9 Rumah Idaman Minimalis di Lahan Terbatas, Desainnya Cantik dan Mewah dengan Berbagai Konsep

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 15 September 2023 21:15
9 Rumah Idaman Minimalis di Lahan Terbatas, Desainnya Cantik dan Mewah dengan Berbagai Konsep
Rumah idaman minimalis hadir dengan berbagai konsep rumah seperti industrial, scandinavian, klasik modern, dan lainnya

Rumah idaman minimalis menjadi jawaban atas kebutuhan tempat untuk dijadikan perlindungan dari kebisingan dunia luar. Tempat ini mencerminkan kesederhanaan, ketenangan dan keseimbangan dalam desain dan kehidupan sehari-hari. Tidak heran apabila rumah minimalis banyak diminati berbagai kalangan masyarakat saat ini, dengan menampilkan desain yang fungsional dan terlihat elegan. 

Ciri khas yang nampak dari tampilan rumah minimalis adalah desain eksterior sederhana dengan perpaduan warna-warna netral untuk menciptakan tampilan rumah yang bersih dan tenang. Unsur fungsionalitas menjadi prioritas utama pada rumah minimalis idaman. Furniture multifungsi dan perencanaan ruangan yang bijak menjadi kunci untuk mengoptimalkan ruang terbatas dalam rumah minimalis. Rumah idaman minimalis lebih dari sekedar rumah, karena menjadi tempat dimana penghuninya menciptakan cerita dan kenangan indah dalam kehidupan mereka. 

Kenapa harus rumah minimalis? Rumah dengan desain minimalis kini terus menjadi konsep menarik yang diminati oleh penghuni rumah atau ahli interior. Desainnya yang begitu rapi, modern dan elegan telah banyak berkembang dipadukan dengan berbagai konsep rumah seperti industrial, scandinavian, klasik modern, dan lainnya. Hal ini membuktikan jika konsep minimalis sangat fleksibel, hingga membuat orang menjadikan gaya minimalis sebagai acuan utama untuk mebangun rumah idaman. 

Buat kamu yang sedang berencana untuk membangun sebuah hunian, mungkin gaya minimalis bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini ada 9 model rumah yang bisa dijadikan inspirasi untuk membangun rumah minimalis yang kamu idamkan. Yuk langsung aja simak berikut ini!

 

1 dari 9 halaman

Rumah Idaman Minimalis Modern

Rumah Idaman Minimalis © Diadona

Rekomendasi pertama ini cukup populer digunakan sebagai inspirasi rumah minimalis yakni rumah bergaya modern yang menjadi wujud nyata dari estetika sederhana dipadukan dengan teknologi yang canggih. Rumah idaman minimalis modern adalah pilihan yang sempurna bagi kamu yang menginginkan pengalaman hidup dengan inovasi teknologi dan desain berkelas. Model rumah ini menekankan unsur fungsionalitas, sehingga setiap elemen dirancang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengoptimalkan lahan yang terbatas.

Dalam rumah minimalis modern menjadikan teknologi sebagai kunci utama layaknya penggunaan sistem pengendali suhu otomatis dan desain rumah berbasis IoT (Internet of Things) untuk menghadirkan kenyamanan modern. Material yang biasa digunakan seperti kaca, dan beton mampu menciptakan tampilan rumah idaman minimalis menjadi elegan. Kamu dapat memadukan dinding ruangan dengan warna-warna yang netral agar dapat disesuaikan dengan desain interior rumahmu. Misalnya kamu bisa menggunakan warna putih dengan kombinasi pastel untuk kamar mandi minimalis biar lebih luas dan tetap cerah memantulkan pencahayaan.

Rumah idaman minimalis bergaya modern bukan sekedar tempat hunian, melainkan juga karya seni fungsional yang mencerminkan gaya hidup modern terkini. Gimana, cukup  menginspirasi bukan?

 

 

2 dari 9 halaman

Rumah Idaman Minimalis dengan 1 Lantai

Rumah Idaman Minimalis © Diadona

Rumah minimalis dengan 1 lantai menjadi idaman dan pilihan yang populer bagi banyak orang karena kenyamanan dan kemudahan akses. Material seperti kayu, beton, atau baja dengan finishing yang modern dapat digunakan sebagai bahan dasar desain eksterior yang sederhana. Atap datar seringkali menjadi pilihan dalam rumah idaman minimalis 1 lantai untuk memberikan kesan simple dan modern pada tampilan rumah. Untuk memaksimalkan ruang dengan lahan terbatas, kamu dapat merencanakan desain terbuka pada tiap ruang agar menciptakan kesan yang lebih luas. Dengan memilih furniture dan dekorasi yang sederhana, juga dapat memperkuat unsur fungsional dan estetis pada rumah idaman minimalis 1 lantai agar tidak terjadi penumpukan pada penyimpanan barang. 

 

3 dari 9 halaman

Rumah Idaman Minimalis dengan Tipe 21

Rumah Idaman Minimalis © Diadona

Kamu merupakan sepasang kekasih yang baru menikah dan mendambakan rumah minimalis? Maka Rumah idaman minimalis dengan tipe 21 ini menjadi pilihan yang sangat cocok untukmu. Tipe rumah ini umumnya cukup kecil dengan luas bangunan 3x7 atau 21 meter persegi. Ukurannya yang terbatas, membuat desain rumah ini tampak sederhana dan fungsional. Biasanya rumah ini memiliki 1 atau 2 kamar tidur, ruang dapur, kamar mandi dan ruang tamu yang terbatas. Jika kamu masih memiliki sedikit lahan sisa, dapat dimanfaatkan sebagai teras kecil di bagian depan atau belakang rumah untuk sekedar bersantai dan berbincang-bincang bersama pasanganmu. Dengan harganya yang terjangkau kamu sudah bisa mendapatkan dambaan rumah minimalis yang nyaman bersama pasanganmu. 

4 dari 9 halaman

Rumah Idaman Minimalis Bernuansa Industrial

Rumah Idaman Minimalis © Diadona

Rumah minimalis memang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Rekomendasi selanjutnya cocok untuk kamu yang menyukai konsep rumah minimalis dengan unsur raw dan unfinished. Dari unsur keduanya mampu melahirkan kesan rumah yang klasik dan vintage layaknya bernostalgia dengan masa lalu. Gaya industrial cenderung menggunakan material kasar seperti kayu, logam dan beton terbuka. Kamu dapat menambahkan lampu gantung industri pada ruang tamu dan dapur untuk memberikan sentuhan yang khas pada rumah idaman minimalis bergaya industrial. Sentuhan gaya industrial dapat dihadirkan dengan desain tangga dan lantai keramik yang terkesan unfinished. Perpaduan beberapa elemen tersebut dapat menjadikan rumah idaman minimalis dengan sentuhan industrial seperti contoh di atas. 

 

5 dari 9 halaman

Rumah Idaman Minimalis Menggunakan Atap Segitiga

Rumah Idaman Minimalis © Diadona

Rumah idaman minimalis dengan atap segitiga menjadi salah satu pilihan rumah dengan desain yang menarik. Model rumah ini cenderung memiliki atap datar yang dilapisi dengan cor untuk mengurangi kebocoran. Desain dari rumah idaman minimalis dengan atap segitiga cenderung simetris, dengan dua atap sisi yang curam dan dua sisi atap lainnya berbentuk datar. Sehingga menciptakan tampilan rumah yang nampak seimbang dan estetis. Ciri khas utama yang nampak pada desain rumah ini adalah jendela besar untuk memaksimalkan pencahayaan alami dan memungkinkan aliran udara masuk dengan mudah. Untuk mempercantik tampilan rumah idaman minimalis berbentuk atap segitiga, kamu dapat menambahkan taman minimalis di sekitar rumahmu.

6 dari 9 halaman

Rumah Idaman Minimalis Bergaya Jepang

Rumah Idaman Minimalis © Diadona

Kamu ingin mewujudkan rumah impian bernuansa Jepang? Rumah idaman minimalis bernuansa negeri sakura ini menjadi jawabannya. Prinsip rumah minimalis ala Jepang ini dapat dilihat pada tampilan utama gerbang yang identik dengan garis vertikal maupun horizontal. Untuk menonjolkan unsur natural, kamu dapat memakai material kayu sebagai bahan utama pagar. Ciri khas utama yang nampak dari model rumah ini adalah ruangan terbuka untuk memaksimalkan pencahayaan alami masuk ke dalam rumah, salah satunya melalui pemasangan jendela berukuran besar. Untuk memperkuat nuansa layaknya rumah Jepang, biasanya didukung dengan furniture sliding door, alas tatami dan bantal sebagai lesehan ruang duduk. Pilihan rumah idaman minimalis bergaya Jepang ini dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu.

 

7 dari 9 halaman

Nuansa Terbuka pada Rumah Idaman Minimalis

Rumah Idaman Minimalis © Diadona

Model rumah kali ini cocok untuk kamu yang mendambakan rumah dengan halaman minimalis  berukuran lapang dan berada di area terbuka. Ciri khas yang nampak pada rumah idaman minimalis dengan nuansa terbuka adalah bagian dinding yang diganti dengan kaca untuk memberikan kesan rumah lebih luas dan menyatu dengan lingkungan sekitar. Untuk menciptakan nuansa terbuka dan menghadirkan elemen alam ke dalam rumah, kamu dapat memasang lantai dengan material kayu dan menambahkan taman dalam ruangan, sehingga menjadi fokus visual dari berbagai ruang. Rumah idaman minimalis dengan nuansa terbuka akan memberikan pengalaman hidup yang nyaman, penuh cahaya dan terhubung dengan alam. 

 

8 dari 9 halaman

Rumah Idaman Minimalis Bertema Monokrom

Rumah Idaman Minimalis © Diadona

Kamu menyukai hunian bernuansa hitam putih? Maka rumah idaman minimalis bertema monokrom dapat kamu jadikan inspirasi menarik dengan pilihan yang elegan dan modern. Tema rumah ini mengutamakan penggunaan warna hitam, putih dan berbagai nuansa abu untuk menciptakan kesan rumah yang monokrom, bersih dan modern. Model rumah idaman minimalis bernuansa monokrom ini cocok banget buat kamu yang menyukai desain rumah dengan kesan lapang dan estetis.

Dengan menambahkan karya seni bertema monokrom layaknya fotografi hitam putih atau lukisan abstrak dengan palet warna terbatas akan memperkuat nuansa monokrom pada hunian rumahmu. Sementara itu, untuk menambahkan desain ruang terbuka, kamu juga dapat memasang jendela dengan konsep bukaan yang besar tanpa teralis sehingga akan tampak transparan dan elegan.

 

9 dari 9 halaman

Gaya Scandinavian untuk Rumah Idaman Minimalis

Rumah Idaman Minimalis © Diadona

Kamu merupakan orang yang menyukai tampilan rumah layaknya hunian Eropa? Rumah idaman minimalis bergaya scandinavian ini akan menjadi pilihan yang cocok untukmu. Gaya rumah ini banyak digemari berbagai kalangan karena menonjolkan kesederhanaan, keindahan dan fungsionalitas. Penggunaan material kayu menjadi komponen yang sangat penting dalam desain scandinavian, mencakup pemasangan dinding kayu, lantai kayu, dan furniture dekorasi kayu untuk memperkuat kesan rumah yang anggun. Rumah idaman minimalis berkonsep scandinavian akan menjadi dambaan bagi penghuni rumah yang menginginkan ruangan dengan sifat minimalis namun tetap terasa hangat dan nyaman. 

Nah, itulah beberapa desain rumah idaman minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk rumah impianmu. Jadi, rumah dambaan mana nih yang hendak kamu wujudkan tahun ini? Semoga artikel ini memberikan referensi yang bermanfaat untukmu ya!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar