5 Jenis Cat untuk Dinding Lembab, Dijamin Langsung Bye-Bye Jamur Deh!

Reporter : Arifina
Rabu, 7 Februari 2024 16:17
5 Jenis Cat untuk Dinding Lembab, Dijamin Langsung Bye-Bye Jamur Deh!
Tembok lembab memang menjadi kurang estetik ya, atasi dengan pilihan berbagai jenis cat berikut saja!

Jenis cat untuk dinding lembab bisa menjadi referensi buat kamu yang tengah merenovasi rumah. Pemilihan cat dinding menjadi bagian terpenting untuk membuat tampilan rumah semakin terlihat menarik.

Dinding lembab seringkali menjadi masalah di banyak rumah, terutama di daerah dengan iklim yang cenderung basah atau di ruangan yang memiliki masalah sirkulasi udara. Kelembapan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, bau tidak sedap, dan kerusakan struktural pada dinding.

1 dari 8 halaman

Cara Mengecat Tembok © Diadona

Karena itulah, penggunaan cat yang tepat sangat bisa diandalkan untuk mengatasi dinding yang lembab. Saat ini telah banyak berbagai merek yang menjual cat dinding anti lembab.

Produk jenis cat anti lembab ini biasanya dirancang dengan berbagai fungsi untuk melindungi dinding. Seperti, mencegah pertumbuhan jamur dan lumut.

Cat jenis ini juga biasanya dapat meningkatkan daya tahan air. Sehingga, membuatnya dapat mencegah air meresap ke dalam tembok yang menjadi penyebab kelembababan.

2 dari 8 halaman

Tak hanya itu, cat ini juga bisa mencegah retak dan mengelupas. Bisa dikatakan, cat anti lembab memiliki tekstur yang lebih elastis dan tahan lama untuk mencegah kerusakan pada tembok.

Nah, jenis cat seperti apa sih untuk mengatasi dinding yang lembab? Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber buat jadi referensi kamu!

3 dari 8 halaman

Pilih Jenis Cat Anti-Jamur

Cat yang satu ini bisa dijadikan solusi mengatasi dinding lembab. Cat anti-jamur dirancang khusus untuk melawan pertumbuhan jamur dan bakteri pada permukaan dinding.

Cat ini biasanya mengandung bahan antimikroba yang mencegah spora jamur berkembang biak. Pilihan ini sangat efektif untuk dinding yang rentan terhadap kelembapan tinggi.

Pastikan jika kamu mendatangi toko bangunan untuk selalu memperhatikan apakah cat yang kamu pilih memiliki kelebihan anti-jamur ya.

4 dari 8 halaman

Cat Berbahan Dasar Akrilik

Jenis Cat untuk Dinding Lembab © Diadona

Jenis cat lainnya yang juga ampuh mengatasi dinding lembab bisa dilihat dari bahannya. Salah satunya, cat berbahan dasar akrilik.

Cat jenis ini memiliki daya tahan yang baik terhadap kelembapan. Akrilik membentuk lapisan yang rapat dan elastis, membuatnya cocok untuk dinding yang rentan terhadap perubahan suhu dan kelembapan.

Selain itu, cat ini juga cenderung cepat kering. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan pertumbuhan jamur pada dinding.

5 dari 8 halaman

Cat Jenis Latex

Jenis latex juga bisa menjadi pilihan cat untuk menghindari lembab pada dinding lho! Latex adalah bahan yang tahan terhadap air, sehingga cat berbahan dasar latex cocok untuk dinding lembab.

Cat ini dapat membentuk lapisan pelindung yang efektif terhadap kelembapan. Namun, juga tetap sambil tetap memungkinkan dinding memiliki celah untuk mencegah penumpukan uap air di dalamnya.

Cat berbahan dasar latex ini sudah banyak dijumpai di toko-toko ya.

6 dari 8 halaman

Pilih Bahan Dasar Epoxy

Cat epoxy juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dinding lembab di rumah nih! Umumnya, cat jenis ini digunakan untuk permukaan yang membutuhkan perlindungan ekstra terhadap kelembapan, seperti dinding di area kamar mandi atau dapur.

Epoxy dapay membentuk lapisan yang tahan terhadap air dan mudah dibersihkan. Sehingga, jenis cat ini pilihan yang pas untuk dinding yang sering terkena air.

Dengan pemilihan cat berbahan dasar epoxy, maka dinding di rumah tak lagi khawatir muncul bintik-bintik akibat lembab ya.

7 dari 8 halaman

Cat Bertekstur atau Coating Anti-Air

Ilustrasi Mengecat Tembok © Diadona

Pilihan lainnya yang bisa digunakan untuk memilih cat dinding adalah jenis yang berstektur atau coating anti-air. Ternyata, banyak produsen menawarkan cat bertekstur atau coating khusus ini karena memang dirancang untuk melindungi dinding dari kelembapan.

Coating anti-air dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap serangan air dan membantu mencegah kerusakan akibat penetrasi air.

Sehingga, penggunaan coating anti-air ini bisa kamu jadikan acuan saat memilih produk cat untuk dinding di rumah nih!

8 dari 8 halaman

Tips Mengatasi Dinding Lembab

Selain dari pemilihan jenis-jenis cat, ada beberapa tips mengatasi dinding lembab yang harus diperhatikan, di antaranya:

  • Selalu rutin cek ventilasi ruangan dan perbaiki jika ada kerusakan.
  • Gunakan dehumidifier untuk mengurangi tingkat kelembapan di ruangan.
  • Atasi kebocoran air yang terjadi di area dalam rumah.
  • Perhatikan juga tingkat kelembapan di ruangan dan seberapa sering dinding terpapar air.

Itulah jenis cat untuk dinding lembab yang bisa kamu jadikan referensi. Pastikan juga untuk mempersiapkan permukaan dinding dengan baik sebelum mengaplikasikan cat untuk memastikan hasil yang optimal.

Pemilihan cat yang tepat akan menjaga keindahan dinding dan melindungi rumah dari kelembapan. Tampilan rumah pun tetap terlihat cantik. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar