Bagaimana Cara Mendidik Anak Tunggal Agar Mandiri?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 17 Maret 2021 08:17
Bagaimana Cara Mendidik Anak Tunggal Agar Mandiri?
Ini Mom caranya.

Pernahkah ibu mendengar stereotip tentang anak tunggal yang biasanya akan tumbuh menjadi anak yang manja, egois, bahkan kurang pintar bergaul? Pernah menemui langsung yang seperti itu? Atau bahkan mungkin anak Mom lagi kayak gitu?

Banyak orang yang mengatakan kalau anak tunggal ini biasanya emang jadi manja banget ke orang tuanya. Namun, bukan berarti tidak mungkin untuk membesarkan anak tunggal ini menjadi pribadi yang mandiri. Kira-kira bagaimana ya caranya?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak di Jepang © Diadona

Dilansir dari akun Instagram parentalk.id, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mendidik anak tunggal agar mandiri dan tidak manja. Cara yang pertama yaitu berikan dia kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebayanya sejak masih kecil. Hal ini untuk melatih anak agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Yang berikutnya yaitu dengan memberikan contoh pada buah hati. Ibu bisa menunjukkan ketika berbagi dengan sesama, berkompromi dengan orang lain, dan juga berempati dalam keseharian misalnya dengan mengantre sesuai dengan gilirannya saat berbelanja di minimarket.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Cara yang selanjutnya yaitu dengan memberikan anak tanggung jawab dan juga kepercayaan misalnya dengan memberikan dia kebebasan untuk memilih baju apa yang mau dia pakai, mainan apa yang ingin digunakan atau ibu juga bisa melibatkan anak dalam pekerjaan rumah yang ringan seperti membersihkan meja atau yang lainnya.

Ibu juga perlu menghindari mengulangi atau memperbaiki hal kecil yang dilakukan oleh anak seperti saat dia membereskan tempat tidurnya sendiri, tetapi karena menurut ibu masih kurang rapi, Mom pun jadi membereskan lagi tempat tidur tersebut. Nah, hal yang seperti ini tak perlu dilakukan Mom karena anak bisa berpikir hal yang dia lakukan tersebut sia-sia sehingga dia gak mau lagi melakukannya.

3 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Yang terakhir dan salah satu yang terpenting, jangan terus-terusan menuruti permintaan anak karena inilah hal yang menjadikannya manja. Semakin ibu menuruti anak, semakin dia jadi manja. Oleh sebab itu, tak perlu menuruti semua keinginan anak meskipun dia merengek sampai menangis.

Ajarkan anak bahwa saat dia menginginkan sesuatu, maka dia harus berusaha dahulu agar bisa mendapatkannya dengan usaha sendiri. Nah, itulah beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk membesarkan anak tunggal agar menjadi pribadi yang mandiri. Semoga berhasil ya Mom.

Beri Komentar