8 Desain Taman Toga Minimalis yang Estetik, Bikin Rumah Tampak Cantik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 28 Desember 2023 10:54
8 Desain Taman Toga Minimalis yang Estetik, Bikin Rumah Tampak Cantik
Selain memiliki berbagai manfaat, desain taman toga minimalis ini dapat mempercantik tampilan rumah.

Desain taman toga minimalis tidak hanya memberikan keindahan bagi rumah, tetapi bermanfaat bagi kesehatan. Alih-alih membuat taman dengan tanaman bunga, menanam tanaman toga di taman rumah menjadi opsi yang patut kamu coba juga, nih! Nggak harus memiliki space halaman luas, kamu dapat menyulap lahan kosong di samping atau di belakang rumah menjadi taman toga yang super cantik. 

Toga atau tanaman obat keluarga merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki beragam manfaat. Jenis tanaman toga ini antara lain seperti kunyit, kemangi, temulawak, lengkuas, sereh, dan banyak lagi tanaman herbal lainnya. Dengan memiliki tanaman toga sendiri di rumah, kamu tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membelinya. Kamu bisa kapan pun menikmati tanaman toga sebagai obat atau bumbu pelengkap masakan, loh! 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menanam tanaman toga di rumah? Tidak perlu khawatir terlihat kurang cantik. Dengan beberapa desain tanaman toga yang minimalis ini, kamu bisa membuatnya tampak eye-catching dan nggak kalah dengan tanaman hias lainnya.

Yuk, intip desain-desain tanaman toga minimalis yang sekaligus mempercantik tampilan rumah kamu.

1 dari 8 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Vertikal

Desain Taman Toga Minimalis © Diadona

Konsep taman toga minimalis vertikal saat ini memang sangat diminati oleh banyak kalangan. Gimana nggak? Dengan tatanan taman secara vertikal, kamu dapat menciptakan space hijau tanpa memakan ruang lantai. 

Konsep taman vertikal ini dapat kamu tempatkan di bagian mana pun rumah kamu, misalnya teras, balkon, atau bahkan ruangan dalam rumah. Hal ini akan membuat tampilan rumah tampak lebih hidup sekaligus bermanfaat, nih!

2 dari 8 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Pot Gantung

Desain Taman Toga Minimalis © Diadona

Pernah nggak kepikiran punya taman yang ciamik tetapi nggak perlu space yang luas? Nah, desain taman toga minimalis dengan pot gantung ini bisa jadi solusinya! Tanaman toga yang ditanam di pot-pot gantung ini dapat terlihat cantik untuk dipajang di depan rumah. 

Desain ini juga dapat menampung berbagai jenis tanaman toga yang dapat disusun rapi di setiap pot atau dapat disesuaikan dengan jenisnya. Selain itu, penggunaan pot-pot bata dapat menciptakan nuansa klasik dan tradisional.

3 dari 8 halaman

Desain Taman Toga Minimalis dengan Bata

Desain Taman Toga Minimalis © Diadona

Nyatanya taman dengan tanaman toga nggak kalah estetik loh dengan tanaman hias! Desain taman toga dengan susunan bata ini memberikan tampilan yang klasik dan tradisional, sehingga memberikan karakteristik pada taman toga kamu. 

Selain itu, penggunaan bata ini tidak hanya sebagai batas taman saja, tapi bisa jadi dinding untuk menopang tanaman-tanaman hijau yang tumbuh di sekelilingnya. Meskipun sederhana, desain taman toga satu ini memberikan kesan elegan yang nggak ribet.

4 dari 8 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Kayu Bersusun

Desain Taman Toga Minimalis © Diadona

Desain taman toga satu ini selain tampak saving place juga unik, loh! Konsepnya simpel tapi bikin taman jadi terlihat rapi dan modern. Kamu dapat menempatkan berbagai jenis tanaman toga pada setiap sisi kayu yang memiliki space cukup banyak. 

Tempat tanaman dengan model kayu bersusun ini nggak cuma buat tampilan halaman jadi cakep, tapi juga bikin tanaman jadi lebih tertata dan eye-catching. Jadi, buat kamu yang suka gaya minimalis dan bikin orang auto ngelirik, desain kayak gini bisa jadi pilihan yang oke banget.

5 dari 8 halaman

Desain Taman Toga Minimalis dengan Barang Bekas

Desain Taman Toga Minimalis © Diadona

Punya barang bekas yang kamu simpan di gudang rumah? Dari pada dibuang atau bikin penuh ruangan, yuk fungsikan menjadi sesuatu yang berguna. Salah satunya ini nih dijadikan sebagai pot atau tempat tanaman toga yang ciamik banget. 

Agar tampak lebih menarik, kamu bisa menatanya bersusun seperti pada gambar di atas, loh Diazens! Dengan hal ini, kamu bisa punya taman yang cantik tapi tetap hemat tempat dan bermanfaat buat lingkungan sekitar.

6 dari 8 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Rak Bambu

Desain Taman Toga Minimalis © Diadona

Nggak hanya tempat tanaman kayu saja yang bikin cantik tampilan taman toga kamu, material bambu juga nggak kalah, nih! Susunan bambu yang buat bersilang dengan pot-pot di setiap sisinya membuat tampilannya terlihat menarik dan juga kreatif. 

Desainnya yang simpel, rak bambu ini jadi wadah keren untuk ditanami berbagai tanaman toga kamu. Jadi, bayangin aja kamu punya taman yang nggak perlu luas-luasan tempatnya, tapi tetap bisa ditempati banyak tanaman.

7 dari 8 halaman

Desain Taman Toga Minimalis Tangga Miring

Desain Taman Toga Minimalis © Diadona

Nggak punya halaman yang luas untuk membuat taman toga di rumah? Desain yang satu ini bisa jadi solusi buat kamu, nih! Dengan desain taman toga tangga miring ini, kamu nggak perlu khawatir untuk menempatkannya di berbagai space di rumah kamu. 

Kamu dapat menempatkannya di samping rumah, di belakang, atau di bagian balkon rumah, loh! Selain itu, desain ini bisa bikin taman jadi terlihat lebih eye-catching, sekaligus memberikan kesan modern.

8 dari 8 halaman

Desain Taman Toga Minimalis dengan Bebatuan

Desain Taman Toga Minimalis © Diadona

Taman toga di halaman rumah kamu juga bisa kelihatan estetik dan cakep bangat, nggak kalah deh dengan taman tanaman hias. Kamu hanya perlu melakukan penataan yang tepat untuk taman toga kamu, salah satunya dengan desain taman satu ini, nih! 

Kamu bisa menggunakan bebatuan sebagai pembatas sisi tanaman sekaligus membuat tampilannya tampak estetik. Konsep desain yang simpel tapi bikin taman terlihat lebih alami dan menarik. 

Nah, itu dia beberapa desain taman toga minimalis yang bisa jadi referensi kamu untuk membuat taman toga yang cakep di rumah. Jadi udah tau kan kalau taman toga ini juga bisa jadi ruang hijau estetik dan cakep sekaligus bermanfaat buat kamu. 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar