Cara Membuat Lampu Hias dari Botol, Bambu dan Batok Kelapa untuk Sulap Barang Bekas jadi Berkualitas

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 12 Oktober 2020 16:49
Cara Membuat Lampu Hias dari Botol, Bambu dan Batok Kelapa untuk Sulap Barang Bekas jadi Berkualitas
Siapa sangka, cuman bermodalkan barang bekas dan ketrampilan memasang instakasi listrik, kamu bisa menguasai banyak cara membaut lampu hias berikut ini

Dekorasi rumah sudah kece nih, yah masak desain lampu cuman begini doang? Berarti saatnya belajar cara membuat lampu hias nih.

Cara membuat lampu hias ini bisa kamu lakukan dengan bahan-bahan bekas yang udah nggak terpakai. Lumayan kan daripada cuman numpuk di gudang doang, kenapa nggak memanfaatkannya sebagai kerajinan tangan dengan sedikit kreativitas. Atau bisa juga nih kamu gunakan bahan lainnya sesuai dengan bentuk lampu hias yang kamu inginkan.

Dilansir dari berbagai sumber, baca terus yuk ulasan Diadona mengenai cara membuat lampu hias berikut ini:

1 dari 4 halaman

Cara Membuat lampu Hias dari Botol Bekas

Bisa dibilang, botol bekas adalah jenis sampah yang pasti dimiliki di setiap rumah tangga. Kadang sampah tersebut dikumpulkan untuk kemudian dijual dan didaur ulang, tapi ada juga yang nggak mau repot dnegan langsung membuangnya dan menyerahkan pemilahannya kepada para tukang sampah.

Padahal, kamu tentu udah sering melihat bagaimana botol bekas ini dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan kan? Salah satunya sebagai cara membuat lampu hias.

Meskipun teknik yang digunakan cenderung lebih sulit, tapi yuk cobaik dulu. Siapa tahu tangan kamu memang ditakdirkan untuk mengubah suatu yang tak berguna menjadi bahan bernilai dan berseni.

Bahan yang harus kamu siapkan, antara lain;

Satu buah botol besar bekas minuman berkarbonasi
Selotip hias

Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Plastik

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 Youtube.com/Craft Crazy Design

  • Cutter
  • Gunting
  • Tali Tambang Katun
  • Lampu Dekorasi

Biar nggak bingung, simak aja yuk gimana cara membuat lampu hias dari seperti yang ada di kanal Youtube Craft Crazy Genius ini:

Keliatan kayak lampu hias milik Aladin ya kan?

Nah, kalau cara membuat lampu hias yang kali ini tuh sederhana banget, tapi hasilnya nggak main-main. Lucu parah.

Bahan yang kamu perlukan:

  • Botol plastik bekas
  • Cutter
  • Tali
  • Lampu
  • Lem tembak

Cara membuat lampu hias bisa kamu intip dari tutorial Youtube berikut ini:

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampu Hias dari Botol dan Tutup Botol Minum

Nah kalau dari tadi yang muncul adalah cara membuat lampu hias dari botol plastik, kali ini gantian nih memafaatkan botol kaca. Uniknya, botol kaca hadir dengan berbagai bentuk yang jadi nilai tambah tersediri bagi desain lampu kamu.

Bahan yang diperlukan:

  • Botol kaca bekas
  • Bor untuk melubangi botol dan tutup botol. Kalau kamu nggak ingin proses pengeboran meninggalkan bekas putih, coba tutupi botolnya dengan isolasi sebelum melakukan pengeboran.
  • Bohlam lampu dan perangkatnya.
  • Sesuaikan ukurannya dengan besar botol

Kayak gini nih bentuknya

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 original-house.co.uk/

Atau bisa juga kayak begini

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 etsystatic.com

Lampu Hias dari Resin dan Mawar

Dalam cara membuat lampu hias ini, kamu memerlukan cairan resin, bahan kimia bening yang biasa digunakan untuk membuat diorama. Reini diiskkan bdalam botol bening yang telah diisi dengan mawar untuk membuat penampakan yang cantik banget kayak begini:

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 Youtube.com/ BuzzingFish

Seperti ini cara membuat lampu hias dengan bahan resin bisa kmu intip di tutorial berikut :

 

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampu Hias dari Bambu

Pernah kepikiran nggak sih dengan cara membuat lampu hias dari bambu? Bambu biasnaya dibiarkan dalam bentuk alaminya untuk memberikan kesan unik dan tambahan keindahan untuk interior kamu. Bambu juga terlihat eksotis banget, cocok untuk ruangan berdesain natural dan minimalis.

Tertarik mencobanya? Berikut inspirasi desain dan gimana aja cara membuat lampu hias dari tanaman satu ini.

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 diybambooideas01.tumblr.com/

Dari gambar satu ini, kamu pasti udah bisa mengira-ngira gimana cara membuat lampu hias dari bambu. Cukup pasang instalasi penerangan seperti pada gambar dan jangan lupa perhatikan juga tekstur dan penampakan permukaan bambu yang sangat menentukan keindahan lampu. Kamu juga bsia nih menampbahkan lilitan tali di ujung bambu pada gambar untuk menambahkan kesan tradisionalnya.

Ide lampu hias lainnya dari bambu juga  kamu contek dari sini nih!

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 beautifulhalo.com/

Atau mungkin kamu lebih suka lampu dari bambu yang simpel banget kayak gini. Lubang-lubang yang ada di sisi bambu bakalan nambah kesan etnik banget nih.

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 indiamart.com/

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Lampu Hias dari Batok Kelapa

Batok kelapa udah sering banget dijadikan bahan pembuatan lampu hias. Cara membuat lampu hias dari bahan satu ini duh gampang banget deh. Yang penting perhatikan keselaamatan saat proses pembuatannya ya!

Pengen lampu gantung? Kayak begini nih inspirasinya!

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 ebay.co

Cara Membuat Lampu HiasCara Membuat Lampu Hias © 2020 amazon.in/

Cara membuat lampu hias dari berbagai bahan bekas tersebut unik banget ya. Mana favoritmu?

Beri Komentar