8 Desain Ruang Makan Minimalis Estetik Modern, Dekorasi Tropis sampai Ala Cafe!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 21 Maret 2024 17:08
8 Desain Ruang Makan Minimalis Estetik Modern, Dekorasi Tropis sampai Ala Cafe!
Kamu bisa cari berbagai inspirasi desain ruang makan minimalis di sini!

Desain ruang makan minimalis adalah salah satu konsep desain yang banyak digunakan oleh orang-orang. Hal ini karena biasanya ruang makan yang terlalu meriah akan jarang digunakan dan mengurangi hasrat keluarga untuk makan bersama di meja makan. Selain itu, desain yang minimalis untuk ruang makan akan membantu tamu kamu untuk beradaptasi dengan lebih mudah kalau diundang untuk makan bersama di rumah.

Gaya desain ini juga cocok untuk kamu yang memiliki sisa ruang yang kecil di hunian untuk membangun ruang makan. Desain ruang makan minimalis akan membantu kamu memanfaatkan kombinasi detail-detail terbaik untuk menciptakan suasana yang nyaman di ruang makan. Kamu juga bisa menghemat budget dengan konsep minimalis karena tidak perlu membeli hiasan atau furnitur yang mewah kamu akan bisa menciptakan ruang makan yang elegan! Di sini ada 8 inspirasi desain ruang makan minimalis yang bisa kamu cek!

 

1 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Minimalis Ruang Kecil

Desain Ruang Makan Minimalis © Diadona© Pinterest/yourbestselfjourney

Sisa ruang kecil di ujung rumah bisa kamu sulap jadi berguna dengan desain ruang makan minimalis yang satu ini. Menggunakan meja bundar yang bisa menghemat ruang lebih banyak, kamu bisa menciptakan ruang makan yang intimate.

Lampu gantung sesuai dengan selera bisa kamu tambahkan di atas bagian meja makan. Dalam desain ruang makan minimalis ini, lampu gantung dengan tali yang panjang digunakan untuk mengharmoniskan konsep modern dengan keseluruhan rumah.

 

2 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Minimalis Sempit

Desain Ruang Makan Minimalis © Diadona© Pinterest/lenarawrr

Desain ruang makan minimalis yang sempit ini dibangun di dalam lingkup dapur kering hunianmu. Kalau sudah tidak ada ruang tersisa di rumah untuk dijadikan ruang makan, sisa lahan di dapur kering pun bisa kamu sulap menjadi ruang makan yang cantik.

Meja dengan 4 kursi bisa muat dalam desain ruang makan minimalis ini. Jangan lupa untuk menyelaraskan warna dan material furnitur yang kamu gunakan untuk membangun ruang makan dengan furnitur yang kamu gunakan untuk dapur supaya terlihat harmonis!

 

3 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Minimalis dan Dapur ala Tropis

Desain Ruang Makan Minimalis © Diadona© Pinterest/Sophie Baylis

Banyak dicari orang, desain ruang makan minimalis yang bersandingan dengan dapur bisa jadi salah satu alternatif andalan untuk kamu yang punya sisa lahan yang lumayan di lingkup dapur kering. Tempelkan meja kayu berkursi 4 ke dinding akan memberikan ruang yang nyaman dan leluasa untuk beraktivitas di dapur.

Coaster atau tatakan piring bermaterial rotan akan memberikan kesan ruang makan yang lebih rapi dan harmonis dengan furnitur yang bermaterial kayu. Hiasan tanaman, lukisan di dinding bagian ruang makan, dan lampu gantung ikut membantu menghidupkan desain ruang makan minimalis ini.

 

4 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Minimalis Ukuran 3x3

Desain Ruang Makan Minimalis © Diadona© Pinterest/homedecoronly

Terlihat aesthetic, desain ruang makan minimalis yang selanjutnya ini bisa kamu tiru untuk rencana ruang makanmu yang berukuran 3x3. Meja makan kayu yang panjang dan 5 kursi akan terasa cukup untuk hunianmu.

Lampu gantung berwarna hitam di atas meja ikut memberikan kesan hangat pada desain ruang makan dan juga terlihat serasi dengan taplak meja dan cushion kursi yang berwarna hitam. Kontras dengan ini, hiasan yang digunakan dalam desain ruang makan minimalis ini sangat beragam, seperti tanaman hijau dan cermin bundar.

 

5 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Minimalis Meja Bundar

Desain Ruang Makan Minimalis © Diadona© Pinterest/Noni Lopez

Desain ruang makan minimalis sangatlah cocok dengan meja makan simpel berbentuk bundar karena bisa menghemat banyak ruang. Sandingkan dengan kursi senada yang melengkung, maka ruang yang bisa disimpan akan semakin banyak.

Biasanya, ruang makan dengan meja yang kecil dan bundar seperti di desain ruang makan minimalis satu ini cocok dengan lampu gantung yang panjang dan dekat dengan meja. Dengan itu, meja makan akan terlihat lebih cantik dan modern walaupun kecil!

 

6 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Minimalis Mewah

Desain Ruang Makan Minimalis © Diadona© Pinterest/Chelsea Keen

Warna hijau dan kursi meja makan yang berbahan velvet menjadi focal point untuk desain ruang makan minimalis yang keenam. Supaya masih terasa minimalis, meja makan yang digunakan bergaya industrialis dengan kayu yang terlihat mentah dan detail besi berwarna hitam.

Cermin bergaya jendela panel ditempel di dinding sebelah meja memberikan kesan alami dan bebas. Lampu gantung berwarna hitam digunakan supaya desain ruang makan minimalis ini semakin terlihat harmonis. Merasa lebih fancy? Kamu bisa tambahkan karpet makrame di bawah meja makan!

 

7 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Minimalis Ala Cafe

Desain Ruang Makan Minimalis © Diadona© Pinterest/Jennyfer Vlon

Tidak terduga, desain ruang makan minimalis ala cafe adalah salah satu desain yang banyak digemari. Memberikan kesan nyaman dan produktif di rumah, ruang makan ala cafe bisa kamu buat denga mudah loh. 

Dalam desain ruang makan minimalis ini, kursi pojok dinding bisa kamu padukan dengan meja makan bulat dan beberapa kursi individual. Tidak lupa dengan lampu gantung yang rendah dan dekat dengan meja. Tambahkan beberapa bantal kecil dan voila! Jadilah ruang makan ala cafe!

 

8 dari 8 halaman

Desain Ruang Makan Minimalis Sederhana

Desain Ruang Makan Minimalis © Diadona© Pinterest/Instagram.com

Desain ruang makan minimalis yang terakhir adalah desain yang sederhana dengan lokasi ruang makan yang bercampur dengan ruang tengah hunian tanpa adanya partisi. Dengan bantuan meja makan kaca yang transparan, kamu bisa membuat ruang makan yang tidak mencolok!

Tidak lupa lampu gantung untuk menegaskan desain ruang makan minimalis yang sederhana ini. Walaupun berada langsung di sebelah ruang keluarga, kamu bisa menggunakan warna-warna netral untuk furnitur supaya tidak terlihat terlalu ramai dan sumpek!

Gimana, Diazens? Udah dapat belum nih desain ruang makan minimalis yang menginspirasimu? Jangan lupa pertimbangkan ruang dan material yang sesuai dengan hunianmu ya sebelum membangun ruang makan supaya bisa tahan lebih lama!

Editor: Salma Aribatul

 

Beri Komentar