9 Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Reporter : Aditia
Selasa, 22 November 2022 12:47
9 Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik yang Dipercaya Membawa Keberuntungan
Terapkan beberapa rekomendasi tata letak dapur dan kamar mandi berikut yang dipercaya membawa keberuntungan

Mengatur posisi ruangan dalam rumah dengan baik akan membuat suasana rumah yang nyaman dan tidak membosankan. Salah satunya adalah penataan posisi dapur dan kamar mandi yang baik.

Penataan ruangan biasanya dikaitkan dengan Feng Shui. Feng shui merupakan filosofi kuno tiongkok mengenai keseimbangan manusia dan lingkungan sekitarnya untuk mendatangkan energi positif. Nah, penataan posisi dapur dan kamar mandi juga akan mempengarungi feng shui kamu.

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik sebaiknya tidak bersinggungan dengan tata letak dan keseimbangan antar ruangan lainnya. Dalam feng shui, ini dilakukan agar energi postif tidak terhalang oleh tata letak ruang yang salah. Secara arsitektual, ini dimaksudkan agar ruangan dapur dan kamar mandi kamu terlihat sedap dipandang dan nyaman digunakan.

Nah berikut posisi dapur dan kamar mandi yang baik sesuai dengan feng shui juga dengan filosofi lainnya agar rumahmu makin cozy.

1 dari 9 halaman

Tidak Membelakangi Jalan

Tidak Membelakangi Jalan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan untuk menata posisi dapur dan kamar mandi yang baik adalah tidak membelakangi jalan. Tipsnya adalah kamu perlu memperhatikan arah hadap kamar mandi. Menurut feng shui, ini dimaksudkan agar aliran dan aura kedua ruangan ini berjalan baik.

Unsur lainnya adalah peletakkan closet yang tidak boleh menghadap maupun menghalangi jalan. Hal tersebut dimaknai agar tidak menghalangi rezeki menurut feng shui.

2 dari 9 halaman

Dapur dan Kamar Mandi Tidak Boleh Berhadapan

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik - Dapur dan Kamar Mandi Tidak Boleh Berhadapan

Berdasarkan feng shui, posisis dapur dan kamar mandi yang baik, sebaiknya tidak saling berhadapan. Sebab keduanya merupakan dua unsur yang saling berlawanan. Kamar mandi memiliki unsur air yang dapat memadamkan dapur sebagai unsur api.

3 dari 9 halaman

Dapur Tidak Menghadap Pintu

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik - Dapur Tidak Menghadap Pintu

Selain larangan di atas, menurut ilmu feng shui, dapur juga tidak disarankan menghadap pintu ruang masuk utama. Inilah mengapa banyak interior dapur selalu ditempatkan di bagian belakang rumah.

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik sebaiknya memang berada di bagian belakang rumah, tidak di bagian pintu masuk. Sebab hal ini dipercaya akan menjaga keharmonisan dalam rumah tangga juga untuk menarik energi positif.

4 dari 9 halaman

Jangan Letakkan di Tengah Hunian

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik - Jangan Letakkan di Tengah Hunian

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik selanjutnya menurut feng shui adalah tidak meletakkan kedua ruangan ini di bagian tengah rumah.

Sebab ruangan tengah rumah diibaratkan sebagai jantung dari sebuah bangunan. Penempatan dapur di ruang tengah juga cukup bahaya sebab dapur memiliki elemen api.

5 dari 9 halaman

Kedua Elemen Harus Dipisah

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik - Kedua Elemen Harus Dipisah

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik harus memperhatikan setiap elemen sebelum menata kedua ruangan ini. Dapur memiliki dua elemen sekaligus, yaitu api dan air. Elemen air dalam dapur adalah seperti tempat cuci piring, kran, atau kulkas. Sedangkan elemen api yakni kompor atau listrik. Menurut ilmu Feng Shui, sebaiknya kedua elemen tersebut dipisah.

Jika memungkinkan. buatlah elemen api dan air membentuk segitiga. Bila ruanganmu minimalis, kamu dapat menyiasatinya dengan tata letak yang berseberangan atau memasang partisi. Hal ini dipercaya untuk menghindari adanya perselisihan antar penghuni rumah.

6 dari 9 halaman

Sentuhan Warna Cerah

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik - Sentuhan Warna Cerah

Posisi dapur dan kamar mandi yang baik juga perlu memberi sentuhan warna cat agar rungan semakin hidup. Kamu bisa memanfaatkan warna-warna cerah untuk interior dapur, seperti warna cat dinding, kitchen cabinet, peralatan masak, dan sebagainya.

Menurut Feng Shui, salah satu warna cerah terbaik yang disarankan adalah warna kuning, sebab dipercaya baik untuk kesehatan pencernaan dan kegembiraan.

7 dari 9 halaman

Jangan Tempatkan Kamar Mandi Dekat Kamar Tidur

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik - Jangan Tempatkan Kamar Mandi Dekat Kamar Tidur

Menurut ilmu feng shui, kamar mandi melambangkan unsur air dan kamar tidur melambangkan unsur udara. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan letak kamar mandi dari kamar tidumu. Karena jika dekat dianggap mempengaruhi kenyamananmu.

Selain itu kamar mandi yang merepresentasikan unsur air cenderung membuat kamar tidur lembab sehingga dapat mempengaruhi kesehatan kamarmu.

 

8 dari 9 halaman

Hindari Kamar Mandi di Bawah Tangga

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik - Hindari Kamar Mandi di Bawah Tangga

Tips penataan dapur dan kamar mandi yang baik selanjutnya adalah jangan menempatkan kamar mandi di bawah tangga.

Namun jika kamu sudah terlanjur menempatkannya, kamu bisa menggunakan warna terang pada tangga dan dinding sekitarnya dan selalu ingat untuk menutup pintu kamar mandi.

9 dari 9 halaman

Jauhkan dari Tempat Ibadah

Posisi Dapur dan Kamar Mandi yang Baik - Jauhkan dari Tempat Ibadah

Hampir semua agama memandang kamar mandi sebagai ruangan yang cenderung kotor dan berenergi buruk. Oleh karena itu, hindari menempatkan kamar mandi di dekat atau bahkan dekat dengan tempat ibadah.

Bagi kamu yang beragama Islam, sebaiknya kamar mandi tidak menghadap kiblat karena tidak etis. Selain itu menurut Feng Shui sebaiknya hindari menempatkan kamar mandi di dekat tempat ibadah.

 

Nah itulah tadi beberapa tips posisi kamar mandi dan dapur yang baik menurut feng shui dan juga tata letak. Semoga dapat diterapkan di rumahmu ya!

 

 

Beri Komentar