Kenapa Anak Sering Bertingkah Saat Ada di Sekitar Ibu?

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 19 Maret 2021 07:37
Kenapa Anak Sering Bertingkah Saat Ada di Sekitar Ibu?
Ternyata ini alasan anak sering bertingkah di dekat ibunya.

Seperti yang kita ketahui, peran ibu dalam keluarga sangatlah besar. Meski ibu dan ayah harus sama-sama membagi tugas dalam merawat anak, namun biasanya anak cenderung menghabiskan waktu lebih banyak dengan ibu setelah mereka lahir.

Saat kecil, anak mungkin akan sangat bergantung pada ibunya. Bahkan ada fase di mana banyak anak yang nggak bisa ditinggal jauh oleh ibu mereka.

Meski hal ini cukup normal, namun kita tentu pernah memperhatikan perilaku anak yang mungkin nggak biasa. Beberapa anak berperilaku seperti malaikat di depan orang lain, tapi mulai bertingkah saat ada di sekitar kita.

Ternyata tingkah laku anak yang seperti itu ada alasannya lho, Moms! Dilansir dari Brightside.me, berikut beberapa alasan yang membuat anak sering bertingkah di sekitar ibu.

1 dari 4 halaman

Anak merasa aman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Ibu adalah orang yang dianggap memberikan rasa aman dalam kehidupan seorang anak. Anak-anak mulai bertingkah di depan ibu karena mereka merasa nyaman, aman dan didukung.

Saat anak menunjukkan perilaku nggak baik, mereka juga biasanya ingin menunjukkan sisi rentang mereka. Jadi kalau kita menghadapi hal ini, sebaiknya kita mencoba mencari tahu mengapa anak berperilaku demikian.

2 dari 4 halaman

Bersikap baik membutuhkan energi

Ilustrasi Anak Menangis © Diadona

Kita biasanya akan menjaga sikap di depan orang yang nggak kita kenal. Meski anak juga melakukan hal yang sama namun otak mereka belum berkembang dan membutuhkan banyak hal untuk mengontrol impuls mereka hampir sepanjang waktu.

Dibutuhkan energi yang besar bagi anak kecil untuk bersikap baik. Jadi saat sampai di rumah, mereka akan cenderung mengeluarkan semuanya di depan ibu.

3 dari 4 halaman

Mencari perhatian

ilustrasi anak menangis © Diadona

Alasan lain mengapa anak-anak mulai bertingkah di depan ibu adalah karena mungkin merasa ada persaingan tentang perhatian. Anak-anak paling nggak suka saat kita nggak memperhatikan mereka.

Salah satu cara ampuh yang mereka lakukan untuk mendapatkannya adalah dengan bertingkah. Mereka mendambakan perhatian dari orang di sekitar, terutama ibu.

4 dari 4 halaman

Ingin mendapat sesuatu

ilustrasi anak menangis © Diadona

Dalam beberapa kasus, amukan anak justru nggak terjadi secara alami. Anak bisa aja berusaha memanipulasi dengan bertingkah.

Biasanya hal ini dilakukan karena mereka ingin mendapatkan sesuatu. Sebagai orang tua, kita harus bisa membedakan hal itu agar nggak selalu menuruti rengekan anak.

Semoga informasi ini membantu ya!

Beri Komentar