6 Tips Hadirkan Dapur Nyaman untuk Sahur dan Buka Puasa

Reporter : Ayu
Jumat, 16 April 2021 15:00
6 Tips Hadirkan Dapur Nyaman untuk Sahur dan Buka Puasa
Aktivitas sahur dan buka puasa jadi lebih menyenangkan Moms!

Kegiatan sahur dan buka puasa tentu akan selalu kita lakikan selama sebulan kedepan. Nah, ruangan yang akan banyak digunakan adalah dapur. Yap, dapur emmang tempat untuk menyimpan, memasak, menyiapkan menu, hingga ruang makan bersama keluarga.

Mengetahui akan hal itu, kenyamanan dan nuansa menyenangkan sangat penting diperhatikan saat akan beraktivitas di dapur. Hal ini tentu menjadi dasar yang bisa Moms lakukan untuk mengoptimalkan dan menambah semangat berpuasa. Caranya, tentu dengan melakukan persiapan dan sedikit dekorasi pada dapur di rumah. Berikut tips selengapnya melansir dari Rumahku, Jumat (16/4/2021).

1 dari 6 halaman

Pindahkan barang yang kurang diperlukan

Dapur yang Terlihat LengangDapur yang Terlihat Lengang © Idealhome.co.uk

Alat memasak dan sejumlah perabotan dapur yang kurang diperlukan alangkah baiiknya Moms pindahkan saja. Jika dirasa barang tersebut penting, maka Moms bisa dengan menepikan peletakannya terlebih dahulu. Selain itu, lengkapi pula kebutuhan barang dan bahan yang dibutuhkan. Hal ini untuk membuat dapur enakdipandang, tampak lapang, dan menyenangkan saat digunakan.

2 dari 6 halaman

Membuat menu masak untuk sahur dan buka puasa

Saat dapur sudah bersih dan siap digunakan, mempersiapkan menu masakan juga penting. Ini akan mempercepat proses memasak dan menyiapkan bahan makanan yang diperlukan. Untuk ide memasak, menu buka dan sahur sudah banyak dibagikan via internet ya. Atau bisa klik di sini.

3 dari 6 halaman

Pemilihan bahan makanan

Ketika Moms berbelanja, sebaiknya pertimbangkan  makanan yang awet dan beberapa menu siap saji untuk berjaga-jaga. Sebagai contoh, saat bangun sahur terlalu dekat dengan waktu imsak, makanan cepat saji akan menyelamatkan Moms dan keluarga. Jadi gak perlu repot masak yang ribet-ribet ya.

Jika Moms memiliki dana yang cukup, maka bisa juga dengan jalan melakukan dekorasi atau mengaplikasikan beberapa konsep menarik untuk dapur Ramadan yang menyenangkan seperti berikut.

4 dari 6 halaman

Dapur putih yang suci

Dapur Konsep PutihDapur Konsep Putih © Idealhome.co.uk

Dapur yang digunakan paling berisiko dari noda, alias sangat mudah kotor. Namun, bila perawatan dan pemilihannya tepat, tentu hal ini bisa di atasi kok Moms. Bila Moms tertarik, coba gunakan warna putih pada dapur. Nuansa cerah, segar, dan suci khas Ramadan akan terasa di dapur dengan menambahkan sejumlah ornamen.

5 dari 6 halaman

Dapur nuansa alam dengan skylight

Skylight di dapur membuatnya berlimpah cahaya. Ambience yang dipancarkan akan mempercantik ruangan, bahkan saat malam hari. Nah, untuk memperkuat kesan alam, Moms bisa menggunakan material batu alam. Jika tidak, cukup gunakan skylight dan desain semenarik mungkin agar dapur tampil berbeda.

6 dari 6 halaman

Dapur segar dengan view tepat

Dapur dengan View yang IndahDapur dengan View yang Indah © Rumahku.com

Buat menghadirkan suasana segar dan menyenangkan bisa juga dengan mengoptimalkan view. Bila dapur Moms terletak dekat dengan pemandangan indah atau taman rumah, Moms bisa menggunakan konsep terbuka untuk view menawan. Gantikan fungsi dinding dengan kaca besar. Desain yang menenangkan dan menyenangkan untuk memasak dan makan sahur atau buka puasa.

Semoga membantu ya Moms!

 

Beri Komentar