Cara Membuat Lilin Aromaterapi dan Kerajinan Lilin Hias Berbentuk Bunga

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 30 September 2020 22:14
Cara Membuat Lilin Aromaterapi dan Kerajinan Lilin Hias Berbentuk Bunga
Lilin yang bisa berubah bentuk ketika dipanaskan memungkin cara membuat lilin dengan berbagai kreativitas.

Untuk kamu yang anaknya artsy banget, pasti tertarik dan gemes banget sama cara membuat lilin. Lilin homemade adalah pilihan yang kece buat dekorasi rumah yang indah dan unik.

Lilin yang kamu buat bisa kamu sesuaikan dengan taste bentuk yang kamu mau, pun bisa banget ditambah dengan minyak aromaterapi yang menjadikannya sebagai lilin aromaterapi. Ada banyak manfaat terselubung dari lilin ini lho!

Cara membuatt lilin bisa kamu sesuaikan dengan bahan yang kamu punya dan tersedia di rumah, bentuknya juga indah banget serta nggak perlu capek sampai berkeringat deh. Membuat lilin adalah bentuk kerajinan tangan yang menyenangkan dan wajib buru-buru kamu praktekkan.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Lilin Aromaterapi dari Lilin Biasa

Lilin aromaterapi adalah lilin yang mengeluarkan wangi tertentu ketika dinyalakan. Wewangian ini bisa meningkatkan relaksasi kamu, kualitas tidur dan bikin sistem saraf jadi terasa lega. Sayangnya kamu kudu gigit jari karena lilin aromaterapi ini harganya lumayan bikin kantong menjerit.

Eh tenang aja ding, cara memabut lilin aromaterapi ini mudah dipraktekkan kok. Untk kamu yang masih pemula, disarankan untuk menggunakan lilin parafin yang harganya terjangkau dan mudah ditemukan.

Bahan yang kamu butuhkan dalam cara membuat lilin aromaterapi:

  • Parafin/beeswax/potongan lilin
  • Sumbu lilin
  • Minyak aromaterapiSpatula
  • Wadah tahan panas
  • Panci
  • Gelas kecil transparan. Ini akan menjadi tempat lilin aromaterapi, jadi pilih
  • yang punya desain menarik
  • Pewarna
  • Tusuk sate, dua buah pensil atau dua buah sumpit dengan panjang melebihi diamtere mulut gelas.

Cara membuat lilin aromaterapi

Pertama, didihkan air dalam panci
Letakkan parafin ke wadah tahan panas, lalu masukkan ke dalam panci sehingga wadah tersebut mengapung. Dengan kata lain, parafin sedang mengalami proses pengetiman.

Cara Membuat Lilin © Diadona

Hati-hati ya agar air di panci nggak masuk ke dalam wadah dan bercampur dengan parafin

Saat parafin udah meleleh sepenuhnya, masukkan pewarna sesuai dengan selera kamu. Kalau kamu nggak memilikinya, kamu bisa menggantinya dengan crayon aneka warna. Trus aduk dengan spatula.

Siapkan gelas wadah lilin, letakkan sumbu tempat berada di tengah.
Setelah parafin dan pewarna tercampur, teteskan minyak essensial.

Cara Membuat Lilin © Diadona


Masukkan ke dalam gelas cetakan. Biar sumbu nggak bergoyang dan miring, amankan dengan sumpit. Panjang sumbu seharusnya nggak nggak lebih dari satu sentimeter. Kala nyala api terlalu besar, kamu bisa mengecilkannya dengan memotong sumbu.

Cara Membuat Lilin © Diadona

Cara Membuat Lilin © Diadona

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kerajinan dari Lilin

Kalau ngomongin kerajinan tangan dari lilin, jenis kerajinan tersebut akan terbagi jadi dua deh. Pertama, lilin yang mendapatkan sentuhan seni sehingga terlihat lebih ciamik dan tetap berfungsi sebagai sumber cahaya, atau bahan lilin yang digunakan sebagai bahan kerajinan tangan dan menghilangkan fungsinya sebagai penerangan.

Kayak gimana sih contohnya?

Lilin Pelangi

Cara Membuat Lilin © Diadona

Cara membuat lilin pelangi ini hampir sama dengan pembuatan lilin biasa kok. bedanya, kamu memerlukan aneka warna untuk membentuk motif pelangi atau gradasi warna apa aja yang kamu pengen. Dalam foto tersebut keliatan kan lucunya lilin yang terdiri dari tiga lapisan warna pink dengan intensitas yang berbeda ini.

Liin Kerang

Cara Membuat Lilin © Diadona

Bukan gelas atau mangkok, kamu bisa menggunakan kulit kerang yang kamu temukan di pantai dalam cara membuat lilin berikut ini. Aduh, gemes banget! Cara membuat lilin kerang ini juga mudah kok. Tipsnya, biar sumbu nggak erjatuh, kamu bisa merekatkannya dulu ke dasar kerang menggunakan lilin sedikit saja, trus biarkan kering. Saat sumbu sudah dalam posisi yang kuat, kamu tinggal menuangkan lilin lainnya hingga tingkat ketinggian yang kamu inginkan.

Lilin Pakis

Cara Membuat Lilin © Diadona

Cuman butuh waktu sepuluh menit lho untuk cara membuat lilin pakis secantik ini! OMG. Kamu bisa menggunakan daun pakis yang asli atau dengan mencetaknya di selembar kertas tissue, lalu meletakannya seperti pada gambar.

Dikutip dari Wikihow, mungkin kamu bakalan kesulita mengeluarkan lilin dari cetakannya. Jangan khawatir, ada trik yang bisa kamu coba. Letakkan lilin yang masih berada dalam cetakan di freezer. Air akan mengembang saat membeku, tapi hal sebaliknya terjadi pada lilin. Artinya, lilin bakalan mengerut dan terlepas dari sisi wadah. Atau bisa juga nih lilin berikut ini amu jadikan inspirasi.

Cara Membuat Lilin © Diadona

Nah, kalau ngomongin cara membuat kerajinan tangan dari lilin, ini mencangkup mengukir lilin menjadi bentuk lain. Cari inspirasinya yuk!

Ukiran lilin seperti pada gambat di atas bisa dibuat dengan ukiran yang simple banget! Gunakan cat berwarna lain untuk membuat ukirannya jadi terlihat menarik.

Cara Membuat Lilin © Diadona

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Lilin Hias Bentuk Bunga

Cara Membuat Lilin © Diadona

Lilin juga bisa dibentuk sesuai dengan keinginan kamu. Bukan diukir kok, melainkan dicetak. Salah satu bentuk yang paling mudah adalah bentuk mawar. Tertarik membuatnya?

Pertama, lelehkan lilin dengan cara ditim, lalu beri pewarna atau crayon. Kemuidan pada permukaan yang halus, sendokkan lilin di atas kertas perkamen dan dengan cepat, bentuk seperti kelopak bunga lalu gulung di tengah sumbu. tutorial lembih lanjut bisa kamu intip dalam gambar berikut ini ya!

Cara Membuat Lilin © Diadona

Cara membuat lilin yang udah Diadona share barusan cocok banget untuk kamu kerjakan sebagai prakarya mengisi waktu luang dan menghasilkan kerajinan bernilai jual.

 

Beri Komentar