Kreatif dan Imajinatif, 8 Cara Unik Menata Kabel Ruwet Ini Bisa Jadi Dekorasi Rumah yang Kece!

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 2 Agustus 2020 08:30
Kreatif dan Imajinatif, 8 Cara Unik Menata Kabel Ruwet Ini Bisa Jadi Dekorasi Rumah yang Kece!
Oke juga nih!

Pengaruh perkembangan teknologi membuat semakin banyaknya penggunaan perangkat dan perabotan elektronik dalam setiap kehidupan. Hal ini tentu akan sangat memudahkan segala jenis pekerjaan, namun di sisi lain teknologi membuat kita harus membawa perangkat yang melengkapinya seperti charger, stop kontak, hingga kabel-kabel penghubung.

Tentu, keberadaan kabel-kabel ini terkadang bisa merusak tatanan desain interior rumah yang sebelumnya sudah cantik. Benar, kabel yang umumnya banyak dan ruwet membuat kesan berantakan dalam hunian.

Oleh karena itu, ada beberapa ide kreatif untuk menyiasatinya Moms. Berikut 5 inspirasi cara menata kabel ruwet agar tak merusak desain dan dekorasi di rumah. Selamat mencoba!

1 dari 10 halaman

1. Menempel di Dinding

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Salah satu alternatif yang bisa Moms lakukan untuk membuat dekorasi dari kabel yang ruwet adalah degan menempelkannya ke dinding. Cara ini akan memberikan tampilan kabel yang rapi. Untuk menambah aksen keindahan, Moms bisa menghiasnya dengan sedikit aksesoris lucu agar terlihat menarik.

 

2 dari 10 halaman

2. Gaya Rustic

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Jika ruangan atau rumah Moms bergaya rustic dengan nuansa sedikit gelap, Moms bisa mencontek inspirasi di atas ini. Tak sulit kok Moms, hanya perlu memberikannya bentuk melengkung seperti ilustrasi di atas dengan baik.

3 dari 10 halaman

3. Penutup Cangkang

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Kabel charger ponsel yang ruwet juga bisa ditata menjadi lebih rapi ko. Moms mengadopsi penataan seperti pada gambar di atas. Moms bisa menutupi kabel yang berantakan dengan 'cangkang' yang tak permanen.

4 dari 10 halaman

4. Membuat Pola

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Menyembunyikan kabel bukan berarti harus menutupnya dengan objek lain. Moms bisa berimajinasi dengan mengammbar pola dengan kabel menjadi bentuk unik seperti ini untuk dekorasi rumah.

5 dari 10 halaman

5. Kotak Tisu

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Charger dan stop kontak di meja memang suka mengganggu pemandangan di ruangan. Tenang, masalah itu bisa terselesaikan jika Moms mau kreatif dengan penggunaan kotak tisu yang sudah dimodifikasi ini.

6 dari 10 halaman

6. Penutup Pagar

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Banyaknya kabel yang menuntai disekitar dinding pada bagian bawah seperti ini juga sangat mengganggu pemandangan. cara mengatasinya adalah dengan membuat pagar seperti gambar di atas. Cukup tempelkan bahan paper tebal sebagai objek penutupnya Moms.

7 dari 10 halaman

7. Menggunakan Manik Sebagai Hiasan

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Nah, kalau ini adalah salah satu cara kreatif menutup kabel tepat pada objeknya dan hanya memanfaatkan kabel itu sendiri yang dihias menggunakan batu manik yang lucu. Hasilnya tampak terlihat bukan kabel yang menjuntai, melainkan perhiasan dan aksesoris yang panjang.

8 dari 10 halaman

8. Membuat Jalur

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Jika terlalu banyak kabel yang ada dalam rumah, maka Moms bisa mendesan jalur khusus untuk menampakkan keindahan dari kabel tu sendiri. Gak perlu ditutup apa pun, cukup bentuk saja dengan pola teratur untuk setiap kabel yang tampak di permukaan dinding rumah.

9 dari 10 halaman

9. Menggunakan penutup kabel PVC

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Walau hanya satu atau dua kabel, Moms bisa memanfaatkan penutu PVC agar terlihat rapi ya. Moms bisa menyamarkan PVC yang membalut kabel elektronik dan melekatkannya pada bagian bawah dinding yang kemudian diwarnai sesuai dengan warna dinding.

10 dari 10 halaman

10. Membungkus Kabel dengan Benang

Cara Menata Kabel Ruwet © Diadona

Bungkus kabel elektronik yang melintang di dalam rumah dengan benang. Tentu, tidak langsung dibungkus oleh benang ya. Kabel ini dilingkupi oleh pipa plastik terlebih dahulu baru dilapisi benang. Kemudian setiap kabel yang sudah tertutup benang dapat dijadikan satu dengan membuat hiasan kepang seperti pada gambar

Nah, itulah beberapa ide kreatif dan imajinatif yang bisa Moms laukan untuk menata kabel agar gak berantakan dan ruwet lagi. Dijamin, rumah makin tertata rapi dan indah. Semoga terinspirasi.

Beri Komentar