Cara Buka File ZIP di Laptop dan Handphone Tanpa Ribet dan Gak Pake Lama

Reporter : Yoyok
Rabu, 21 Februari 2024 13:40
Cara Buka File ZIP di Laptop dan Handphone Tanpa Ribet dan Gak Pake Lama
Buat kamu yang kesusahan membuka file ZIP, cocok banget nih buat kamu.

Buat kamu yng kerja kantoran atau sedang kuliah, pasti sudah tidak asing dengan file ZIP. ZIP merupakan format file yang sering digunakan untuk mengkompres banyak dokumen menjadi satu. File ZIP tentu membuat banyak pekerjaan menjadi mudah karena tidak perlu mengirim banyak file.

Namun, tidak sedikit orang-orang yang masih bingung dengan file ZIP. Formatnya yang tidak biasa sering kali bikin bingung banyak orang, terutama mereka yang tidak familiar dengan pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Banyak yang kesusahan membuka file ZIP.

Padahal, membuka file ZIP itu gampang banget lho Diazens. Apalagi, komputer dan laptop sekarang sudah memiliki sistem tersendiri untuk membuka file ZIP. File ZIP juga bisa dibuka di handphone lho. Berikut ini adalah deretan cara membuka file ZIP di laptop maupun handphone.

1 dari 6 halaman

Apa Itu File ZIP?

Cara Buka File ZIP di Laptop © Diadona

Sebelum lebih jauh membahas cara membuka file ZIp di laptop maupun handphone, sebaiknya kita ketahui dulu apa itu file ZIP. ZIP merupakan standar kompresi data atau dokumen hingga menjadi satu file. Kreator dari Zip merupakan seorang programmer asal Amerika Serika bernama Phil Katz.

Fungsi dari ZIP tidak hanya untuk menjadikan banyak file jadi satu lho. Dalam penerapannya, file ZIp juga bisa digunakan untuk men-download software, dokumen, bahkan video panjang sekalipun. ZIp juga mampu membagi-bagi file dengan ukuran yang besar sehingga dapat menghemat kapasitas hingga 80 persen.

Banyak orang yang mengira jika file ZIP dan RAR itu sama, padahal berbeda. Fungis dan pengertian dari kedua jenis file ini sudah berbeda lho. Fyi, RAR merupakan singkatan dari Roshal Archive yang digunakan untuk menyimpan satu atau lebih jenis file dalam sebuah wadah.

2 dari 6 halaman

Cara Membuka File ZIP di Laptop Windows

Cara Buka File ZIP di Laptop © Diadona

Cara membuka file di laptop Windows cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa Diazens coba. Untuk kamu pengguna Windows 10 ke atas, terdapat sistem bawaan yang memudahkanmu untuk membuka file ZIP. Kamu tinggal klik kanan pada file ZIP yang ingin dibuka, lalu klik Extract Files, kemudian tidak berlangsung lama file ZIP akan terbuka.

Untuk yang masih menggunakan Windows 10 ke bawah, kamu memerlukan software pihak ketiga untuk membuka file ZIP. Contohnya yaitu WinRAR, WinZip, dan 7-Zip. Pertam-tama, instal dulu salah satu software tersebut di laptop, jika sudah klik kanan pada file ZIP yang ingin dibuka, pilih opsi Extract, lalu ikuti petunjuk dari software tersebut. Nantinya file ZIP yang kamu pilih akan terbuka.

3 dari 6 halaman

Cara Membuka File ZIP di Laptop macOS

Cara Buka File ZIP di Laptop © Diadona

Cara membuka file ZIP di macOS malah lebih gampang lho Diazens. Seperti halnya Windows 0 ke atas, kamu tidak perlu menggunakan software pihak ketiga. Caranya pun kamu tinggal klik dua kali file ZIP yang ingin dibuka. Nanti, file ZIP tersebut akan terbuka secara otomatis setelah diklik dua kali.

Walaupun bisa semudah dan seotomatis itu, kamu juga bisa menggunakan software tersendiri di macOS. Kamu bisa menggunakan The Unarchiver atau Keka untuk membuka file ZIP di macOS.

4 dari 6 halaman

Cara Membuka File ZIP di Laptop Linux

Cara Buka File ZIP di Laptop © Diadona

Nah, cara membuka file ZIP di laptop dengan OS Linux berbeda lagi Diazens. Malahan, caranya lebih ribet dan teknis banget lho. Kamu mungkin akan merasa seperti seorang prgrammer beneran karena untuk membuka file ZIP di Linux, kamu perlu menggunakan perintah terminal terlebih dahulu.

Caranya yaitu dengan menggunakan perintah terminal seperti " unzip file.zip" untuk mengekstraknya. Jika perlu, kamu dapat menginstal utilitas ZIP tambahan dengan perintah seperti " sudo apt install unzip" (untuk distribusi berbasis Debian/Ubuntu) atau " sudo yum install unzip" (untuk distribusi berbasis Fedora/RHEL).

5 dari 6 halaman

Cara Membuka File ZIP di Handphone Android

Cara Buka File ZIP di Laptop © Diadona

Ada dua cara membuka file ZIP di handphone Android. Yang pertama dengan File Manager, dan kedua yaitu menggunakan aplikasi ekstraksi. Berikut ini adalah cara membuka file ZIP di handphone Android dengan File Manager:

1. Buka aplikasi File Manager bawaan atau unduh dan instal aplikasi File Manager dari Google Play Store jika belum ada.
2. Temukan file ZIP yang ingin kamu buka dalam file manager.
3. Ketuk atau tahan file ZIP tersebut hingga muncul opsi.
4. Pilih opsi " Ekstrak" atau " Unzip" dari menu yang muncul.
5. File ZIP akan diekstrak dan kontennya akan muncul dalam direktori yang sama.

Berikut ini adalah cara membuka file ZIP dengan aplikasi ekstraksi:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android.
2. Cari dan instal aplikasi pengarsipan seperti " ZArchiver," " RAR," atau " WinZip."
3. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut.
4. Telusuri file ZIP yang ingin dibuka dan klik untuk membukanya.
5. Di dalam aplikasi pengarsipan, kamu dapat melihat dan mengekstrak kontennya.

6 dari 6 halaman

Cara Membuka File Zip di iPhone

Cara Buka File ZIP di Laptop © Diadona

Untuk iPhone, cara membuka file ZIP malah lebih mudah lho. iPhone memiliki sistem tersendiri untuk membuka file ZIP. Berikut ini adalah cara membuka file ZIP di iPhone:

1. Unduh file ZIP ke perangkat iPhone.
2. Buka aplikasi Files, dan temukan file ZIP di lokasi penyimpanannya.
3. Klik file ZIP untuk membukanya. Isinya akan ditampilkan di dalam folder ZIP tersebut.

Gimana Diazens? Gampang banget kan mengikuti step by step cara membuka file ZIP di laptop maupun handphone? Selamat mencoba ya.

Beri Komentar