Tips Siapkan Anak Hadapi Datang Bulan Pertamanya

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 20 Maret 2021 07:37
Tips Siapkan Anak Hadapi Datang Bulan Pertamanya
Yuk, ketahui apa yang harus disiapkan untuk bantu anak hadapi datang bulan pertama.

Masa pubertas adalah masa yang mungkin membingungkan bagi setiap anak. Saat mencapai fase itu, kita harus hadir mendampingi anak untuk melalui semuanya.

Bahkan banyak anak yang menghadapi masa-masa sulit dalam fase ini. Perubahan hormonal dan fisik bisa terasa sangat membebani bagi anak.

Sebagai ibu, banyak dari kita tentu berharap bisa menghadapi haid pertama dengan lebih siap. Untuk itu, akan lebih baik jika kita menyiapkan anak di masa haid pertama mereka.

Dengan begitu, anak akan lebih siap menjelang masa datang bulan pertama mereka. Dilansir dari Times of India berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan.

1 dari 4 halaman

Perhatikan usia anak

Ilustrasi Anak Perempuan © Diadona

Siklus haid normalnya dipengaruhi oleh banyak faktor seperti lingkungan, paparan bahan kimia, gen, berat badan dan kondisi medis. Kebanyakan anak perempuan mendapatkan menstruasi pertama di usia 12 sampai 14 tahun.

Tapi nggak usah khawatir jika anak memulainya terlalu dini atau lebih terlambat karena hal itu cukup normal. Haid umumnya dimulai sekitar dua tahun setelah payudara mulai berkembang.

2 dari 4 halaman

Bicarakan tentang periode menstruasi

Ilustrasi Ibu dan Remaja © Diadona

Periode menstruasi biasanya berlangsung selama tiga sampai tujuh hari. Tapi periode pertama biasanya nggak berlangsung selama itu.

Diperlukan beberapa bulan bagi tubuh anak untuk menyesuaikan diri dengan jadwal yang teratur. Selain itu, anak mungkin hanya akan mengalami bercak darah merah kecokelatan pada pengalaman pertama datang bulan.

3 dari 4 halaman

Gejala umum sebelum haid pertama

Ilustrasi Ibu dan Remaja © Diadona

Sebenarnya cukup sulit untuk memprediksi kapan si kecil akan mengalami datang bulan pertanya. Namun beberapa gejala berikut bisa membuat kita mengantisipasi haid pertama mereka.

1. Jerawat
2. Perut kembung
3. Nyeri di payudara
4. Nyeri punggung
5. Sembelit
6. Diare
7. Kelelahan
8 Merasa sangat emosional atau mudah tersinggung
8. Ngidam permen
9. Keputihan bening atau putih

4 dari 4 halaman

Yakinkan anak bahwa semuanya normal

ilustrasi ibu dan anak remaja © Diadona

Sudah menjadi kewajiban kita untuk mengajarkan akan menghadapi menstruasi pertama mereka. Selain membicarakan perubahan apa saja yang mereka hadapi, kita juga harus meyakinkan anak bahwa semua itu normal.

Menjawab semua kebingungan anak adalah hal yang bisa kita lakukan untuk menyiapkan mental mereka. Jangan lupa juga untuk menyiapkan perlengkapan menstruasi di dalam tas sekolah mereka jika hal itu datang secara tiba-tiba.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar