18 Cara Agar Kamar Tidak Pengap, Pastinya Bikin Betah deh

Reporter : Yoyok
Selasa, 6 Februari 2024 06:00
18 Cara Agar Kamar Tidak Pengap, Pastinya Bikin Betah deh
Kamar pastinya jadi spot favorit untuk menghabiskan waktu selama di rumah.

Banyak cara yang bisa kamu aplikasikan agar kamar tidak pengap. Seperti kita tahu, kamar merupakan salah satu spot favorit kebanyakan orang di rumah untuk berlama-lama menghabiskan waktunya. Entah itu untuk bekerja, rebahan seharian, atau olahraga sekalipun.

Tapi, apa kamu bakal betah berlama-lama di dalam kamar kalau suasananya pengap? Gak cuma gak enak buat kerja dan olahraga, kamar pengap juga bikin sesi rebahan seharianmu jadi tidak nyaman. Padahal, enak banget kan Diazens kalau lagi tidak ngapa-ngapain lalu main handphone saat berada di kamar? Bisa rebahan sampai berjam-jam tuh.

Tapi tenang Diazens, gak perlu bingung apalagi gundah gulana. Ada banyak cara agar kamar tidak berasa pengap yang tentunya bisa kamu coba aplikasikan. Penasaran? Yuk disimak ya guys.

1 dari 6 halaman

Bikin Lubang Ventilasi

Cara pertama yang bisa dicoba agar kamar tidak pengap adalah dengan membuat lubang ventilasi. Lubang ventilasi biasanya ada di atas pintu. Bukan untuk hiasan, luba ventilasi berfunsi sebagai jalur keluar masuk udara dari luar ke dalam. Membuat beberapa lubang ventilasi di kamar akan sangat berguna untuk menjaga sirkulasi udara.

Pasang Exhaust Fan

Cara Agar Kamar Tidak Pengap © Diadona

Selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan exhaust fan. Fyi, exhaust fan merupakan sebuah perangkat penyedot udara yang mampu menghilangkan bau ataupun kelembapan dalam ruangan. Sering kali kita menemukan exhaust dalam kamar mandi hotel. Exhaust fan akan sangat berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam kamar. Pastinya exhaust fan tidak akan memakan tempat karena posisinya berada di langit-langit.

Kipas Angin di Sudut Kamar

Memerhatikan posisi kipas angin juga bisa menjadi cara agar kamar tidak pengap lho Diazens. Posisikan kipas angin berada di sudut kamar. Atau, kamu juga bisa memasang kipas angin di plafon yang tentunya akan bikin seisi kamarmu terasa sejuk.

2 dari 6 halaman

Pintu Kamar Sering Dibuka

Cara Agar Kamar Tidak Pengap © Diadona

Berikutnya yaitu sering-sering membuka pintu kamar. Ketika sedang tidak berada di kamar, kamu bisa membiarkan pintu kamar terbuka lebar. Fungsinya yaitu agar udara yang masuk bergantian dengan yang ada dalam kamarmu. Apalagi kalau kamarmu tidak ada jendelanya, perlu banget nih untuk membuka lebar-lebar kamarmu.

Cat Kamar dengan Warna Terang

Cara selanjutnya agar kamar tidak pengap adalah dengan mengubah cat tembok dengan warna terang. Beberapa warna yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kamarmu adalah putih atau abu-abu terang.

Jangan Terlalu Banyak Barang

Salah satu faktor kamar jadi terasa pengap adalah terlalu banyak barang di dalamnya. Kita semua tahu kalau tidak semua barang yang berada di dalam kamar penting dan akan digunakan terus-terusan. Menumpuknya barang di dalam kamar hanya akan menambah kesan pengap.

3 dari 6 halaman

Perhatikan Luas Kamar

Jangan lupa untuk memerhatikan luas kamar. Jangan salah lho Diazens, luas kamar juga penting dalam nentukan seberapa pengap kamarmu nanti. Jika kamarmu tidak terlalu luas, maka hindari untuk memasukkan barang atau furnitur dengan dimensi terlalu besar. Tidak adanya barang berdimensi terlalu besar di kamarmu juga efektif membuat suasana jadi makin lega.

Organisir Barang dengan Cermat

Jika kamu cermat dalam mengorganisir barang di dalam kamar, maka ini bisa menjadi cara agar kamarmu menjadi tidak pengap. Kamu bisa menggunakan rak untuk sebagai tempat penyimpanan buku. Atau, sekedar mengembalikan barang ke tempat semula sudah menjadi bentuk kamu dalam mengorganisir benda-benda di kamarmu lho.

Taruh Tanaman Hijau Dalam Kamar

Cara Agar Kamar Tidak Pengap © Diadona

Tanaman sederhana berwarna hijau bisa banget lho menjadi cara agar kamar tidak terasa pengap. Tanaman hijau akan menghasilkan oksigen alami yang nantinya bakal membuat suasana kamar jadi lebih segar. Tapi, harus diingat, kamu juga perlu untuk memerhatikan jenis serta ukuran tanaman yang akan kamu taruh di dalam kamar ya.

4 dari 6 halaman

Pasang Plafon Kaca

Plafon kaca bisa banget bikin suasana kamar terasa lebih cerah dan tidak pengap. Dengan plafon kaca, sinar matahari akan langsung masuk ke dalam kamarmu dan tentu bakal bikin terang.

Memasang AC

Cara Agar Kamar Tidak Pengap © Diadona

AC menjadi benda elektronik ampuh yang bisa mengusir rasa pengap dalam kamar. Dengan hawa dingin yang dihasilkan AC, tentunya nanti kamarmu tidak akan terasa pengap lagi dan akan lebih sejuk.

Pakai Lampu Watt Rendah

Lampu menjadi elemen penting dalam kamar ketika sudah memasuki malam hari. Namun, lampu dengan watt yang cukup tinggi hanya akan membuat suasana kamar jadi terasa lebih panas. maka dari itu, pilihlah lampu dengan watt yang lebih kecil atau rendah. Selain tidak bikin kamar terasa pengap, kamu juga bisa hemat listrik lho.

5 dari 6 halaman

Gunakan Ubin Warna Putih

Seperti disebutkan sebelumnya, warna memiliki faktor penting dalam menentukan suasana dalam kamar. Warna putih memang cocok untuk membuat suasana kamar jadi lebih fresh atau segar. Selain itu, warna putih juga bisa memantulkan cahaya dari lampu. Selain tembok, kamu juga bisa mengaplikasikan warna putih pada ubin.

Pasang Cermin

Cara Agar Kamar Tidak Pengap © Diadona

Cara berikutnya agar kamar tidak lagi terasa pengap adalah dengan cermin. Sama seperti warna putih dalam furnitur, cermin juga memiliki fungsi untuk memantulkan cahaya dari lampu yang nantinya bakal bikin kamar terasa lebih terang dan segar. Tempatkan cermin di bagian kamar yang mudah mendapat cahaya.

Pilih Furnitur Ukuran Kecil

Pemilihan furnitur juga bisa menjadi faktor kamar menjadi pengap lho. Kamu cukup menggunakan furnitur yang berukuran sedang atau kecil di dalam kamar. Selain gak bikin pengap, furnitur berukuran kecil juga tidak bikin sesak ruangan.

6 dari 6 halaman

Jangan Merokok Dalam Kamar

Nah, buat para perokok, sebaiknya hindari untuk merokok di dalam kamar ya. Asap serta bau rokok hanya akan menambah suasana kamar jadi makin pengap. Apalagi asap rokok bisa mengubah warna cat dinding. Asap rokok biasanya akan membekas dan membuat adanya bercak kuning di tembok. Tentu nanti kamarmu akan terasa tidak nyaman lagi.

Gunakan Penyerap Bau

Cara Agar Kamar Tidak Pengap © Diadona

Seperti namanya, penyerap bau memiliki fungsi sama seperti exhaust fan. Exhaust fan memang tidak murah an pemasangannya juga butuh waktu. Dengan penyerap bau akan jadi jauh lebih murah dan mudah daripada exhaust fan.

Rajin Membersihkan Kamar

Cara terakhir agar kamarmu tidak terasa pengap lagi yaitu dengan rajin membesihkannya. Percuma saja jika seluruh tips di atas kamu lakukan tapi kenyataannya kamu jarang membersihkan kamar. Tidak perlu setiap hari, cukup lakukan tiga kali seminggu atau seminggu sekali.

Itu tadi beberapa cara agar kamarmu tidak terasa pengap. Selamat mencoba ya Diazens.

Beri Komentar