14 Dekorasi Rumah Subsidi yang Estetik, Bikin Ruangan Terlihat Luas dan Minim Budget

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 27 Maret 2024 11:53
14 Dekorasi Rumah Subsidi yang Estetik, Bikin Ruangan Terlihat Luas dan Minim Budget
Dengan mempertimbangkan budget yang terbatas, berikut ini inspirasi dekorasi rumah subsidi

Rumah subsidi adalah pilihan yang tepat memiliki rumah dengan harga murah. Namun tentu saja, ada beberapa kondisi yang harus dihadapi misalnya lokasi yang jauh dari pusat keramaian, ukuran yang terbatas, hingga desain yang sederhana. Untuk meningkatkan kenyamanan dan fungsinya, banyak pemilik yang melakukan renovasi dekorasi rumah subsidi.

Perlu diketahui kalau terdapat aturan dalam melakukan renovasi rumah subsidi, yakni :
hanya boleh melakukan renovasi ringan, antara lain :

  • Mengganti atap, lantai, dan dinding
  • Memasang keramik, granit, atau marmer
  • Memasang kusen, jendela, dan pintu
  • Memasang instalasi listrik dan air
  • Membangun dapur, kamar mandi, atau garasi

Renovasi rumah subsidi juga tidak boleh mengubah fasad rumah, seperti :

  • mengubah bentuk atap
  • mengubah bentu pintu dan jendela
  • mengucah cat rumah

Namun bila kredit sudah berjalan lebih dari lima tahun, renovasi besar rumah dubsidi baru boleh dilakukan.

Nah, karena rumah subsidi diperuntukkan bagi kalangan dengan budget terbatas, maka sebagian besar renovasi dilakukan dengan mempertimbangkan biaya. Diadona punya sederet inspirasi dekorasi rumah subsidi yang ekonomis tapi tetap estetik, nyaman dan fungsional di deretan foto berikut ini : 

1 dari 15 halaman

Dekorasi Ruang Tamu di Teras Perumahan Rumah Subsidi © Diadona©via Homeshabby.com

Dekorasi Ruang Tamu di Teras Perumahan Rumah Subsidi

Rumah di perumahan subsidi tak cukup luas untuk menyediakan seluruh ruangan bagi kebutuhan dan kenyamanan keluarga? Nah, kamu bisa memanfaatkan seluruh lahan semaksimal mungkin, salah satunya dengan menempatkan ruang tamu di teras rumah.

Nggak hanya itu, memfungsikan teras sebagai ruang tamu juga cocok untuk kamu yang ingin menjadikan rumah sebagai area yang benar-benar privat. Dengan membuat ruang tamu di teras perumahan saat melakukan dekorasi rumah subsidi, area dalam rumah jadi lebih lega sehingga bisa kamu manfaatkan sebagai ruang lainnya

2 dari 15 halaman

Desain Teras dan Cat Rumah Subsidi © Diadona©Pinterest.com

Desain Teras dan Cat Rumah Subsidi

Tampak depan rumah subsidi umumnya memiliki tampilan yang sederhana. Untuk membuatnya menarik dan menawan serta mampu mengekspresikan karakter pemilik rumah, pilih cat luar ruangan yang sesuai. Selain itu tambah dengan tanaman yang diletakkan di dalam pot estetik.

3 dari 15 halaman

 Dekorasi Tampak Depan Rumah Subsidi © Diadona© 2024 instagram.com

Dekorasi Tampak Depan Rumah Subsidi

Rumah subsidi pun juga bisa memiliki tampilan yang cantik walau direnovasi dengan budget terbatas, kuncinya adalah memilih desain yang tepat. Desain yang tepat ini termasuk di antaranya model jendela, pintu, cat depan rumah, hingga kanopi.

4 dari 15 halaman

 Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Rumah Subsidi © Diadona©pinterest.com

Dekorasi Ruang Tamu Rumah Subsidi

Sama seperti bagian rumah lainnya, bagian ruang tamu rumah subsidi memiliki ukuran yang tak begitu besar. Maka pastikan hanya memilih furniture yang tepat, misalnya kursi untuk ruang tamu kecil antara lain :

  • kursi ottoman
  • kursi 2 seater
  • kursi berdesain scandinavian
  • sofa memanjang

5 dari 15 halaman

Dekorasi Interior Rumah Subsidi © Diadona©Pinterest.com

Dekorasi Interior Rumah Subsidi

Bagian dalam rumah subsidi memiliki ukuran yang sempit. Untuk membuatnya terasa luas dan lapang, pilih cat dinding serta furniture berwarna putih. 

Waran putih punya kemampuan memantulkan cahaya dengan baik. Ketika cahaya memantul dari dinding dan furnitur putih, ruangan jadi terasa lebih terang dan terbuka sehingga ngasih kesan luas dan besar pada ruangan.

6 dari 15 halaman

Dekorasi Interior Rumah Subsidi Minimalis © Diadona©Pinterest.com

Tak ada sentuhan yang berarti dalam desain interior rumah subsidi berikut ini, kecuali penggunaan lampu gantung yang ngasih cahaya cahaya hangat dan menambah estetik dalam ruangan.

FYI nih, pencahayaan bisa menciptakan mood dan atmosfer yang berbeda dalam sebuah ruangan, lho. Pencahayaan yang hangat dan lembut seperti lampu-lampu kuning dalam dekorasi rumah subsidi di atas dapat menciptakan suasana yang hangat dan nyaman.

7 dari 15 halaman

Dekorasi Interior Rumah Subsidi © Diadona©Pinterest.com

Meletakkan cermin dalam rumah yang sempit udah diketahui banget bisa bikin ruangan terlihat lebih luas. Beberapa alasan kenapa cermin cocok banget sebagai elemen dekoratif dalam dekorasi rumah subsidi, yakni :

Menciptakan kedalaman visual : Cermin menciptakan kedalaman visual dengan memantulkan gambaran ruangan. Saat ditempatkan dengan tepat, cermin bisa ngasih ilusi tentang ruang yang lebih dalam, lalu muncullah kesan kalau ruangan lebih luas dari yang sebenernya.

Memantulkan cahaya : Cermin mampu memantulkan cahaya yang ada dalam ruangan, baik cahaya alami maupun lampu. Sehingga keberadaannya mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih terang dan terbuka, lalu selanjutnya  menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar.

Menyebarkan cahaya : Nggak cuman memantulkan cahaya, cermin juga menyebarkan cahaya ke sleuruh ruangan. Ini membantu mengurangi bayangan gelap dalam ruangan trus  menciptakan pencahayaan yang merata, sehingga ruangan dalam rumah subsidi jadi terlihat lebih terang dan terbuka.

 

8 dari 15 halaman

Dekorasi Ruang Makan dan Ruang Keluarga Rumah Subsidi © Diadona© 2024 Pinterest.com

Dekorasi Ruang Makan dan Ruang Keluarga Rumah Subsidi

Salah satu tips dekorasi rumah subsidi untuk menciptakan kesan ruangan lebih luas yakni dengan mengadopsi konsep open space di mana ruangan tidak memiliki sekat. Karena nggak ada penghalan fisik buat visual kita, maka ruangan jadi terkesan lebih luas dan terbuka.

Nah pada dekorasi rumah subsidi berikut ini hanya ada sekat tembok sedikit saja untuk memisahkan sedikit area dapur agar lebih private. Yang unik adalah keberadan meja makan yang berada di tengah ruangan, sehingga bisa digunakan dari kedua sisi ruangan.

9 dari 15 halaman

Dekorasi Kamar Tidur Rumah Subsidi © Diadona©Pinterest.com

Dekorasi Kamar Tidur Rumah Subsidi

Bagian kolong kasur memang bisa kamu manfaatkan sebagai ruang penyimpanan yang berharga banget, terutama pada rumah subsidi yang punay ruang terbatas. Namun tanpa kolong, kamar tidur jadi terlihat solid dan kokoh yang pada akhirnya dapat membantu menciptakan kesan keseimbangan visual dalam ruangan yang sempit.

Dekorasi Kamar Remaja di Rumah Subsidi © Diadona© 2024 Pinterest.com

Dekorasi Kamar Remaja di Rumah Subsidi

Kamar tidur rumah subsidi memang sempit, maka manfaatkan setiap celah dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dalam dekorasi kamar berikut ini di mana penyimpanan vertikal dimaksimalkan, mulai dari penggunaan rak dinding, hingga gantungan tas di pintu kamar.

10 dari 15 halaman

Dekorasi Dapur Rumah Subsidi © Diadona© 2024 instagram.com

Dekorasi Dapur Rumah Subsidi

Rumah subsidi umumnya dibangun tanpa dapur sehingga pemilik mau tak mau harus membangun dapur senidir. Nah, manfaatkan momen in dengan mendekorasi dapur minimalis yang cantik. Walau sempit, maksimalkan setiap ruang, gunakan desain yang apik walau tidak mahal.

11 dari 15 halaman

Dekorasi Rumah Subsidi Tipe 36 Bagian Dapur © Diadona©pinterest.com/bjorksapar/

Renovasi Rumah Subsidi Tipe 36 Bagian Dapur

Berikut ini adalah foto before dan after renovasi dapur rumah subsidi. Terlihat mewah, bukan?

Membangun dapur yang mewha namun dnegan budget yang terbatas memang membutuhkan kreativitas dan perencanaan yang tepat. Berikut ini beberapa tips untuk mencipatakan tampilan dapur yang mewah di dekorasi rumah subsidi walau dengan budget yang terbatas :

Perencanaan yang Matang : Membangun dapur yang terlihat mewah dengan anggaran yang terbatas membutuhkan kreativitas dan perencanaan yang cermat. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mencapai tampilan mewah dalam dapur dengan budget yang minim:

Pilih Material yang Terjangkau Tetapi Berkualitas: Pilihlah material yang terjangkau tetapi tetap memberikan tampilan mewah. Misalnya, pilih countertops granit buatan yang lebih murah daripada granit alami, tetapi masih ngasih tampilan yang elegan.

Cat dan Pencahayaan yang Tepat: Penggunaan cat yang cerdas dan pencahayaan yang tepat bisa mengubah tampilan dapur secara signifikan, lho! Pilih cat warna putih atau abu-abu untuk menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan mewah. 

12 dari 15 halaman

Dekorasi Dapur Sederhana Rumah Subsidi © Diadona©Pinterest.com

Lahan serta budget yang terbatas pada rumah subsidi kadang mau tak mau memaksa kamu harus puas dengan dapur sempit yang memanjang seperti di atas. Jangan khawwatir, ada beberapa tips membuat dapur jadi terlihat luas kok, antara lain :

  • Memasukkan cahaya alami sebanyak mungkin : Masukkan cahaya sebanyak mungkin dengan bukaan dapur. Selain membuat perputaran udara jadi lebih baik, pencahayaan alami bikin dapur sempitmu jadi terkesan lebih luas dan terang.
  • Gunakan lemari pintu geser : Pintu desain geser ini tak akan meminta ruang ketika dibuka sehingga tak mengganggu aktivitas kamu saat sedang di dapur.
  • Manfaatkan setiap celah : Misalnya nih, celah sempit di dekat kulkas pun bisa dimanfaatkan dengan menempatkan rak sempit yang kini bisa dengan mudah ditemui di toko perkakas.

13 dari 15 halaman

Dekorasi Rumah Subsidi dengan Atap Terbuka © Diadona© Pinterest

Dekorasi Rumah Subsidi dengan Atap Terbuka

Dapur kecil tak jadi soal dalam menempatkan atap terbuka di bagian atas. Atap terbuka di bagaind apur memungkinkan cahaya alami untuk masuk ke area dapur, bikin dapur lebih terang dan hemat listrik.

Atap terbuka juga ngasih efek estetika yang menarik dan unik pada desain rumah.

14 dari 15 halaman

Dekorasi Rumah Subsidi pada Bagian Dapur © Diadona©martinaruby.com

Dekorasi Rumah Subsidi pada Bagian Dapur

Desain dapur terbuka dengan taman belakang rumah berdesain minimalis, sedang mengalami kenaikan tren akhir-akhir ini. Ini menggabugkan desain dapur minimalis dengan akses langsung ke taman belakang rumah. 

Dapur dengan taman belakang ini membuat pasokan cahaya dan udara segar jadi terpenuhi. Selain itu, ada pemandangan menyegarkan ketika memasak atau menyantap makanan.

Mendekorasi rumah subsidi melibatkan pemanfaatan ruang sempit, aturan renovasi yang ditetapkan pemerintah dan juga ketatnya keuangan. Maka, pastikan melakukan dekorai rumah subsidi secara tepat ya!

15 dari 15 halaman

Beri Komentar