17 Cara agar Rumah Tidak Ada Nyamuk, Cukup dengan Bahan Alami Tubuh Dijamin Bebas Gatal-Gatal

Reporter : Arifina
Kamis, 4 April 2024 12:00
17 Cara agar Rumah Tidak Ada Nyamuk, Cukup dengan Bahan Alami Tubuh Dijamin Bebas Gatal-Gatal
Bye bye gatal-gatal karena nyamuk!

Cara agar rumah tidak ada nyamuk bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami lho! Nyamuk merupana serangga kecil yang bila tak dihindari bisa menyebabkan rasa gatal di tubuh hingga membawa berbagai penyakit seperti demam beradarh, malaria dan chikungunya.

Kehadiran nyamuk yang masuk ke dalam rumah tentu sangat mengganggu dan membuat penghuninya tidak nyaman. Karena itu penting untuk selalu menjaga rumah agar terbebas dari nyamuk.

Lantas, bagaimana cara agar rumah tidak ada nyamuk? Biasanya, kebanyakan orang akan mengusir nyamuk menggunakan obat kimia, ataupun semprotan pengusir nyamuk.

Langkah itu tepat dilakukan, namun bukan tidak mungkin bahan kimia bisa menimbulkan efek pada kesehatan di kemudian hari. Nah, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara agar rumah tidak ada nyamuk cukup dengan cara yang praktis dan bahan alami. Apa saja? Simak yuk!

1 dari 17 halaman

Jaga Kebersihan Rumah

Cara agar Rumah Tidak Ada Nyamuk © Diadona

Nyamuk menyukai tempat yang kotor dan lembab. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah adalah langkah utama untuk mencegah nyamuk berkembang biak.

Bersihkan genangan air, buang sampah dengan benar, dan bersihkan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, seperti talang air, pot bunga, dan bak mandi.

Dengan menciptakan lingkungan yang bersih, maka nyamuk tidak akan berkeliaran di sekitarmu deh!

 

2 dari 17 halaman

Pasang Jebakan Nyamuk

Jebakan tidak hanya berlaku untuk tikus lho! Nyamuk pun bisa kamu jebak agar tak bisa menghantuimu.

Namun perangkap nyamuk ini bukan menggunakan alat khusus, melainkan menggunakan air sabun. Dalam hal ini, siapkan mangkuk yang berisi air sabun dan sebarkan di setiap ruangan di rumah.

Meski nyamuk menyukai air, namun jika itu air sabun maka akan memerangkapnya dan mencegahnya untuk terbang.

 

3 dari 17 halaman

Pakai Kamper atau Kapur Barus

Kamper atau kapur barus terbilang efektif untuk mengusir nyamuk dari dalam rumah lho! Aroma yang dimunculkan dari bahan kamper ini begitu menyengat dan tidak disukai nyamuk.

Caranya mudah, hancurkan kamper atau kapur barus sampai menjadi bubuk. Lalu, campurkan dengan air dalam gelas.

Setelahnya, letakkan cairan tersebut di beberapa sudut ruangan agar aromanya menyebar. Dijamin, nyamuk akan kabur deh!

 

4 dari 17 halaman

Pakai Semprotan Bawang Putih

bawang putih © Diadona

Bahan masakan bawang putih terkenal dengan bau dan rasaanya yang khas. Rupanya, bau menyengat dari bawang putih ini sangat mengganggu bagi nyamuk,

Bawang putih akan mudah menghindarkan kamu dari gigitan nyamuk, termasuk membuat area bebas dari hewan kecil tersebut. Cara mengusir nyamuk dengan bawang putih dapat dilakuakan dengan mudah, tumbuk beberapa siung bawang putih, lalu panaskan di air mendidih.

Dinginkan sebentar, dan tuang cairan bawang putih ke dalam botol spray. Semprotkan ke sekitar rumah untuk membawa aroma yang dihindari nyamuk.

 

5 dari 17 halaman

Gunakan Kelambu atau Jaring Anti-Nyamuk

Pasang kelambu atau jaring anti-nyamuk terbilang cukup ampuh untuk mengusirnya. Kamu bisa menempatkan kelambu di jendela, pintu, dan tempat tidur untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Pastikan kelambu atau jaring tersebut terpasang dengan rapat sehingga nyamuk tidak bisa masuk. Tidur pun akan lebih nyaman tanpa gangguan nyamuk ya!

 

6 dari 17 halaman

Minyak Esensial

Gunakan minyak esensial yang mengandung citronella, lavender, eucalyptus, mint dan serai ampuh untuk mengusir nyamuk. Oleskan minyak esensial pada kulit atau gunakan diffuser untuk menyebarkan aroma di ruangan.


Kamu juga bisa menggunakan cara lain dengan meneteskan salah satu dari minyak esensial ke dalam air. Kemudian, masukkan cairan tersebut ke dalam botol spay dan semprotkan ke sekeliling rumah.

 

7 dari 17 halaman

Gunakan Minyak Kayu Putih

Cara agar Rumah Tidak Ada Nyamuk © Diadona

Sudah menjadi hal umum jika minyak kayu putih adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Selain itu, penggunaan minyak ini juga berfunngsi untuk menghangatkan tubuh.

Aroma pada minyak kayu putih yang khas ternyata tidak disukai nyamuk. Hal inilah yang menjadikan nyamuk tidak akan menyerangmu di dalam rumah.

Oleskan saja ke area badan tubuh, sehingga nyamuk akan menghindar dengan sendirinya.

 

8 dari 17 halaman

Cuka Apel

Rasa asam dari cuka apel ternyata juga memiliki fungsi untuk mengusir nyamuk. Kamu hanya cukup menyampurkan cuka apel dengan beberapa tetes minyak serai.

Hampir sama dengan cara sebelumnya, masukkan campuran cairan cuka apel ke dalam botol spray. Kemudian, semprotkan di sudut-sudut rumah agar tercium nyamuk dan menghilang.

 

9 dari 17 halaman

Tanaman Pengusir Nyamuk

Beberapa tanaman rupanya cukup ampuh untuk mengusir nyamuk lho! Kamu bisa memanfaatkan tanaman seperti lavender, citronella, lemon balm, marigold, peppermint, serai, hingga rosemary.

Semua tanaman tersebut terkenal sebagai pengusir alami untuk nyamuk. Tanam tanaman-tanaman ini di sekitar rumah kamu untuk membantu mengusir nyamuk.

Aroma yang dimunculkan oleh tanaman tersebut akan dengan mudah mengusir nyamuk yang mendekat ke rumah deh!

 

10 dari 17 halaman

Daun dan Batang Serai

Ilustrasi Serai © Diadona

Nah, yang satu ini adalah penggunaan salah satu bumbu rempah. Ya, daun dan batang serai rupanya cukup ampuh untuk mengusir nyamuk di dalam rumah.

Bau yang dimiliki serai inilah yang menjadikan nyamuk tidak berani mendekat. Haluskan batang dan daun serai hingga aromanya keluar terlebih dahulu.

Kemudian, masukkan ke dalam wadah dan campurkan dengan air. Masukkan ke dalam botol spray lalu sempritkan ke area ruangan yang banyak menjadi sarang nyamuk.

 

11 dari 17 halaman

Buah Lemon

Cara lainnya agar nyamuk tidak ada di rumah kamu bisa memanfaatkan perasan air buah lemon. Buah ini mengandung zat antiseptik yang tidak disukai banyak serangga, termasuk nyamuk.

Peras air lemon dan masukkan ke dalam botol spray. Lalu semprotkan ke area ruangan dan nyamuk tidak akan mendekat.

Selain itu, biar lebih simple kamu bisa mengiris-iris lemon hingga aromanya keluar. Letakkan saja di beberapa sudut ruangan, maka nyamuk tidak akan datang.

 

12 dari 17 halaman

Kulit Jeruk

Jika habis memakan buah jeruk jangan langsung buang kulitnya. Sebab, kulit jeruk adalah cara ampuh untuk mengusir nyamuk dengan mudah.

Aroma wangi dari kulit jeruk membuat nyamuk merasa teganggu lho! Kamu cukup menyimpan beberapa potongan kulit jeruk di sudut-sudut ruangan.

Nantinya, aroma kulit jeruk akan menyebar dan nyamuk tak akan menganggumu. Agar tidak mudah busuk, kamu bisa menjemur kulit jeruk terlebih dahulu sebelum meletakkan di sudit-sudut ruangan ya.

 

13 dari 17 halaman

Bubuk Kopi

Cara Mengusir Semut di Meja Makan - Bubuk Kopi © Diadona

Kopi tidak hanya untuk diminum saja, tapi juga ampuh untuk menghilangkan nyamuk. Aroma kopi yang terasa sedap bagi manusia, ternyata tak disukai oleh nyamuk lho!

Taburkan bubuk kopi ke dalam genangan air yang terdapat jentik nyamuk. Nantinya, bubuk kopi akan menyerap oksigen dan membuat jentik nyamuk mati karena tidak bernafas.

Cara ini bisa juga digunakan untuk menguras air di bak mandi agar terhindar dari jentik nyamuk ya.

 

14 dari 17 halaman

Gula Merah Cair

Air gula merah yang biasa dimanfaatkan untuk makanan dan minuman, bisa banget digunakan untuk mengusir nyamuk. Cara membuatnya pun mudah, cukup dicairkan dengan memanaskan beberapa keping gula merah.

Kemudian, gunakan botol plastik yang dibagi dua dan diolesi cairan gula merah. Simpan bagian corong botol dengan posisi terbalu untuk menutupu gula merah.

Lalu, letakkan di tempat yang banyak nyamuk. Maka nyamuk akan menghindari dan tidak mau mendekat.

 

15 dari 17 halaman

Pelihara Ikan

Siapa yang suka memelihara ikan? Ternyata, ini bisa menjadi cara ampuh untuk mengusir nyamuk lho!

Sebab, ikan hidup di air dengan jumlah yang banyak. Nyamuk akan sering menghamiri air dimana itu justru akan menjadi santapan ikan.

Kalau tidak memiliki aquarium, kamu bisa gunakan bak mandi. Lalu, isi dengan ikan, sehingga saat nyamuk menghampiri akan langsung dimakan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kolam atau aquarium ikan ya.

 

16 dari 17 halaman

Gantungan Minyak dan Plastik

Minyak Goreng © Diadona

Ini salah satu cara menjebak nyamuk tanpa alat yang mahal. Kamu cukup memanfaatkan minyak dan plastik.

Cara ini juga sangat efektif karena tidak memerlukan banyak waktu untuk mengusir nyamuk.

Cukup ikatkan plastik dengan tali di sudut ruangan. Lalu, olesi bagian luar plastik dengan minyak agar nyamuk menempel di sana dan terjebak.

 

17 dari 17 halaman

Pakai Cat Dinding Warna Kuning atau Orange

Selain bahan-bahan alami, kamu bisa mengusir nyamuk dengan penggunaan cat dinding untuk rumah lho! Nyamuk sangat menyukai area-area gelap dan lembab.

Nah, guna mengantisipasi nyamuk datang kamu bisa menggunakan cat berwarna terang seperti kuning atau orange untuk dinding rumah. Warna ini akan membuat ruangan menjadi lebih terang, ditambah dengan pencahayaan yang cukup akan membuat nyamuk tak berani mendekat.

Pakai saja salah satu atau kedua warna tersebut untuk area dinding rumah. Sesuaikan dengan desain rumah agar tetap cantik ya!

Itulah cara agar rumah tidak ada nyamuk. Kamu bisa mempraktikkannya dengan menggunakan bahan-bahan alami di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar