menggeser rak ke ruangan yang lain. Sangat efisien dan fungsionalis bukan? 

 

16 dari 20 halaman

17 dari 20 halaman

17. Sekat Rumah Minimalis Rak TV Modern

Sekat Rumah Minimalis Rak TV Modern © Diadona

 

Bagi kamu suka dengan tatanan dan furnitur yang multifungsi, seperti desain ini dapat menjadi saran ide buat kamu. Sekat dengan model ini dapat menjadi tiga fungsi sekaligus, yakni sebagai rak TV, rak hias dan sekat ruangan. Desain rak yang modern membuatnya terlihat bagus dan minimalis. 

Kamu juga dapat menggeser atau memindah kapan saja dan dimana saja sesuai dengan selera. Menggunakan rak multifungsi sebagai sekat, dapat membuat ruangan menjadi lebih luas dengan furniture yang efisien dan fungsional. Keren dan multifungsi ya! 

 

18 dari 20 halaman

18. Sekat Rumah Minimalis Ala Jepang

Sekat Rumah Minimalis Ala Jepang © Diadona

Jika kamu suka dengan desain ala Jepang yang simpel dan minimalis, kamu dapat menggunakan sekat ini sebagai pajangan sekaligus. Penggunaan material kayu yang simpel dengan warna yang elegan dapat menjadikan ruanganmu terlihat minimalis. 

Selain itu, terdapat ornamen yang menonjol di tengah-tengah sekat kayu ini membuatnya terlihat bagus sebagai pajangan ruangan. Bentuknya yang dekoratif ini dapat kamu letakan pada bagian depan pintu dapat memunculkan kesan simpel, modern dan estetik bagi ruangan. 

 

19 dari 20 halaman

19. Sekat Rumah Minimalis dengan Tali Macrame

Sekat Rumah Minimalis dengan Tali Macrame © Diadona

Kamu suka dengan desain sekat yang unik? Nggak pasaran? Nggak ribet buat pasangnya? Atau yang nggak terlalu mahal? Sepertinya desain ini cukup jadi jawaban buat kamu ya, Diazens! Kamu bisa menggunakan tali macrame sebagai sekat sekaligus mempercantik tampilan ruanganmu. 

Sekat macrame ini sangat menonjolkan nilai kerajinan tangan sehingga ketika kamu gunakan di ruanganmu dapat menjadi pajangan yang unik dan bernilai seni. Apalagi dengan dekorasi kayu dan penggunaan warna dinding putih akan terlihat estetik. Gimana Diazens, desain yang satu ini?

 

20 dari 20 halaman

20. Sekat Rumah Minimalis Modern

Sekat Rumah Minimalis Modern © Diadona

Sekat rumah yang satu ini terlihat elegan dan mewah ya, Diazens! Sekat dengan material besi berwarna keemasan dan memiliki motif yang unik dan menarik. Desain sekat yang senada dengan interior ruangan seperti lampu gantung yang berwarna emas menambah kesan mewah.  

Penggunaan cat putih pada dinding dan furniture berwarna monokrom yang juga senada terlihat sederhana, bersih dan modern. Selain itu, Desain sekat ini juga dapat digunakan pada bangunan yang mewah sebagai pelengkapnya. Gimana menurutmu, Diazens?

Nah itulah tadi desain sekat ruangan minimalis dengan beragam bentuk yang estetik dan artsy. Selamat mendekorasi ruanganmu!

Penulis : Aditia Lestari dan Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar