Tata Cara Ganti Kursi di KAI Access, Gak Ribet Sama Sekali!

Reporter : Yoyok
Kamis, 22 Februari 2024 13:41
Tata Cara Ganti Kursi di KAI Access, Gak Ribet Sama Sekali!
Caranya serba online jadi kamu tidak perlu datang ke stasiun terdekat.

Banyak yang bingung untuk mencari cara ganti kursi di KAI Access yang merasa salah pilih. Kejadian ini pasti sering terjadi setiap harinya. Untuk kamu yang selalu memanfaatkan kereta api melalui KAI Access sebagai transportasi utama, pasti pernah mengalaminya.

Kereta api telah menjadi salah satu moda transportasi umum favorit banyak orang saat ini. Padahal, dulu kereta api memiliki stigma yang buruk lho, seperti selalu penuh, kumuh, tidak aman, banyak pedagang lalu lalang, pokoknya bukan transportasi yang nyaman deh.

KAI sebagai institusi yang menaungi kereta api di Indonesia pun berbenah. Kini, kereta api jauh lebih nyaman dan aman. Tiap gerbong selalu bersih dan terjamin keamanannya. Memesan tiket pun juga tidak perlu datang ke stasiun seperti zaman dulu.

KAI telah memiliki aplikasi sendiri di mana orang-orang dapat memesan tiket secara online. Aplikasi bernama KAI Access tersebut bisa kamu download di Play Store maupun App Store. Bahkan, lewat KAI Access, kamu juga bisa ganti kursi lho. Penasaran? Berikut ini adalah tata cara ganti kursi di KAI Access, gampang dan gak pake ribet.

1 dari 3 halaman

Emang Bisa Ganti Kursi di Kereta Api?

cara ganti kursi di kai access © Diadona

Sebelum membahas tata caranya, pasti banyak yang bertanya-tanya apakah boleh ganti kursi saat naik kereta api? Pada prakteknya, banyak penumpang yang tiba-tiba meminta ganti atau tukeran kursi karena berbagai alasan. Tentu hal ini akan mengganggu kenyamanan sesama penumpang. Padahal, ada aturan dan prosedur buat kamu yang ingin mengganti kursi, bahkan bisa dilakukan jauh-jauh hari lho.

Tapi, sebenarnya boleh gak sih ganti kursi di kereta api? Jawabannya adalah boleh. Namun, tidak bisa sembarangan alias ada prosedur yang harus dilalui. Bahkan, ada biaya tersendiri jika penumpang ingin ganti kursi.

Kamu bisa mengajukan permohonan ganti kursi di stasiun kereta api yang sudah dipilih. Berikut ini adalah beberapa syarat jika kamu ingin mengganti kursi kereta api:

- Pindah kursi bisa dengan perubahan di loket, terdapat tambahan biaya sebesar 25% dari harga tiket, selama kursi yang diinginkan masih tersedia.

- Penggantian kursi dapat dilakukan paling lambat 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

- Ketika mengajukan penggantian kursi, harap membawa e-tiket dan kartu identitas asli kalian seperti ( KTP, paspor, atau SIM)

2 dari 3 halaman

Cara Ganti Kursi di KAI Access

cara ganti kursi di kai access © Diadona

Nah, tata cara di atas merupakan prosedur permohonan penggantian kursi secara offline alias datang langsung ke stasiun. Padahal, ada cara yang lebih simple gk pake ribet yang bisa dilakukan lho. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi KAI Access. Berikut ini adalah cara ganti kursi di aplikasi KAI Access:

1. Buka aplikasi KAI Access di smartphone. Pastikan kamu sudah login dengan akun sendiri.
2. Pilih menu “ Tiket Saya” di halaman utama aplikasi. Nanti kamu akan melihat daftar tiket kereta api yang sudah dipesan.
3. Pilih tiket kereta api yang ingin diganti kursinya. Kamu akan melihat detail pemesanan, termasuk nomor kursimu saat ini.
4. Pilih opsi “ Ganti Kursi” di bagian bawah layar. Nanti kamu akan diarahkan ke halaman pilihan kursi.
5. Pilih kursi yang diinginkan dengan mengkliknya. Kamu bisa melihat ketersediaan kursi dengan warna hijau (tersedia), merah (terisi), atau abu-abu (tidak tersedia).
6. Setelah memilih kursi, pilih opsi “ Konfirmasi” di bagian bawah layar. Kamu akan diminta untuk memasukkan PIN Anda untuk mengonfirmasi perubahan kursi.
7. Setelah berhasil, kamu akan melihat notifikasi bahwa kursimu sudah berhasil diganti. Kamu juga bisa melihat nomor kursi yang baru dipilih di detail pemesanan.

Sama dengan cara offline, ganti kursi via KAI Access juga dikenakan biaya administrasi sebesar 25 persen.

3 dari 3 halaman

Tips Memilih Tiket Kereta Api

cara ganti kursi di kai access © Diadona

Banyak orang yang mengajukan untuk ganti kursi karena merasa tidak nyaman atau salah dengan spotnya yang sudah dipilih. Berikut ini ada beberapa tips dalam milih tiket kereta api yang bisa Diazens lakukan.

- Pesan Jauh-Jauh Hari

Salah satu tips terbaik agar mendapatkan kursi yang paling the best adalah dengan memesannya jauh-jauh hari. Jika kamu memesan jauh-jauh hari, maka kamu bisa memilih sesuka hati kursi mana yang ingin dibeli. Tentu saja akan lebih banyak kursi kereta api yang tersedia.

- Pesan via Online

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, kamu bisa memesan tiket kereta api via online kapan pun dan di mana pun. Hal ini tentu saja akan memudahkanmu untuk pesan tiket jauh-jauh hari tanpa perlu ke stasiun terlebih dahulu.

- Pilih di Bagian Depan

Salah satu bagian kereta api yang paling stabil adalah di bagian depan. Jika Diazens ragu akan kenyamanan, maka sebaiknya pilih di gerbong paling depan.

- Pilih Tipe Kereta yang Tepat

Beberapa kereta memiliki susunan atau tatanan kursi yang berbeda-beda. Ada yang nyaman banget, tapi ada juga yang tidak. Maka dari itu, lakukan riset terlebih dahulu sebelum memilikh kereta, seperti membaca ulasan atau melihat skema kursinya.

- Hindari Dekat Kamar Mandi dan Dapur

Selanjutnya yaitu hindari memilih kursi di dekat kamar mandi atau dapur. Spot-spot tersebut akan cenderung lebih bising dan kurang nyaman. bahkan, bisa saja kursi dekat kamar mandi memiliki bau yang kurang sedap.

- Pilih di Sebelah Jendela

Kursi di sebelah jendela akan membuat penumpang lebih nyaman karena dapat melihat pemandangan. Tidak heran jika kursi sebelah jendela menjadi tiket favorit banyak orang.

Itu tadi cara mengganti kursi kereta api di KAI Access. Selamat mencoba ya Diazens.

Beri Komentar