Cara Membuat Lampu Tidur dari Kardus dan Botol Bekas, Murah dan Tapi Bermanfaat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 24 November 2020 19:06
Cara Membuat Lampu Tidur dari Kardus dan Botol Bekas, Murah dan Tapi Bermanfaat
Kalau kamu nggak menemukan lampu tidur dengan desain impian, mungkin kamu bisa mencoba cara membuat lampu tidur sendiri?

Cara membuat lampu tidur nggak cuman bikin hemat. Kamu bisa melatih kreativitas, juga memanfaatkan barang bekas. Lampu dari kardus bekas ini bakalan sesuai dengan apa yang kamu idamkan tentang lampu tidur yang mungkin nggak bisa kamu dapatkan di toko lampu. Yang kalaupun ada, biasanya harganya tuh lumayan mahal.

Barang bekas apa ya yang kira-kira bisa sebagai bahan dalam cara membuat lampu tidur? Hmm.. Mungkin kamu bisa memulainya dari kardus bekas nih dan membentuknya seperti lampion. Kertas krep yang digunakan pada pembuatan lampion bisa kamu gantikan fungsinya dengan kardus bekas, sementara untuk celah cahayanya kamu harus membuatnya sendiri.

Berikut Diadona rangkum dari berbagai sumber tentang gimana cara membuat lampu tidur dari kardus bekas dan bahan lainnya.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampu Tidur dari Kardus

Kalau kamu perhatikan barang yang tak terpakai di dalam rumah, kemungkinan kamu bakalan nemuin satu atau dua buah kardus bekas kotak perlatan rumah tangga yang baru dibeli. Misalnya, kardus bekas blender, mixer, atau lainnya. Biasanya kardus tersebut punya ketebalan yang bagus karena emang didesain untuk bisa melindungi peralatan di dalamnya dengan cukup baik.

Kardus tersebut biasanya nggak terpakai kan dan cuman disimpan untuk jaga-jaga misalnya memerlukan service di service center yang mempersyaratkan konsumen untuk membawa kardusnya. Tapi karena hal tersebut jarang terjadi, kardus biasanya tetep nggak terpakai tapi tetep aja tuh disimpan dengan baik. Nggak efisien tempat banget kan? Nah makanya mending dimanfaatkan untuk cara membuat lampu tidur aja.

Ukuran kardus juga harus kamu sesuaikan dengan lampu tidur yang kamu mau, misalnya berukuran panjang 30 cm dan lebar 20 cm.

Bahan dan Alat yang diperlukan, antara lain:

  • Kardus bekas
  • Spidol hitam
  • Penggaris
  • Pulpen
  • Lem tembak
  • Lakban
  • Gunting
  • Pisau cutter
  • Kertas HVS
  • Lampu LED
  • Colokan listrik
  • Dudukan lampu

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampu TidurCara Membuat Lampu Tidur © 2020 tinggalbikin.blogspot.com/

Sudah lengkap semua? Yuk dimulai.

Langkah pertama dalam cara membuat lampu tidur adalah dengan menggunting bagian penutup atas dan bawah, dan diikuti dengan memotong setiap sisinya sehingga yang tersisa hanyalah kerangka kardus dengan lebar satu sentimeter. Jadi yang selanjutnya kamu miliki adalah kerangka kardus aja nih.

Selanjutnya warnai sisi kerangka tersebut dengan spidol warna hitam, atau warna apa aja yang kamu suka.

Membuat Alas

Alas ini dibuat untuk menahan LED lampu di tempatnya. Kamu bisa memanfaatkan sisa potongan kardus yang udah kamu potong tadi nih. Sesuaikan dengan ukuran sisi bawah, tambahkan masing-masing satu sentimeter untuk lebarnya. Lem tiap sudut jepit dengan jepitan baju sampai berbentuk kekotakan, ukur kotak kardus lampu ke kaki kotak dan buat tanda.

Selanjutnya bikin penahan lampu pada alas yang udah kamu buat. Usahakan agar alas ini kuat ya.

Buat Penahan Lampu

Langkah selanjutnya dalam cara membuat lampu tidur adalah dengan membuat penahan box lampu yang fungsinya ditempel di kotak kaki. Penahan box ini diikat dengan lakban, trus rekatkan menurut pola. Nantinya ini untuk menahan agar lampu nggak mengenai kertas atau kardus yang bis berakibat pada hangusnya lampu atau terbakarnya kardus.

Buat Sisi Lampu dengan Kertas HVS

Selanjutnya kamu membutuhkan kertas HVS sebagai penutup lampu. Kertas HVS ini punya ketebalan yang bagus untuk tetap memancarkan cahaya dari lampu. Cahatnya pas banget karena nggak terlalu terang dan terlalu gelap sehingga cocok untuk cahaya kamu tidur. Potong kertas HVS tersebut sesuai dengan ukuran sisi lampion, tapi kasih lebih dikit agar bisa direkatkan di bagian dalam kerangka lampu tidur.

Eh tapi sebelum merekatkannya dalam cara membuat lampu tidur nih, kamu bisa memberikan pola tambahan yang akan mempercantik lampu tidur kamu. Bisa dengan membuat lubang berpola sehingga cahaya lampu bisa masuk melalui celah berpola tersebut, atau dengan garis-garis asimetris yang membuat lampu tidur kamu jadi terlihat makin kece.

Saat lembaran HVS sudah sesuai dengan kreasi yang kamu inginkan, tutupkan ke bagian kerangka lampu tidur dengan lem bagian dalam box.

Tutup semua sisi, kecuali pada bagian bawah tempat masuk lampu ya. Trus cara membuat lampu tidur selanjutnya yakni dengan menyiapkan rangkaian lampi dan dudukannya. Trus buat pola di tengah kaki, trus buat lagi lingkaran kecil di dalamnya.

Pemasangan Lampu

Buat lingkaran kecil di bagian bawah untuk tempat masuknya lampu, trus warnai. Masukkan lampu beserta dengan kabelnya beri sedikit celah untuk masuknya kabel, gunakan glue gun untuk menempelkan dudukan lampu di kaki box.

Kalau sudah, rekatkan dudukan lampu dan pastikan kalau kabel aman. Selanjutnya pasang lampu dengan warna terserah dan tutup box lampu bagian atas.

Nah, udah kelar nih. Selanjutnya nyalakan lampu dan jadi deh!

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampu Tidur Sederhana

Cara Membuat Lampu TidurCara Membuat Lampu Tidur © 2020 lanaredstudio.com/

Sebenarnya cara membuat lampu tidur dari bahan kardus di atas tersebut nggak susah kok, asalkan kamu bisa memahami instruksinya dengan mudah dan memiliki semua paralatan dan bahan yang dibutuhkan. Atau kalau kamu teralu mager buat cari kardus atau gerasa setiap langkah yang dilakukan masih ribet, tenang aja, ada banyak cara membuat lampu tidur lainnya kok. Serunya lagi ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan barang bekas, misalnya botol.

Hasilnya adalah lampu dengan kepala kap dan badan berupa botol. penasaran gimana cara membuat lampu tidur ini? Yuk cus aja deh.

Bahan yang kamu butuhkan adalah :

  • Satu buah botol yang nggak terpakai. Beberapa botol yang bisa kamu manfaatkan karena bentuknya yang unik adalah botol anggur.
  • Lampu dan rangkaiannya
  • Kap lampu hias. kamu bisa mendpaatkannya di e-commerce dnegan harga bervariasi.
  • Bor

Cara membuat lampu tidur sederhana dari botol bekas.

  • Pertama, bor bagian bawah botol untuk celah kabel. Saat mengebor, tempatkan botol di atas sesuatu yang lembut misalnya handuk. Trus di setiap proses pengobran, pastikan untuk mendinginkan gelas setiap menit atau lebih. Proses ini bakalan memakan waktu cukup lama.
  • Masukkan kabel ke dalam kabel melalui lubang yang telah dibuat dengan bor, trus tempatkan lampu di bagian kap.
  • Udah deh, selesai. Gampang banget ya kan?

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampu Tidur dari Botol

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 etsystatic.com

Kamu bisa memanfaatkan botol bekas untuk cara membuat lampu tidur seperti pada gambar di atas. Lampu tidur nggak selalu harus berada di meja kan, jadi botol tersebut bisa kamu gantung di langit-langit atau bersandar di tembok pada ketinggian tertentu. Atau kalau mau diletakkan di meja pun juga tetep kece kok.

Yang kamu butuhkan adalah botol bekas tak terpakai, tali rotan atau benang rotan, dan lampu led. Kamu bisa menyiasati dengan mengganti lampu tersebut dengan tumblr lamp agar instalasinya nggak repot.

Gimana nih, cara membuat lampu tidurnya gampang dan murah banget kan? 

 

 

 

Beri Komentar