Tips Merawat Kulit Bayi yang Penting Diketahui

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 17 Maret 2021 07:37
Tips Merawat Kulit Bayi yang Penting Diketahui
Merawat kulit bayi juga penting lho, Moms!

Menjaga kesehatan buah hati adalah kewajiban setiap orang tua. Kita harus memastikan agar anak mendapatkan yang terbaik untuk memenuhi nutrisi yang mereka butuhkan.

Tapi menjaga kesehatan bayi nggak hanya soal makanan aja lho Moms! Kebersihan dan perawatan kulit bayi juga penting untuk dilakukan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa kulit bayi adalah kulit yang paling ideal karena lembut dan kenyal. Namun kita juga harus ingat bahwa kulit bayi juga cenderung lebih sensitif dan membutuhkan perhatian khusus.

Pemilihan produk perawatan kulit untuk bayi juga membutuhkan banyak pertimbangan. Dilansir dari Today's Parent, berikut beberapa tips merawat kulit bayi yang perlu kita ketahui.

1 dari 4 halaman

Gunakan produk bebas parfum

Ilustrasi Bayi Mandi © Diadona

Produk perawatan bayi telah dijual dalam berbagai jenis mulai dari sabun, sampo hingga pelembab. Tapi yang penting untuk kita perhatikan adalah untuk tetap menggunakan produk yang bebas pewangi atau parfum.

Kandungan parfum dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko alergi kontak terhadap berbagai parfum seiring dengan pertambahan usia mereka.

2 dari 4 halaman

Melembabkan untuk mencegah alergi

Ilustrasi Bayi Mandi © Diadona

Melembabkan kulit ternyata nggak hanya untuk menjaga kelembutan kulit bayi, tapi juga bisa mencegah alergi makanan. Dengan melembabkan kulit bayi, kita bisa melingdungi 'pelindung' kulit bayi.

Waktu yang paling tepat untuk melembabkan kulit bayi adalah setelah mandi. Hindari menggunakan produk yang cenderung mengandung lebih banyak air dan berbahan dasar alkohol karena keduanya bisa membuat kulit menjadi kering.

3 dari 4 halaman

Jangan menghilangkan bakteri

Ilustrasi Bayi Mandi © Diadona

Kulit memiliki mikrobioma, kumpulan mikroorganisme yang di dalamnya terdapat banyak bakteri yang hidup di kulit. Kenyataannya mikrobioma cukup normal dan memberikan beberapa manfaat pada kulit.

Keberadaan bakteri ini bisa membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan berpotensi melindungi bayi dari alergi. Jadi jagalah kebersihan bayi dengan sewajarnya aja ya, Moms!

4 dari 4 halaman

Perhatikan deterjen

ilustrasi bayi tidur © Diadona

Deterjen dalam sabun cuci bisa menyebabkan kulit bayi bereaksi. Deterjen secara langsung bisa merusak kulit yang mengakibatkan kulit kering hingga eksim.

Makanya sebaiknya kita membilas pakaian bayi berulang kali agar nggak ada sisa deterjen yang masih menempel pada pakaian. Pastikan untuk menjaga kebersihan pakaian bayi agar nggak mereka nggak mengalami masalah kulit.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar