Tujuan Prakerin Bagi Siswa, Mulai dari Pelaksanaan hingga Pembuatan Laporan

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 3 Februari 2021 08:00
Tujuan Prakerin Bagi Siswa, Mulai dari Pelaksanaan hingga Pembuatan Laporan
Jadi, tujuan prakerin itu begin lho~

Tujuan prekerin atau (praktek kerja industri) bisa dikatakan penting untuk diketahui, apalagi untuk kalangan siswa. Pasalanya, beberapa sekolah khususnya sekolah kejuruan mewajibkan siswanya untuk melakukan prakerin tersebut.

Bagi yang belum tahu, prakerin (praktek kerja industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya. Sederhananya, dapat dikatakan jika tujuan dari prakerin tersebut yakni meningkatkan kemampuan siswa.

Untuk lebih lanjutnya, mari kita bahas satu persatu hal-hal mengenai prakerin ini, mulai dari pengertian secara lebih detail, tujuan prakerin dalam pelaksanaannya, hingga tujuan pembuatan laporannya. Diadona.id, telah mengumpulkan ulasan mengenai hal-hal tersebut dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Pengertian Prakerin

Ilustrasi Tujuan Prakerin © Diadona

Baiklah, sebelum kita menuju ke tujuan prakerin mari kita ketahui dulu lebih jauh dan detail apa itu Praktek Kerja Industri atau prakerin itu.

Prakerin merupakan kegiatan yang diupayakan dari sekolah yang melibatkan siswa siswi khususnya SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan dilaksanakan di dunia industri untuk tujuan pendidikan. Pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia industri atau dunia kerja dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa-siswi SMK dengan kompetensi atau kemampuan siswa sesuai bidangnya.

Selain meningkatkan kompetensi siswa-siswi, prakerini ni juga dilakukan untuk menambah bekal siswa-siswi di masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak dan ketat dalam persaingannya.

2 dari 4 halaman

Tujuan Prakerin

Ilustrasi Tujuan Prakerin © Diadona

Nah, tujuan prakerin ini juga penting untuk diketahui oleh para siswa agar bisa menjalani pakerin dengan maksimal. Melansir dari laman Liputan6.com, berikut adalah beberapa tujuan prakein:

1. Tujuan prakerin yang pertama adalah para siswa diharapkan dapat mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah sehingga dapat diterapkan dengan baik. Ketika sudah terjun ke dunia industri ataupun dunia kerja yang sesungguhanya tentunya tak hanya materi yang dibutuhkan namun praktiknya juga.

2. Tujuan prakerin yang kedua adalah dapat membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa-siswi prakerin. Sehingga dapat melihat peluang di masa depan. pola pikir siswa dapat terbuka setelah mengetahui gambaran kasar bagaimana lingkungan kerja. Hal tersebut bisa didapatkan dari prakerin atau Praktik Kerja Industri tersebut.

3. Tujuan prakerin berikutnya adalah dapat melatih siswa untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya. Sehingga tidak merasa takut atau canggung lagi berkomunikasi secara profssional.

4. Tujuan prakerin bagi siswa yang keempat yakni adalah dapat membentuk etos kerja yang baik bagi siswa-siswi prakerin. Sehingga kedepannya siswa dapat menjadi sosok lulusan dan berkualitas. Skill dan kemampuan siswa sangat dibutuhkan ketika sudah terjun ke dunia industri.

5. Tujuan prakerin berikutnya ini adalah bisa menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa-siswi prakerin sesuai bidang masing-masing.

6. Tujuan prakerin selanjutnya adalah dapat menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui prakerin dapat membantu siswa agar keterampilannya dapat meningkatkan. Keterampilan tersebut sangat dibutuhkan ketika sudah terjun di dunia industri.

7. Tujuan prakerin yang terakhir yakni adalah bisa menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.

3 dari 4 halaman

Tujuan Pelaksanaan dan Pembuatan Laporan Prakerin

Ilustrasi Tujuan Prakerin © Diadona

Dalam pelaksanaannya, prakerin dilakukan dengan prosedur tertentu. Pertama, siswa pastinya akan ditempatkan di sebuah industri yang sama dengan bidang yang digeluti dan dipelajari oleh siswa.

Juga, siswa-siswi yang mengikuti kegiatan prakerin akan mendapatkan bekal terlebih dahulu dari pembimbingnya di sekolah. Pembekalan dari pembimbing biasanya berupa pengetahuan dasar seputar dunia usaha atau industri yang akan digeluti siswa-siswi SMK yang sesuai dengan jurusannya.

Dalam pelaksanaan pakerin, nantinya akan ada proses laporan setelah melakukan pembelajaran di sebuah tempat industri. Lantas, apa sih tujuan laporan prakerin ini?

4 dari 4 halaman

1. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang pertama adalah diharapkan mampu mengimplementasikan pengalaman yang didapat sewaktu magang. Sehingga sehingga nantinya pengalaman tersebut dapat diterapkan di dunia kerja dengan baik.

2. Selanjutnya, tujuan pembuatan laporan prakerin adalah mengembangkan dan menambah ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh para siswa. Tentu saja materi yang sesuai dengan bidang yang mereka ambil.

3. Tujuan pembuatan laporan prakerin yang ketiga adalah bentuk pengakuan serta penghargaan jika pengalaman kerja merupakan bagian dari proses pendidikan.

4. Juga, tujuan pembuatan laporan prakerin adalah menambah pengetahuan, keterampilan, gagasan-gagasan seputar dunia industri dan dunia usaha yang handal sekaligus profesional.

Beri Komentar