Nggak Pake Mahal, ini 15 Cara Menata Dapur Minimalis Agar Selalu Bersih dan Rapi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 18 November 2022 07:00
Nggak Pake Mahal, ini 15 Cara Menata Dapur Minimalis Agar Selalu Bersih dan Rapi
Cara menata dapur agar tetap rapi dan tampak minimalis cukup sederhana kok, bisa kamu mulai dengan memaksimalkan tempat penyimpanan yang dibeli dengan harga murah meriah

Karena tingkat aktivitas yang tinggi, dapur berpotensi jadi tempat paling berantakan dan paling kotor di rumah. Kalau sudah begini, membersihkannya jadi malas karena menguras banyak waktu dan tenaga. Sebab, merapikan dapur dianggap jadi pekerjaan pembersihan yang paling berat dibandingkan dengan bagian rumah lainnya.

Salah satu cara agar dapur tetap mersih dan rapi adalah dengan menerapkan metode yang disiplin dalam membersihkannya. Misalnya, selalu merapikan peralatan setelah digunakan untuk memasak dan selalu menjamin wastafel bersih dari piring kotor. Tapi yang tak kalah penting juga adalah penataan yang memungkinkan dapur lebih mudah dan cepat ketika dibereskan.

Diadona merangkum banyak banget tips dan cara menata dapur agar tetap rapi dan wajib banget kamu coba untuk dapur kamu.

1 dari 7 halaman

Periksa Bahan-Bahan Kadaluarsa

Cara Menata Dapur agar Rapi © Diadona

Kalau kamu merasa dapur kamu berantakan dan napak sesak karena terlalu banyak bahan yang tersimpan, tenang aja, kamu nggak sendirian kok. Kita sering banget kan belanja stok bahan makanan lalu menyimpannya di tempat yang tertutup agar dapur nampak rapi. Sayangnya gara-gara itu nih kita jadi sering tak ingat keberadaannya dan tak segera menggunakannya.

Sebelum menerapkan cara menata dapur apapun, periksa dulu isi lemari. Keluarkan bahan-bahan yang sudah tak bisa dikosumsi lagi atau tempatkan mereka di area yang terlihat.

Sediakan Tempat untuk Semua Peralatan dan Bahan di Dapur

Cara Menata Dapur agar Rapi © Diadona

Pastikan setiap panci, wajan, pisau, dan spatula memiliki rumah di dapur. Bila tidak, mereka berpotensi akan ada di meja dapur atau tempat-tempat yang membuat dapur jadi berantakan dan terkesan penuh. Simpan semua peralatan di 'rumah' mereka segera setela digunakan.

2 dari 7 halaman

Tempatkan Bahan Penting di Area yang Mudah Terjangkau

Cara Menata Dapur agar Rapi © Diadona

Biar nggak 'gedabrukan' tiap kali mengambil garam, gula, atau lap dapur, tempatkan barang-barang penting tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Bila kamu bisa mengambil barang-barang tersebut lebih mudah, memasak nggak cuman jadi lebih gampang tapi meminimalisir chaos setelah kamu menggunakan dapur.

Gunakan Tempat Penyimpanan Gantung

Nggak punya lemari atau kekurangan meja dapur bukan alasan nggak bisa bikin dapur jadi rapi. Kamu bisa memanfaatkan dinding untuk menggantung peralatan memasak, tomples bumbu hingga rak piring lho!

3 dari 7 halaman

Manfaatkan Bagian Bawah Meja Dapur

Dekorasi Dapur Minimalis © Diadona

Kalau kamu nggak menggunakan kitchen set, bagian bawah meja dapur dan wastafel menyisakan ruang kosong yang sayang banget kalau nggak dimanfaatkan. Untuk memaksimalkan fungsi penyimpanan, kamu bisa menggunakan rak vertikal untuk menyimpan perkakas, stok sabun atau stok makanan. Agar nampak rapi tapi tetap on budget, tutupi area ini dengan tirai.

Simpan Peralatan

Cara Menata Dapur Agar Rapi © Diadona

Peralatan seperti blender, mixer, food processor dan lainnya yang jarang digunakan kerap disimpan saja di leari atau dibiarkan tergeletak di rak dapur. Bagaimana untuk membuatnya agar rapi?

Simpan peralatan ini di lemari. Bila lemari yang kamu punya berbentuk vertikal, buat sekat pembatas sehingga penyimpanan jadi lebih efisien.

4 dari 7 halaman

Tata Wadah Plastik dengan Rapi

Cara Menata Dapur agar Rapi © Diadona

Harus diakui walaupun harganya mumer, namun wadah plastik yang biasa kita dapatkan ketika membeli makanan take away emang sayang banget buat dibuang. Wadah tersebut bakalan kita simpan di dapur, berharap akan terpakai suatu saat nanti. Bila tak memiliki tempat penyimpanan khusus, wadah ini nih salah satu penyebab utama dapur berantakan.

Kalau jumlah wadah plastik yang kamu punya udah banyak banget, coba deh koreksi mana yang masih bisa digunakan lagi. Eliminasi wadah yang sudah rusak, kotor, pecah atau tak memiliki tutup. Lalu tata berdasarkan jenis dan ukurannya. Better banget nih kalau kamu punya tempat nyimpnana khusus dengan sekat yang membagi tutup dan wadahnya berdasarkan ukurannya.

Rapikan Kresek

Di dapur, kamu bisa dengan mudah menemukan keberadaan kresek. Mulai dari kresek bekas belanja hingga yang biasa digunakan untuk tempat sampah. Bila tak ditata, kresek bisa bikin dapur jadi berantakan dengan sangat mudah dan cepat.

Untuk menyimpannya agar rapi dan bikin dapur jadi tertata, ada banyak produk storage kresek di market place. Tapi kamu bisa membuatnya dari bahan apa saja yang tersedia.

5 dari 7 halaman

Gunakan Rak Kabinet

Cara Menata Dapur Agar Rapi © Diadona

Untuk menambah ruang penyimpanan barang, kamu bisa menggunakan rak kabinetyan terbuat dari kawat, platik atau tainless. Sesuaikan dengan kebutuhan dan luas dapur kamu. Tempatkan di meja dapur atau di bawah wastafel.

Gunakan Tempat Bumbu Putar

Cara Menata Dapur agar Rapi © Diadona

Botol kecap, saos, sambal dan lainnya biasa kamu letakkan berjejer di meja dapur, bukan? Saat mengambil salah satunya, botol tersebut kerap jatuh dan bikin berantakan. Solusinya adalah gunakan tempat bumbu putar.

6 dari 7 halaman

Pakai Rak Troli Multifungsi

Cara Menata Dapur agar Rapi © Diadona

Rak troli dapur menjadi produk yang banyak dicari. Bukan cuman karena bentuknya yang estetik, namun juga fungsinyayag ciamik abis. Bentuknya memang sebuah rak, namun keberadaan roda di bagian bawahnya biki kamu lebih nyaman memindahkannya ke sana kemari.

Troli ini bisa kamu gunakan untuk menyimpang bahan ata peralatn yang kerap digunakan terutama untuk dapur minimalis. Saat memasak, tarik troli di dekat kamu untuk memudahkan menjangkau barang yang ada di dalamnya. Setelah kelar, tarik kembali troli ke tempatnya. Jangan lupa rapikan dan bersihkan troli ini secara berkala ya!

Pisahkan Spot Dapur

Cara menata dapur ini bukan cuman bikin dapur jadi lebih tertata, tapi lebih memudahkan kamu saat berada di sana. Manajemen dapur ini dipraktikkan nggak cuman di dapur rumah tangga, tapi di restoran dan dapur besar lainnya serta jadi aturan yang diterapkan oleh arsitek atau desainer.

Tata dapur berdasarkan fungsinya yakni spot storage, spot bahan makanan, spot memasak, spot makan dan lainnya. Letakkan spot yang sering digunakan bersamaan secara berdekatan, misalnya spot cuci piring ditempatkan di deka rak penyimpanan.

7 dari 7 halaman

Gunakan Rak Vertikal

Cara Menata Dapur agar Rapi © Diadona

Biar lebih hemat tempat dan memanimalkan fungsinya, gunakan rak vertikal. Rak ini bisa menampung banyak barang namun tak memakan banyak space di dapur. Sebagai cara menata dapur agar rapi, kamu bisa memiliki rak vertikal yang tak tembus pandang.

Tambah Rak pada Lemari

Lemari kamu mungkin memiliki tinggi yang nggak bisa menampung peralatan masak dengan maksimal. Solusinya, buat rak tambahan. Pastikan rak tersebut cukup kuat untuk menampung peralatan atau bahan masakan yang tersimpan.

Manfaatkan Sisi di Balik Pintu Kabinet

Untuk menambah fungsi, manfaatkan sisi balik pintu yang ada di dapur Bisa banget dengan menambahkan keranjang kecil untuk meletakkan peralatan memasak atau gantungan untuk menyimpan serbet dan lainnya. Karena letaknya yang tersembunyi, cara ini nggak akan bikin nampak berantakan dan 'penuh' kok.

Itu tadi cara menata dapur agar tetap rapi. Mana yang kira-kira paling sulit untukmu?

Beri Komentar