11 Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set, Sederhana dan Minim Budget

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 15 Juni 2023 12:20
11 Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set, Sederhana dan Minim Budget
Tanpa kitchen set, desain dapur minimalis kamu tetap bisa menampung banyak barang dengan memanfaatkan bagian bawah meja dapur, rak dinding atau rak kayu yang sederhana dan cantik.

Desain dapur modern erat dikaitkan dengan keberadaan kitchen set. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa punya dapur yang minimalis tanpa punya kitchen set ya! Kamu bisa memaksimalkan fungsi penyimpanan di bagian bawah meja dapur, menggunakan rak vertikal atau ambalan dinding yang murah meriah.

Kitchen set nggak hanya sebagai tempat memasak, tapi juga menata dapur lebih rapi dan jadi kunci keindahan sebuah dapur. Kitchen set adalah perangkat penyimpanan peralatan dapur yang berfungsi untuk mendukung proses memasak secara keseluruhan.

Harga memang mahal, tapi sepadan dengan fungsi yang ditawarkan.

Namun jangan sedih dulu, dapurmu tetap bisa tampil menawan dan fungsional tanpa kitchen set kok. Aplikasikan tips berikut ini buat menata dapur sempit tanpa kitchen set ya!

  1. Manfaatkan dinding kosong sebagai tempat penyimpanan vertikal
  2. Untuk dapur di lahan sempit, aplikasikan meja dapur model L
  3. Beli troli dapur untuk menyimpan bahan atau peralatan yang kamu butuhkan. Troli yang dilengkapi dengan roda memudahkan kamu memindahkannya.
  4. Manfaatkan ruang di bawah meja dapur sebagai tempat penyimpanan.

Intip deh inspirasi desain dapur minimalis tanpa kitchen set yang Diadona kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini : 

 

1 dari 11 halaman

Dapur Luas Tanpa Kitchen Set

Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set © Diadona

Sebagai tempat penyimpanan vertikal, kamu bisa menggunakan rak dinding ambalan kayu. Pastikan rak tersebut cukup untuk menahan beban barang-barang tersebut ya!

Sementara itu perabotan lainnya bisa disimpan di bagian bawah meja dapur. 

Fyi nih, harga rak kayu tersebut ternyata murah meriah lho, mulai dari Rp. 15 ribu hingga Rp. 100 ribu tergantung ukuran dan kualitasnya. Pemasangannya juga mudah.

2 dari 11 halaman

Dapur Bergaya Natural Tanpa Kitchen Set

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Desain dapur minimalis berikut ini nampaknya terbuat dari porselen atau keramik biasa yang kemudian dilapisi dengan stiker bermotif kayu. Hasilnya, meja dapur seolah terbuat dari kayu solid. Dapur jadi terlihat cantik dengan nuansa alami yang hangat.

Perabotan dapur disimpan di bagian bawah meja. Selanjutnya ditutup dengan tirai agar tampak rapi. Pemilihan warna dan motif tirai juga disesuaikan dengan tema dapur agar lebih cantik!

Tertarik mendekor ulang dapur?

3 dari 11 halaman

Dapur Tanpa Kitchen Set dengan Rak Kayu

Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set © Diadona

Masih sama seperti desain dapur minimalis tanpa kitchen set sebelumnya yah yakni dengan memanfaatkan bagian bawah meja dapur lalu ditutup dengan terai. Untuk menambah ruang penyimpanan, kamu bisa menggunakan rak kayu solid sesuai dengan tema dapur.

Lalu agar barang-barang yang tersimpan tidak nampak berantakan, kamu bisa mengorganisirnya dalam box plastik berwarna netral. Dijamin deh, kecantikan dapur kamu akan meningkat pesat!

4 dari 11 halaman

Dapur Tanpa Kitchen dengan Box Penyimpanan di Bawah Meja

Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set © Diadona

Selain tirai, ruang penyimpanan di bawah meja dapur tetap bisa nampak minimalis dan rapi dengan cara mengorganizer barang. Misalnya, menggunakan box plastik transparan seperti foto di atas.

Box yang terletak di tumpukan bawah menggunakan bukaan depan sehingga mudah untuk mengambil barang. Sementara box bagian atas menggunakan bukaan bagian atas.

Dapur minimalis dengan penyimpanan model box demikian nggak cuman bikin dapur nampak bersih, tapi juga menghindarkan dari kotoran, debu dan binatang yang biasa bertamu di dapur.

5 dari 11 halaman

Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set Dua Warna

Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set © Diadona

Waran putih kerap digunakan sebagai warna dominan dapur untuk memberikan nuansa terang, lapang dan efek bersih. Padukan dengan warna kontras sebagai karakter pada ruangan.

6 dari 11 halaman

Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set di Lahan Sempit

Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set © Diadona

Dapur tanpa kitchen set dan di lahan sempit? Dapur minimalis di atas bisa jadi inspirasi nih.

Pertama, gunakan warna putih untuk dinding sebagai pemberi kesan luas dan lapang. Sementara itu, meja dapur berwarna coklat memberikan karakter hangat dan nyaman pada ruangan. Tambahkan dengan aksesoris gantung berwarna senada untuk mempermanis dapurmu.

Dan yup, rak di bawah meja dapur memainkan peran penyimpanan yang sangat penting untuk dapur minimalis tanpa kitchen set berikut.

7 dari 11 halaman

Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set Sederhana

Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set © Diadona

Desain dapur minimalis tanpa kitchen set di atas diperuntukkan buat kamu yang punya dapur mini. Biar tak terlihat berantakan walau punya banyak barang, pilih perabotan dengan warna senada.

8 dari 11 halaman

Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set Bentuk L

Desain Dapur Kecil © Diadona

Kamu nggak harus menggunakan tirai berelombang untuk menutupi tempat penyimpanan di bagian bawah meja dapur lho! Sebagai inspirasi, gunakan kain crinkle seperti foto di atas yang sesuai dengan tema dapur.

9 dari 11 halaman

 Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Selain warna netral, kamu juga bisa menggunakan warna-warna favorit kamu untuk mempercantik ruangan. Gunakan satu warna dalam proporsi yang pas misalnya pada peralatan masak atau lemari penyimpanan barang

Gunakan troli dapur untuk menyimpan barang-barang yang kerap kamu butuhkan. Troli yang dilengkapi dengan roda memudahkan kamu memindahnya kemana saja ketika dibutuhkan.

10 dari 11 halaman

Desain Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set © Diadona

Dapur warna putih dengan keramik mengkilap akan memantulkan cahaya yang diterima, sehingga membuat ruangan jadi lebih terang dan nampak luas. Namun tak ada salahnya memasang keramik bermotif seperti pada foto di atas sebagai fokus mata.

11 dari 11 halaman

Dapur Minimalis Tanpa Kitchen Set dengan Rak Kayu

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Desain dapur minimalis tanpa kitchen set di atas menggunakan tiga macam rak sebagai ruang penyimpanan. Nggak cuman fungsional, tapi juga cantik!

Untuk rak terbuka, lengkapi dengan box berwarna putih yang senada dengan perabot lainnya. Box organizer barang akan membuat rak nampak rapi dan juga estetik.

Selanjutnya, rak laci tertutup yang cocok untuk menyimpan stok bahan makanan. Rak tertutup akan menghindarkan bahan makanan dari kotoran, debu dan serangga.

Yang terakhir adalah rak besi untuk menyimpan perabotan, dibiarkan terbuka agar mudah menemukan barang. Sangat menginspirasi bukan?

Desain dapur minimalis tanpa kitchen set di atas semoga bisa menginspirasi kamu buat menata dapur on budget!

Beri Komentar