Transjakarta Bakal Berlakukan Sistem Pembayaran QR Code Mulai Oktober Mendatang

Reporter : Nasa
Kamis, 6 Agustus 2020 08:31
Transjakarta Bakal Berlakukan Sistem Pembayaran QR Code Mulai Oktober Mendatang
Buat para pengguna Transjakarta simak baik-baik ya caranya.

Dalam rangka mengikuti tren pembayaran digital PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bakal berlakukan sistem pembayaran menggunakan QR Code mulai Oktober 2020 mendatang.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Sarjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, pihaknya sudap mempersiapkan terkait dengan sistem pembayaran baru tersebut.

"Transjakarta akan mengenalkan pembayaran QR Code pada Oktober nanti. We are QR Code ready," ujar Sardjono dilansir Antara, Kamis (6/8/2020).

1 dari 2 halaman

QR Code Diklaim Lebih Mudah

transjakarta © Diadona

Lebih lanjut, QR Code sendiri adalah kode matriks atau barcode dua dimensi yang berasal dari kata 'Quick Response'. Jadi bisa dibilang sistem tersebut dapat diuraikan dengan cepat.

QR Code sendiri dikembangkan oleh Denso Wave, yang merupakan sebuah perusahaan Jepang yang dipublikasikan sejak 1994 silam. Kemudian QR Code juga mampu menyimpan data secara horizontal maupun vertikal.

2 dari 2 halaman

Intergrasi Pembayaran

Masih menurut Sarjono, pembayaran QR Code termasuk dalam bagian integrasi pembayaran yang masih terus dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Integrasi pembayaran disebut menjadi kunci utama interasi tranportasi.

Kabarnya, selain Transjakarta, penyedia layanan umum transportasi lain yang menggunakan metode pembayaran QR Code adalah MRT Jakarta. Penggunaan QR Code tersebut bahkan sudah berlaku sejak Maret 2020 silam.

Nah untuk kamu yang biasanya menggunakan Transjakarta sebagai moda transportasi mending siap-siap download aplikasinya ya. Seneng deh jadinya udah gak perlu pakai kartu lagi.

Beri Komentar