7 Kursi Minimalis untuk Ruang Tamu Kecil

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 23 Februari 2024 18:02
7 Kursi Minimalis untuk Ruang Tamu Kecil
Memilih kursi untuk ruang tamu yang sempit bukan cuman mempertimbangkan ukurannya, namun desain juga berkontribusi besar membuat ruangan terasa lega.

Hunian rumah tangga di masyarakat semakin banyak yang menerapkan konsep minimalis untuk desain interiornya, salah satunya pada area ruang tamu. Selain karena keterbatasan lahan yang sempit, konsep minimalis juga banyak digunakan karena keindahan tampilanya.

Karena itulah penataan serta pemilihan furnitur yang efektif pada ruang tamu menjadi poin penting sebuah ruangan berkonsep minimalis dapat tertata dengan indah dan elegan. 

Apalagi jika ukuran ruang tamu yang tersedia sangat kecil, pemilihan furnitur seperti kursi menjadi sangat krusial agar ruang tamu bisa terasa lebih luas dan lega serta tidak membuat ruangan semakin terasa sempit bagi penghuni rumah dan juga tamu yang hadir.

Untuk itu tim diadona telah menyiapkan beberapa rekomendasi kursi minimalis yang cocok diletakan di ruang tamu, sehingga kursi yang kalian pilih tidak menimbulkan kesan sempit pada ruang tamu di rumah.

 

1 dari 4 halaman

Sebelum menentukan jenis kursi yang tepat untuk ruang tamu kalian ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini supaya tidak salah pilih.

Pilih Model Minimalis

Untuk ruang tamu yang kecil akan lebih baik jika kalian memilih jenis kursi yang sesuai dengan konsep minimalis. Beberapa konsep minimalis seperti bentuk yang sederhana, ukuran yang tidak begitu besar,  warna yang netral atau naturaL serta bahan kursi yang berkualitas tinggi bisa menjadi pedoman kalian saat memilih kursi minimalis 

Ukur Ruangan sebelum Membeli

Untuk menghindari pembelian kursi yang terlalu besar di ruang tamu. Akan lebih bijak jika melakukan pengukuran dengan menggunakan meteran pada lantai ruang tamu kalian sebelum membeli kursi yang akan digunakan, hal ini dilakukan supaya kalian bisa menyesuaikan kursi yang akan dibeli dengan luas ruang tamu kalian.

Sebaiknya untuk ukuran kursi yang digunakan tidak melebihi 30% luas ruang tamu kalian. Sehingga ruang tamu masih memiliki cukup ruang kosong supaya tidak terlihat sempit.

Gunakan Warna Netral

Penggunaan warna netral pada furnitur kursi akan membuat tampilan ruang tamu menjadi terlihat lebih lega, selain itu penggunaan warna netral seperti putih, krem dan abu-abu juga bisa membuat ruangan terlihat lebih cerah dan membuat suasana rumah menjadi lebih positif.

 

2 dari 4 halaman

Kursi 2 Seater

Kursi Minimalis Untuk Ruang Tamu Sempit - 2 Seater © Diadona

Kursi tipe 2 seater dengan sandaran tipis namun tetap nyaman digunakan ini menjadi pilihan yang tepat untuk kalian yang menginginkan kursi yang dapat menampung lebih dari satu orang namun tetap hemat dalam penggunaan ruang yang tersedia.

Kursi ottoman

Kursi untuk Ruang Tamu Sempit - Kursi Ottoman © Diadona

Ukuranya yang kecil dan pendek bisa membuat ruang tamu memiliki area kosong lebih banyak dan tentunya menghemat ruang sehingga ruangan bisa terasa lebih luas.

Selain itu, bentuknya yang kecil juga memudahkan jika ingin memindahkan kursi ini ke posisi lain. Bentuk kursi yang unik juga bisa menambah nilai estetika pada ruang tamu kalian.

3 dari 4 halaman

Kursi Tamu Skandinavia

Kursi Scandinavian untuk Ruang Tamu Sempit © Diadona

Dengan gaya Skandinavia yang terkenal elegan dan cantik. Kursi satu ini bisa menjadi pilihan untuk kalian yang mengutamakan penampilan yang indah namun tetap ingin mengusung konsep minimalis yang simpel.

Kursi scandinavian umumnya memiliki kerangka yang kecil, memberikan kesan lega pada ruangan. Selain itu warna-warnanya juga netral.

Sofa Memanjang

Sofa Memanjang untuk Ruang Tamu Sempit © Diadona

Jenis kursi satu ini sangat cocok digunakan pada ruangan yang berbentuk memanjang. Bentuknya yang memanjang membuat kursi satu ini bisa terisi cukup banyak orang dan tetap bisa menyesuaikan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar. 

4 dari 4 halaman

Kursi dengan Storage Box

Sofa dengan Storage Box untuk Ruang Tamu Sempit © Diadona

Salah satu unsur dari minimalisme adalah bisa memanfaatkan ruang dengan efisien. Karena itu pemilihan kursi yang memiliki storage box atau ruang penyimpanan di bawahnya menjadi nilai lebih yang bisa kalian pertimbangkan saat memilih kursi yang tepat pada ruang tamu kalian. 

Kombinasi dengan Beanbag

Sofa Kombinasi Bean Bag untuk Ruang Tamu Sempit © Diadona

Penggunaan Beanbag dapat kalian gunakan pada saat jumlah kursi yang tersedia masih kurang. Dengan bobot yang ringan serta ukurannya yang tidak terlalu besar memungkinkan tempat duduk satu ini bisa disimpan ketika sedang tidak digunakan.

Sehingga ruang tamu bisa tetap terasa lega saat tidak banyak tamu yang hadir.

Kursi Rotan

Kursi Rotan untuk Ruang Tamu Sempit © Diadona

Warna yang natural, bentuk yang sederhana serta ukuranya yang tidak terlalu besar menjadikan kursi rotan sebagai pilihan yang pas untuk ruangan minimalis kalian. Kombinasi dengan meja rotan serta furnitur rotan lain bisa membuat ruang tamu kalian menjadi lebih cantik dan indah saat dipandang.

Tak perlu risau kalau punya ruang tamu sempit. Dengan penataan dan pemilihan furniture yang tepat, maka ruangan ini tetap terasa lega dan nyaman.

Penulis : Alfiar

 

Beri Komentar