11 Cara Menjaga Suhu HP Tetap Dingin, Gampang dan Gak Ribet Sama Sekali

Reporter : Yoyok
Selasa, 20 Februari 2024 16:08
11 Cara Menjaga Suhu HP Tetap Dingin, Gampang dan Gak Ribet Sama Sekali
Cocok nih buat kamu yang sering banget HP-nya cepat panas.

Handphone atau yang disingkat dengan HP sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. dengan HP, kamu bisa bekerja, memesan makanan, hingga order ojek online. Kehidupan kita jadi lebih praktis dengan adanya HP. Kamu juga bisa bersantai dengan menonton film lewat HP hingga scroll-scroll media sosial.

Namun, dengan fungsinya yang masih dan penggunaannya yang lama membuat gadget satu ini cepat panas. Namanya juga elektronik, jika dipakai terus menerus makan akan panas dengan sendirinya. Sering kali problem HP panas ini bikin banyak orang tidak nyaman.

Selaingak nyaman, HP panas terus-menerus juga bisa bikin rusak lho. namun, ada beberapa cara biar HP tidak cepat panas. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga suhu HP tetap dingin yang bisa banget kamu praktekkan. Yuk kita simak guys.

1 dari 6 halaman

Minimalisir Penggunaan Daya

Cara pertama menjaga suhu HP tetap dingin yaitu dengan meminimalisir penggunaan daya. Kamu bisa menggunakan mode hemat baterai yang sudah ada di berbagai mereka HP zaman sekarang. Walaupun nanti fungsinya tidak optimal, tapi HP-mu tidak akan cepat panas lho.

Cara Menjaga Suhu HP Tetap Dingin © Diadona

Lepas Casing HP

Cara selanjutnya yaitu melepas casing HP. Casing bisa banget jadi penghambat aliran udara yang membuat panas terperangkap di sekitar HP. Dengan melepasnya, akan ada udara segar yang masuk ke dalam HP dan membantu proses pendinginan.

2 dari 6 halaman

Letakkan HP di Lantai

Cara menjaga suhu HP tetap dingin selanjutnya yaitu dengan meletakkannya di lantai keramik. Lantai keramik yang dingin akan membuat suhu HP panas jadi menurun. Letakkan HP di lantai selama 5-10 menit.

Cara Menjaga Suhu HP Tetap Dingin © Diadona

Pakai Fan Cooler

Fan cooler untuk HP juga bisa menjadi solusi untuk menjaga suhunya tetap dingin. Fan cooler cocok banget buat kamu yang suka menghabiskan waktu bermain game di HP. Aksesoris HP satu ini efektif dalam menurunkan suhu panas pada HP.

3 dari 6 halaman

Matikan HP

Mematikan HP bisa menjadi cara tepa untuk menjaga suhu HP tetap dingin. Jika HP-mu dirasa sudah sangat panas, maka tidak salah untuk memutuskan menonaktifkannya. Mematikannya juga akan memberikan kesempatan HP untuk enurunkan suhu lebih cepat karena tidak adanya aktivitas yang dilakukan.

Cara Menjaga Suhu HP Tetap Dingin © Diadona

Jangan di-Charge

Hindari atau jangan mengisi baterai HP saat sedang panas. Tidak hanya akan membuat HP makin panas, proses pengisian baterai juga jadi tidak maksimal. jadi, jika ingin nge-charge, biarkan HP terlebih dulu agar suhunya menurun.

4 dari 6 halaman

Hapus Aplikasi yang Berat

Salah satu faktor HP cepat panas adalah karena aktifnya berbagai aplikasi yang terbilang berat. HP jadi akan bekerja lebih ekstra saat aplikasi tersebut dijalankan. Salah satu cara menjaga suhu HP tetap dingin adalah dengan menghapus aplikasi berat yang tidak digunakan.

Cara Menjaga Suhu HP Tetap Dingin © Diadona

Matikan Settingan yang tidak Perlu

banyak pengguna HP lupa mematikan settingan yang sebelumnya sempat digunakan. Contohnya seperti GPS, bluetooth, wifi, hotspot, atau bahkan senter. Hal ini bisa bikin suhu HP cepat panas.

5 dari 6 halaman

Selalu Update Aplikasi

Update aplikasi sama dengan memperbarui sistem agar kerjanya lebih optimal. Mengoptimalkan aplikasi juga akan membuat penggunaan baterai HP jadi makin sedikit. Update aplikasi pun akan membuat kemungkinan HP panas jadi makin kecil.

Cara Menjaga Suhu HP Tetap Dingin © Diadona

Ganti Kabel Charger

Kabel charger juga bisa menjadi faktor HP cepat panas lho. Jika kabel yang digunakan tidak ori atau kualitasnya buruk, tidak hanya proses pengisian saja yang akan makin lambat, namun juga suhu HP bisa meningkat drastis karena kabel charger yang buruk. Maka dari itu, segeran ganti kabel charger jika sudah begini.

6 dari 6 halaman

Hindari Terpapar Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari bisa banget bisa menjadi HP cepat panas. Maka dari itu, hindari HP dari terkena sinar matahari langsung. Jangan letakkan HP di tempat di mana sinar matahari berada. Kamu gak mau kan HP kesayangan auto " terpanggang" karena terkena sina matahari langsung.

Cara Menjaga Suhu HP Tetap Dingin © Diadona

Itulah beberapa cara yang mampu menjaga suhu HP tetap dingin. Selama mencoba ya Diazens.

Beri Komentar