15 Teras Rumah Minimalis dengan Desain yang Sejuk, Cocok untuk Ngadem

Reporter : Aditia
Senin, 3 Juli 2023 11:40
15 Teras Rumah Minimalis dengan Desain yang Sejuk, Cocok untuk Ngadem
Teras Rumah Minimalis menawarkan berbagai desain yang unik, namun desain yang sejuk dan natural akan membuat tampilan depan rumahmu tampak adem dan sehat!

Teras rumah minimalis merupakan salah satu eksterior pelengkap rumah yang menambah kenyamanan penghuni. Selain bisa melindungi area depan rumah, teras juga bisa dijadikan untuk bersantai atau sekedar tempat nongkrong menghirup udara segar.

Desain teras rumah minimalis kini menawarkan berbagai pilihan, mulai dari klasik hingga modern. Misalnya, penggunaan lampu LED pada desain teras untuk membuatnya nampak mewah dan elegan. Teras juga biasanya identik dengan taman minimalis yang bikin tampilan rumah makin cantik.

Teras rumah minimalis ini jadi bagian depan rumah yang paling jadi perhatian lebih karena menampilkan sisi rumah yang paling terlihat. Tentu saja, desainnya harus terlihat selaras dengan eksterior rumah lainnya dan sesuai keinginan.

Nah, buat kamu yang berencana membangun teras, berikut ini inspirasi desain teras rumah minimalis yang bisa kamu terapkan di hunianmu!

1 dari 16 halaman

1. Teras Tertutup dengan Lampu LED

Teras Rumah Minimalis

Lampu LED memang cocok untuk digunakan di segala desain baik interior dan juga eksterior, tak terkecuali untuk teras rumah minimalis. Kamu bisa membangun bangku kecil memanjang dari beton dan memberi warna seperti putih atau warna terang lainnya lalu menambahkan LED di bagian bawah dan sisi kursi.

Kamu juga bisa memberi tanaman hijau di sela-sela bangku teras untuk memberikan efek segar pada teras rumahmu. Dengan media tanam yang minim, kamu bisa menggunakan jenis tanaman yang awet dan tahan pada tanah yang sedikit seperti kaktus.

2 dari 16 halaman

2. Teras Minimalis LED dengan Lantai Kayu

Teras Rumah Minimalis

Kayu kerap digunakan di berbagai macam desain, selain bahannya yang adem, kayu menambah kesan hangat dan natural pada rumah. Nah, untuk membuat teras rumah minimalis kamu makin cantik dan mewah, kamu bisa menambahkan lantai kayu di antara kedua belah sisi taman kecilmu.

Kamu bisa menggunakan jenis kayu jati, meranti, atau mahoni untuk sisi keawetan dan serat kayu yang cantik.

 

3 dari 16 halaman

3. Teras Rumah Lantai Atas

Teras Rumah Minimalis

Berapa hunian tak memiliki lahan di bagian bawah karena berada di area yang padat penduduk. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa membuat desain terasmu di lantai atas, lho.

Teras rumah lantai atas bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti bersantai, makan bersama, atau mengadakan pertemuan dengan keluarga dan teman. Teras rumah minimalis satu ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menanam tanaman hias atau membangun kebun kecil.

4 dari 16 halaman

4. Teras Rumah Lantai Atas Tertutup

Teras Rumah Minimalis

Salah satu kenyamanan rumah yang kerap diutamakan penghuni adalah area privasi yang bebas dan nyaman. Hal ini bisa kamu terapkan di teras rumah minimalis kamu. Menerapkan material kayu, desain teras ini akan menambah sisi natural rumah dengan beberapa tanaman kecil di sekitar taman kecilnya.

Desain teras rumah lantai atas dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan gaya arsitektur rumah. Beberapa teras memiliki atap yang melindungi dari sinar matahari langsung atau hujan, sementara yang lainnya mungkin terbuka sepenuhnya. Material yang umum digunakan untuk lantai teras termasuk kayu, keramik, batu alam, atau decking komposit.

 

 

5 dari 16 halaman

5. Teras Kayu dengan Kanopi Dua Fungsi

Teras Rumah Minimalis

Memiliki teras rumah minimalis yang ada atapnya bikin kita gak perlu capek-capek melakukan perawatan ekstra karena sinar matahari dan hujan yang bikin material cepat lapuk. Salah satu solusi atap teras ini adalah kanopi dua sisi yang bisa terbuka untuk membiarkan matahari masuk dan bisa tertutup melindungi teras dari cuaca panas.

Kamu bisa menggunakan jenis kanopi tembaga dan kaca dengan tambahan UPVC pada bagian penutupnya.

 

6 dari 16 halaman

6. Teras Minimalis Kanopi dengan Lampu Gantung

Teras Rumah Minimalis

Teras minimalis bersantai dengan taman yang sejuk bikin betah berlama-lama hingga malam hari. Untuk menambah kesan hangat dan terang, kamu bisa menambahkan lampu gantung dengan warna warm di bagian kanopi terasmu.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tanaman rambat dan taman vertikal di dinding kayu atau pada bagian tiangnya.

7 dari 16 halaman

7. Teras Tertutup dan Terbuka

Teras Rumah Minimalis

Teras rumah minimalis yang dibuat memanjang akan membuat area depan rumah jadi lebih luas dan nyaman untuk digunakan tempat bercengkrama atau pesta kecil-kecilan seperti perayaan tahun baru.

Konsep membagi lahan teras tertutup dan terbuka ini bikin kamu jadi punya banyak space menikmati suasana rumah yang adem dengan tanaman bonsai dan taman yang asri.

Tentunya, kamu perlu menjaga agar teras minimalis tetap rapi dan teratur. Hindari penumpukan barang atau furnitur yang tidak diperlukan. Ruang teras yang bersih dan minimalis akan memberikan kesan luas dan terorganisir.

 

8 dari 16 halaman

8. Teras Kayu dengan Kolam Minimalis

Teras Rumah Minimalis

Salah satu dekorasi rumah yang membuat tampilan dan suara rumah makin sejuk adalah adanya kolam minimalis. Nah, kolam minimalis dengan lantai kayu ini bisa kamu tambahkan pada bagian teras rumah minimalis kamu. Dengan tanaman dan pohon rindang di sekitar depan rumah ini akan membuat kesan yang natural dan bikin adem rumah. Suasananya sudah mirip dengan hotel-hotel mewah kan?

9 dari 16 halaman

9. Memanfaatkan Lahan Sempit di Samping Rumah

Teras Rumah Minimalis

Meski area depan rumah terbilang sempit dan kecil, kamu tetap bisa memaksimalkan desain rumah dengan memanfaatkan lahan sempit di samping rumah sebagai area teras rumah minimalis yang luas. Kamu juga bisa menambahkan tanaman hias vertikal di sisi dinding dan atap transparan agar penampilan terasmu makin terang namun tetap terlindungi.

 

10 dari 16 halaman

10. Menambahkan Bangku Taman

Teras Rumah Minimalis

Bercengkrama di taman teras rumah minimalis rasanya tak lengkap apabila tidak dilengkapi dengan bangku. Nah, untuk membuat tampilan terasmu makin lengkap, kamu bisa menambahkan kursi atau bangku pada bagian taman untuk kamu bisa bersantai.


Agar tidak memakan terlalu banyak lahan terasmu, pilihlah tanaman dengan ukuran yang sesuai dan hindari menempatkan terlalu banyak tanaman sehingga teras terlihat penuh dan sesak.

 

11 dari 16 halaman

11. Teras dengan Rumput Sintetis dan Pagar Kayu

Teras Rumah Minimalis

Tak disangkal, salah satu area rumah yang minim privasi biasanya di bagian teras rumah. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan pagar kayu yang mengelilingi teras untuk mengcover bagian depan rumahmu.

Dengan desain yang tertutup dan aman ini, kamu bisa menambahkan bantal dan rumput sintetis agar ruang gerakmu di bagian teras jadi lebih leluasa.

 

 

12 dari 16 halaman

12. Teras Rumah dengan Meja Makan

Teras Rumah Minimalis

Pecinta makan sambil lihat pemandangan yang hijau-hijau pasti menyukai desain teras rumah minimalis yang satu ini. Menambah kanopi pada bagian teras serta meja makan minimalis akan membuat tampilan terasmu jadi lokasi yang nyaman banget sambil menikmati hidangan makan siang atau sarapan.

Tambahkan beberapa tanaman hias pembersih udara agar hawa di sekitar rumahmu jadi sejuk dan sehat.

 

13 dari 16 halaman

13. Teras Rumah Minimalis dengan Stepping Stones

Teras Rumah Minimalis

Salah satu hal yang bikin sebal saat musim hujan adalah kondisi becek pada area rumah. Nah, untuk menghindari hal ini, kamu bisa menanam rumput gajah untuk membantu penyerapan air lebih maksimal di tanah rumahmu serta tambahkan stepping stones atau batu pijakan di area rumput atau tanah, bebas becek dan basah deh.

 

14 dari 16 halaman

14. Teras dengan Sofa

Teras Rumah Minimalis

Menambahkan sofa pada bagian teras rumah minimalis juga jadi ide yang bagus nih. Apalagi sofa ini juga akan menambah duduk santai jadi lebih nyaman karena tempat duduk yang nyaman dan empuk.

Kamu juga dapat menambahkan ayunan kecil dan bantal kecil yang menambah kesan hangat dan vintage.

 

15 dari 16 halaman

15. Teras dengan Ayunan

Teras Rumah Minimalis

Teras rumah minimalis juga makin cantik dengan ayunan kayu dan pemilihan kursi kayu dan sofa yang cocok dengan rumahmu. Pilih ayunan dengan ukuran yang proporsional dan desain yang minimalis. Misalnya, ayunan dengan rangka logam tipis atau kayu yang simpel.

Pastikan ayunan tidak terlalu besar sehingga memenuhi seluruh teras. Sesuaikan ukuran ayunan dengan ruang yang tersedia agar masih ada ruang kosong untuk bergerak dan duduk di teras.

 

Beri Komentar