7 Cara Membersihkan Kerak di Wajan yang Gosong tanpa Ngoyo, Wajib Coba!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 15 November 2022 16:15
7 Cara Membersihkan Kerak di Wajan yang Gosong tanpa Ngoyo, Wajib Coba!
Dengan tiga bahan yang selalu ada di dapur, begini nih cara membersihkan kerak di wajan yang gosong

Kesel banget kalau bikin gosong masakan karena cita rasa dan penampilannay jadi berkurang, tapi lebih ngeselin lagi kalau sampai menyebabkan kerak di wajan yang sulit hilang. Emang sih kalau kamu cari tahu, internet menyediakan tutorial cara menghilangkan kerak di wajan tapi mana sih yang beneran ampuh?

Kerak ini terbentuk dari makanan yang terbakar, minyak dan juga gula. Kalau nggak segera dibersihkan, kerak bakalan jadi fitur permanen di wajan. Malah kerak bisa merusak lapisan wajan anti lengket serta bisa jadi lapisan yang bisa menghalangi panas. Apalagi bila kerak tersebut menempel di bagian bawah. Bila terus digunakan, kerak tersebut bisa terbakar dan memicu kebaran lho!

Berikut ini Diadona kasih tahu apa saja cara menghilangkan kerak di wajan yang bisa kamu lakukan :

1 dari 7 halaman

Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Cara Menghilangkan Kerak di Wajan © Diadona

Sabun cuci piring memiliki formulasi yang disesuaikan untuk menghilangkan kotoran dari bahan makanan. Karena kerak juga terbentuk dari makanan yang terbakar, sabun cuci piring setidaknya dapat sebagai cara menghilangkan kerak tersebut.

Hanya saja nih perlakuannya akan berbeda dengan pencucian wajan kotor biasa. Biar sabun cuci piring bisa melaksanakan tugasnya dengan lebih maksimal, gunakan air panas.

Cara menghilangkan kerak di wajan menggunakan sabun cuci piring dan air panas adalah sebagai berikut :

Sumbat wastafel sehingga air tak mengalir ke pembuangan dan wastafel bisa berfungsi sebagai bak. Isi dengan air hangat dan sabun pencuci piring. Tempatkan panci dan wajan di dalam air sabun dan biarkan terendam setidaknya selama 1 jam.

Kadang nih perendaman ini diperlukan untuk melonggarkan partikel makanan. Merendam juga berfungsi buat melembabkan kerak yang menempel. Kalau dnegan sekali proses tersebut kerak belum juga hilang, ulangi langkah dari awal sekali lagi lalu gosok dengan spon cuci piring.

2 dari 7 halaman

Cuka Putih

Ada stok cuka melimpah? Nah, kamu bisa menggunakannya sebagai cara menghilangkan kerak di wajan. Caranya gampang banget yakni cukup siramkan atau semprot cuka pada permukaan kerak secara langsung. Nggak perlu mencampurnya dengan air kok!

Diamkan selama kurang lebih satu jam trus gosok dengan menggunakan spon pencuci. Selanjutnya, bilas dengan air bersih mengalir.

Cara menghilangkan kerak di wajan lainnya yang lebih simple yakni dengan didihkan air dan sedikit cuka untuk melonggarkan keraknya. Trus angkat wajan dari api dan biarkan dingin sebelum membilasnya.

3 dari 7 halaman

Baking Soda atau Soda Kue

Cara Menghilangkan Kerak di Wajan © Diadona

Baking soda dipercaya ampuh dalam menghilangkan berbagai noda, termasuk juga sebagai cara menghilangkan kerak di wajan. Caranya gampang banget. Cukup campurkan baking soda dengan air untuk membentuk pasta trus oleskan pada kerak.

Bila kerak berada di lapisan anti lengket, gunakan spon untuk menggosok bagian tersebut sedangkan kalau kerak menempal di bagian belakang panci, gunakan bantalan penggosok yang lebih kuat.

Baking soda adalah bahan abrasif ringan yang memecah kerak. Kalau proses pertama cara menghilangkan kerak di wajan ini belum menghilangkan kerak sepenuhnya, ulangi langkahnya dari awal

4 dari 7 halaman

Baking Soda dan Cuka

Dilansir dari Spurce, campuran soda kue dan cuka putih adalah larutan pembersih yang bagus banget dalam melepaskan dan menghilangkan sebagian besar makanan gosong dari hampir semua jenis panci dan wajan. Keefektifannya berasal dari kombinasi abrasi ditambah reaksi kimia yang terjadi ketika cuka asam digabungkan dengan soda kue yang bersifat basa dan abrasif.

Gimana caranya?

Rebus air lalu tambahkan dengan cuka dalam panci. Angkat panci trus buang cairannya dengan hati-hati. Saat panci udah dingin, tambhakan soda kue lalu gosok dengan spon.

Selama proses ini kamu mungkin akan mendengar suara mendesis dari cuka. Kikis kerak yang terlepas saat campuran masih hangat sehingga kerak yang bersisa dan menempel biar jadi urusan dari campuran cuka dan baking soda.

Coba deh pantengin video di bawah ini yang udah membuktikan manjurnya metode di atas.

5 dari 7 halaman

Soda Kue dan Sabun Cuci Piring

Metode ini cocok banget buat wajan aluminium, baja tahan karat, wajan berlapis enamel, hingga tembaga. Pertama, campur 1/2 cangkir soda kue, 1/2 cangkir air hangat dan satu sendok makan sabun cuci piring. Biarkan kerak terendam selama 30 - 60 menit. Selanjutnya gosok panci dan wajan tersebut.

Selain hal-hal yang mempengaruhi keberhasilan metode, perhatikan juga cara tepat penggunaan bahan-bahan tersebut sesuai dengan permukaan wajan yang gosong.

Untuk Panci atau wajan anti lengket

Hindari penggunaan metode abrasif seperti sikat sabut kawat karena bisa merusak lapsian anti lengket.

Panci dan wajan besi cor

Untuk panci atau wajan jenis ini, hindari perendaman terlalu lama karena besi cor akan berkarat. Metode paling aman yakni dengan menggunakan soda kue atau cuka trus keringkan.

Kerak tebal di bagian belakang wajan juga bisa kamu hilangkan dengan campuran kedua bahan tersebut lho. Pantengin videonya berikut :

6 dari 7 halaman

Baking Soda dan Lemon

Cara Menghilangkan Kerak di Wajan © Diadona

Buat wajan stainless steel atau tembaga, cara menghilangkan kerak di wajan yang terbaik bisa menggunakan lemon asli sebagai alat penggosok setelah mengoleskan soda kue.

Pertama, cuci dan gosok wajan seperti biasa trus taburi permukaan pan dengan menggunakan baking soda. Potong lemon jadi dua bagian dan gunakan setengahnya sebagai alat gosok. Baking soda dan lemon akan bereaksi dan membuat gerakan mendesis untuk melonggarkan bagian yang terbakar.

7 dari 7 halaman

Aluminium Foil

Daripada menggunakan spon atau sikat gosok, kamu bisa menggosok bagian wajan yang berkerak dengan menggunakan aluminium foil. Tapi harus hati-hati banget ya karena aluminium foil sangat abrasif. Tapi ingat, ini hanya boleh kamu lakukan untuk baja tahan karat berlapis enamel atau aluminium.

Penasaran langsung pengen cobain nggak sih? Kalau Mimin sih iya!

Beri Komentar