Lahan Terbatas Bukan Halangan, 10 Ide Smart Desain Rumah Unik Ini Bisa Ditiru!

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 21 Juli 2020 10:32
Lahan Terbatas Bukan Halangan, 10 Ide Smart Desain Rumah Unik Ini Bisa Ditiru!
Gak ada lagi bingung urusan lahan sempit!

Umumnya, orang akan lebih suka saat tinggal di rumah dengan ukuran yang luas dan besar. Namun jangan salah, tren rumah mungil ternyata juga banyak penggemarnya loh. Bukan hanya dijadikan sebagai konsep, rumah mungil ternyata juga bisa jadi salah satu alternatif yang lebih terjangkau dan tentunya juga fungsionalitas serta tak kalah dengan rumah berdesain ruang lapang atau besar lainnya.

Jika Moms lebih suka dengan desain rumah minimalis, maka disarankan untuk tidak membuat konsep ruangan interior yang berlebihan. Nah, beberapa pilihan rumah mungil ini bisa menjadi referensi ideal yang diimpikan. Yuk, simak 10 ide smart desain rumah unik dengan lahan terbatas yang telah Diadona ulas di bawah ini!

1 dari 10 halaman

1. Desain Rumah Mungil ala Denmark

Desain Rumah Mungil ala Denmark © Diadona

The Shelter adalah nama dari rumah mungil yang unik ini. Dibangun oleh sebuah perusahaan yang bernama Vipp. Konsepnya yang simpel dengan menekankan padakonsep alam bebas yang begitu fungsional.

Desain Rumah Mungil ala Denmark © Diadona

Rumah ini terdiri dari 2 tingkat dengan dengan mengaplikasikan material berstruktur besi yang bisa diinstalasi hanya dalam waktu 3-5 hari. Uniknya, pada atap bagian atas rumah ini terdapat celah yang bisa dibuka dengan mudah. Hal ini tentu berguna untuk kamu yang suka memandang bintang di malam hari.

2 dari 10 halaman

2. Rumah Mungil Brilian dari Brisbane, Australia

Rumah Mungil Brilian dari Brisbane, Australia © Diadona

Jangan salah, rumah mungil yang berlokasi di Brisbane Australia ini ternyata dibuat dengan material kayu keras daur ulang. Pendiri rumah ini adalah Greg Thorton, Lara Nobel dan Andrew Carter yang bekerja sebagai arsitek. Nah, luas total area rumah ini hanyalah sekitar 18 meter dengan langit- langit setinggi 3.5 meter.

Rumah Mungil Brilian dari Brisbane, Australia © Diadona

Fitur paling unik yang dimiliki rumah ini adalah sebuah tempat tidurnya yang dibuat melayang serta yang dilengkapi dengan remote control. Wih, canggih ya!

Dengan demikian, maka sang penghuni tentu bisa dengan mudah menyesuaikan fungsi tempat tidur sesuai kebutuhan.  Jika ingin ruangan yang lebih luas, tempat tidur bisa digeser naik sehingga area rumah pun terasa lapang untuk kegiatan bersama.

3 dari 10 halaman

3. Rumah Mungil Jepang Bergaya Minimalis Modern

Rumah Mungil Jepang Bergaya Minimalis Modern © Diadona

Seorang master desainer asal Jepang yang bernama Muji adalah sosok yang berhasil menciptakan hunian mungil yang nyaman ini. Atas kerja keras dan buah pikirnya, ia mampu menyulap hunian yang layak ditempati dengan sempurna. Pada bangunan yang diberi nama The Hut of Wood ini, Muji berhasil menciptakan rumah mungil yang unik yang hanya seluas 27 meter persegi dengan leluasa.

Rumah Mungil Jepang Bergaya Minimalis Modern © Diadona

Rumah ini mengaplikasikan dinding dan jendela rumah yang besar serta dilengkapi dengan pemandian ala tradisional Jepang. Ia juga tidak lupa dengan perapian dari kayu. Dapur kecil dan kasur nyaman tentu juga tersedia di rumah mungil yang telah dirilis untuk dijual pada masyarakat umum di tahun 2017.

4 dari 10 halaman

4. Rumah Mungil Berdaya Matahari di Afrika Selatan

Rumah Mungil Berdaya Matahari di Afrika Selatan © Diadona

Rumah yang tampak mungil ini disebut sebagai rumah nano yang ada di Afrika Selatan. Menurut arsitek Clara da Cruz Almedia, rumah nano dengan brand The POD-Idladla bisa menjadi solusi rumah tempat tinggal yang cukup ideal.

Dengan luas 17 meter persegi, rumah mungil ini bisa ditempati hingga 2 orang penghuni dengan lantai atas yang bergaya mezanine (paruh lantai). Di lantai bawah, terdapat ruang yang bisa digunakan untuk kegiatan memasak dan bersantai bersama.

Tak hanya itu, rumah ini juga dilengkapi dengan area mandi di belakang dan sebuah teras di bagian depan. Rumah mungil ini juga telah dilengkapi dengan atap berpanel untuk energi solar atau tenaga surya yang serba hemat.

5 dari 10 halaman

5. Rumah Mungil Tengah Hutan di Brazil

Rumah Mungil Tengah Hutan di Brazil © Diadona

Rumah mungil yang berada di tengah hutan ini memiliki luas hingga 130 meter persegi yang tergolong tidak terlalu kecil untuk standar rumah mungil. Rumah yang didesain oleh Atelier Marko Brajovic ini diberi nama ARCA yang ditinggali oleh 2 pasangan dan anak-anak mereka.

Rumah Mungil Tengah Hutan di Brazil © Diadona

ARCA sengaja didesain untuk jadi rumah mungil sekaligus area bekerja yang tidak memerlukan banyak perawatan. Uniknya, rumah mungil ini menggunakan bentuk melengkung yang tidak banyak menggangu kondisi alam sekitar dan juga bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

6 dari 10 halaman

6. Rumah Mungil Bergaya Rustic Modern di California

Rumah Mungil Bergaya Rustic Modern di California © Diadona

Rumah mungil milik pasangan yang tinggal di California ini merupakan arsitek yang bekerja di perusahaan ternama sebelum akhirnya memilih untuk merintis usaha rumah sendiri.

Rumah ini diubah dari sebuah peternakan kuno yang sudah berusia 100 tahun dengan luas sekitar 37 meter persegi. Di tangan mereka, rumah mungil ini disulap menjadi tempat tinggi dengan gaya rustic yang romantis.

7 dari 10 halaman

7. Rumah Mini Dengan Interior Serba Berkesinambungan, Washington

Rumah Mini Dengan Interior Serba Berkesinambungan, Washington © Diadona

Rumah mungil yang dinamakan The Waterhaus berlokasi di Washington Amerika Serikat dan didesain oleh Green Pod Development. Total luas bangunan ini kurang dari 42 meter persegi. Rumah ini mengusung konsep kesinambungan dengan alam serta rumah sehat bagi manusia.

Dindingnya dibangun menggunakan tanah liat dan sengaja menghindari penggunaan cat yang penuh bahan serta zat kimia berbahaya. Rumah ni mengandalkan pencahayaan dari panel kaca dan jendela untuk asupan tenaga surya yang maksimal.

8 dari 10 halaman

8. Rumah Mungil Terapung Di Maine

Rumah Mungil Terapung Di Maine © Diadona

Rumah unik yang mungil dengan kabin terapung ini berada di wilayah Maine. Memerlukan waktu hingga 10 tahun untuk membangun rumah berkonsep unik seluas 22 meter persegi ini. Terbilang unik dan aplikatif, rumah ini menggunakan daya air sebagai tenaganya dan untuk kebutuhan air sehari-hari.

Penghuni rumah ini harus sering bolak-balik ke perkotaan, tetapi mereka juga memiliki tempat penampungan air hujan sebagai cadangan air. Tak hanya itu, mereka juga menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan dapur dan tenaga surya untuk operasional sehari- hari.

9 dari 10 halaman

9. Rumah Mini Sauna di Swedia

Rumah Mini Sauna di Swedia © Diadona

Rumah yang diberi nama The Mill House ini merupakan hasil desain seorang arsitek Swedia bernama Gert Wingardhs. Uniknya, penghuni rumah ini punya ritual tradisional berupa sauna bersama, memanggang dan berendam air dingin di rumah mini sekaligus menjadi tempat liburan.

Fitur utamanya adalah mengusung ruang sauna dan tempat berganti pakaian, mandi dan juga sekaligus area relaksasi. Tak hanya itu, rumah mini ini juga dilengkapi dengan dapur dan tempat tidur di sekeliling pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

10 dari 10 halaman

10. Rumah Mungil Dari Pertengahan Zaman, New York

Rumah Mungil Dari Pertengahan Zaman, New York © Diadona

Rumah mungil dan unik ini memang tersembunyi di salah satu daerah terpencil di New York. Rumah yang bergaya magis ala pertengahan abad ini emang sangatlah unik. Bagaimana tidak, rumah mungil yang diberi nama Studio Retreat didesain oleh Workshop/APD dengan luas hanya 27 meter persegi.

Rumah Mungil Dari Pertengahan Zaman, New York © Diadona

Bahan utama rumah mungil ini menggunakan material kayu dengan finishing alami yang berpadu apik dengan nuansa alam di sekitarnya kian sempurna.

Nah, itulah tadi beberapa ide smart rumah mungil yang memanfaatkan lahan sempit. Semoga menginspirasi!

 

Beri Komentar