20 Cara Ampuh Mengusir Tikus Curut di Rumah yang Bisa Kamu Coba Sekarang Juga!

Reporter : Wicha Mashita
Minggu, 19 Juli 2020 00:07
20 Cara Ampuh Mengusir Tikus Curut di Rumah yang Bisa Kamu Coba Sekarang Juga!
Beberapa cara tradisional ini ampuh sebagai cara mengusir tikus di rumah loh!

Ada metode tradisional yang bisa kamu pakai sebagai cara mengusir tikus di rumah loh! Pasti kesal kan, kalau rumah menjadi hunian tikus juga? Soalnya salah satu hama yang biasa mengganggu ladang pertanian ini juga suka merusak atau memakan perabot rumah dan mengotori lingkungan sekitarnya.

Apakah kamu sudah mencoba berbagai cara untuk mengusirnya tapi nggak mempan? Tenang, merangkum dari berbagi sumber, kita punya tips cara ampuh mengusir tikus secara tradisional yang bisa kamu coba.

1 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tikus di Rumah

Cara Mengusir Tikus di Rumah © Diadona

Ada berbagai bahan alami yang bisa kamu coba sebagai cara mengusir tikus di rumah, diantaranya:

Minyak Peppermint


Bau yang menyengat dari minyak peppermint bisa kamu andalkan untuk mengusir tikus. Caranya, celupkan bola kapas ke dalam minyak peppermint. Lalu letakkan di daerah yang sering menjadi tempat kedatangan tikus.

Bubuk Kopi


Pecinta kopi, kamu bisa berbagai bubuk kopi dengan tikus untuk menghempaskan mereka jauh dari rumahmu. Soalnya aroma wangi yang tajam dari bubuk kopi ini nggak disukai tikus yang otomatis akan mereka hindari.

Kantung Teh Bekas


Kalau kamu suka minum teh, tikus kebalikannya. Nggak ada minyak peppermint bisa kamu ganti dengan kantung teh. Kandungan peppermint dalam kantung teh ini bisa jadi cara mengusir tikus di rumah. Soalnya indera penciuman tikus kan tajam, nah kantung tes bisa menyebabkan iritasi di hidungnya.

Kamu bisa meletakkan beberapa kantung teh di dekat sarang tikus atau wilayah yang sering didatanginya. Dengan begitu, tikus akan pergi meninggalkan rumahmu.

 

2 dari 6 halaman

Daun Mint

Ilustrasi daun mint © Diadona
Aroma menyengat dari daun mint juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus. Soalnya tikus nggak akan tahan dengan aroma tajam daun mint dan membuatnya lemas.

Kamu bisa menyiapkan seikat daun mint yang kemudian diambil sarinya. Lalu, larutkan dalam air. Kalau sudah, bisa kamu semprotkan ke area yang rawan didatangi tikus.

Daun Sirsak


Nggak hanya daun mint, kamu juga bisa memanfaatkan daun sirsak sebagai cara mengusir tikus di rumah. Soalnya ada kandungan zat perangsang yang mengeluarkan aroma tidak disukai tikus pada daun sirsak.

Caranya bisa dengan menghancurkan daun sirsak menjadi kecil-kecil. Kemudian letakkan di area yang sering dilewati tikus. Ganti secara berkala kalau daun sirsak mulai mengering ya!

Daun Salam


Daun salam yang wangi menyapa hidung ini, dibenci sama tikus. Mereka merasa nggak nyaman dengan aroma daun salam. Apalagi, daun salam memiliki kandungan yang nggak baik buat pencernaan tikus. Bisa kamu andalkan sebagai cara mengusir tikus nih!

3 dari 6 halaman

Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona
Bahan dapur lainnya yang bisa dijadikan cara mengusir tikus adalah baking soda. Kamu bisa mencampurkan baking soda ke makanan untuk memancing tikus.

Hal ini menyebabkan tikus menggembung dan nggak bisa mengeluarkan gas hasil soda. Sehingga mereka akan keluar ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas.

Cuka Putih


Selain baking soda, cara ampuh mengusir tikus juga bisa dengan menggunakan cuka putih. Caranya dengan membersihkan terlebih dulu area yang sering dilewati tikus. Kemudian rendam bola kapas menggunakan sarung tangan ke dalam cuka dan simpan di sarang tikus.

Kulit Telur


Meski kulit telur sesuatu yang harusnya dibuang, ternyata bisa jadi bahan alami sebagai cara mengusir tikus loh! Kamu bisa haluskan kulit telur sampai jadi bubuk dan taburkan di area yang sering dilewati tikus.

Kulit Durian


Selain kulit telur, kulit dari buah yang baunya wangi menyengat ini juga nggak disukai tikus. Kamu bisa memotong kulit durian dan letakkan di area yang rawan tikus. Gampang kan?

4 dari 6 halaman

Buah Mengkudu

Buah Mengkudu Sebagai Cara Mengusir Tikus © Diadona
Ada bahan alami lainnya yang bisa dipakai sebagai cara mengusir tikus. Buah mengkudu bisa dihancurkan sampai halus. Lalu dilarutkan dalam air dan menjadi semprotan andal untuk mengusir tikus.

Lada Bubuk


Nggak hanya buah, rempah-rempah seperti lada bubuk ini juga bisa kamu letakkan di tempat biasanya tikus bersembunyi. Kandungan senyawa piperin pada lada yang menyengat membuat tikus tidak betah dan akan pergi jauh dari rumahmu.

Merica


Selain lada, bumbu dapur yang satu ini juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus curut di rumah kamu. Pasti tahu kan aromanya yang sangat kuat dan rasanya pedas? Caranya juga gampang kok, tinggal ditaburkan ke sudut-sudut rumah.

Cengkeh


Aroma wangi cengkeh ini ternyata cukup mengganggu bagi tikus dan tentu saja mereka nggak suka. Kamu bisa menggunakan cengkeh sebagai cara mengusir tikus dengan masukkan dalam kain kasa. Tunggu sampai benar-benar kering kemudian letakkan di sudut area yang sering dilewati tikus.

5 dari 6 halaman

Bawang

Ilustrasi Bawang Merah © Diadona
Irisan bawang juga ampuh kamu gunakan sebagai cara mengusir tikus. Soalnya, bawang dianggap menjijikkan buat tikus dan mereka sangat nggak suka sama aromanya.

Kulit Jengkol


Nggak hanya beberapa manusia saja yang nggak suka aroma jengkol, tikus juga nggak loh! Buat kamu yang suka jengkol bisa memanfaatkan kulitnya untuk mengusir tikus di rumah.

Bubuk atau Saus Cabai


Selain bahan-bahan di atas, kamu juga bisa mencampurkan bubuk atau saus cabai dengan deterjen. Kemudian campur keduanya ke dalam air dan letakkan pada botol spray. Kamu tinggal semprotkan pada tikus untuk mengusirnya yang dijamin ampuh!

6 dari 6 halaman

Bulu Burung

Ilustrasi burung © Diadona
Nggak hanya bumbu dapur atau buah-buahan menyengat yang bisa dipakai. Kamu juga bisa menggunakan cara mengusir tikus pakai bulu burung, apalagi burung hantu. Soalnya wujudnya menyeramkan bagi tikus.

Selain itu, ada penelitian yang menyebutkan tikus bisa tertawa karena digelitiki. Nah, bulu burung ini cukup membuatnya geli sehingga ia tidak mau bersentuhan.

Rambut Manusia


Tahu nggak sih, kalau tikus itu bisa memakan segalanya? Tapi, buat rambut manusia cukup susah dicerna oleh tikus. Kamu bisa menaburkan rambut rontok di area yang rawan dilewati tikus dan semakin hari rambut akan berkurang karena dimakan tikus. Akibatnya mereka dehidrasi dan keluar rumah karena sibuk mencari air.

Plester Paris dan Kakao


Cara mengusir tikus yang terakhir ini sering diterapkan di berbagai negara loh! Campuran plester paris dan kakao bisa memancing tikus untuk memakannya namun akan dehidrasi setelahnya. Soalnya membuat tikus haus dan lari dari rumah mencari air.

EIts.. tapi yang perlu dicatat jangan menaburkan terlalu banyak di sudut-sudut rumah ya! Soalnya kalau kebanyakan mereka akan lebih sulit keluar rumah dan bangkainya jadi ada di rumah deh.

Itulah 20 cara mengusir tikus di rumah secara tradisional yang bisa kamu terapkan sekarang juga. Kamu bisa memilih bahan dan cara paling mudah menurutmu untuk membasmi hama tersebut. Selamat mencoba!

Beri Komentar