7 Tips Mengusir Cicak dengan Bahan Seadanya di Rumah

Reporter : Riza Umami
Rabu, 3 April 2024 18:30
7 Tips Mengusir Cicak dengan Bahan Seadanya di Rumah
Berikut ini beberapa tips mengusir cicak dari rumah.

Cicak di rumah sering kali menjadi salah satu gangguan bagi penghuni rumah karena apalagi jika jumlahnya agak banyak. Keberadaan cicak bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi mereka yang merasa takut atau jijik terhadap hewan tersebut.

Selain suara, keberadaan cicak di rumah juga dapat menjadi masalah bagi beberapa orang karena mereka cenderung meninggalkan kotoran atau bekas bekas di dinding atau langit-langit. Lalu, gimana sih cara mengusir cicak? Dilansir dari laman detik.com, berikut ini beberapa cara mengusir cicak di rumah.

1 dari 7 halaman

Mengusir Cicak Pakai Semprotan Merica

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com/GGRIGOROV

Mengusir cicak dengan semprotan merica adalah salah satu metode yang diyakini beberapa orang dapat mengurangi keberadaan cicak di dalam rumah. Cara ini umumnya dilakukan dengan menyemprotkan larutan merica yang diencerkan dengan air ke area di mana cicak sering terlihat atau tinggal.

Konon, aroma dan bau merica yang tajam dapat mengganggu sistem pernapasan cicak dan membuat mereka enggan untuk tinggal di area yang telah disemproti.

2 dari 7 halaman

Mengusir Cicak dengan Bawang Merah dan Putih

Cara Mengusir Cicak © Diadona© unsplash.com/Sanjay Dosajh

Kamu juga bisa menggunakan bawang merah dan putih untuk mengusir cicak. Cara ini menggunakan aroma yang kuat dari bawang merah dan putih untuk mengganggu penciuman dan sistem pernapasan cicak, sehingga membuat mereka enggan untuk tinggal di area yang telah diolah dengan bahan tersebut.

Untuk menerapkan cara ini, kamu dapat menghaluskan bawang merah dan putih, lalu meletakkannya di area di mana cicak sering terlihat atau beraktivitas, seperti sudut-sudut dapur, ruang bawah, atau tempat-tempat di mana cicak mungkin masuk ke dalam rumah.

3 dari 7 halaman

Mengusir Cicak Pakai Kamper

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Diazens juga bisa memanfaatkan kamper untuk mengusir cicak. Kamper mengandung senyawa kimia yang memiliki aroma yang kuat dan tidak disukai oleh banyak hewan, termasuk cicak.

Cara kerjanya adalah dengan meletakkan beberapa blok atau potongan kamper di area di mana cicak sering terlihat atau beraktivitas seperti di sudut-sudut dapur, ruang bawah atau tempat-tempat lain.

Aroma yang dihasilkan oleh kamper akan mengganggu penciuman dan sistem pernapasan cicak, sehingga membuat mereka enggan untuk tinggal di area yang telah diolah dengan bahan tersebut.

4 dari 7 halaman

Mengusir Cicak dengan Serai

Mengusir cicak dengan serai adalah salah satu metode alami yang cukup efektif karena serai mengandung senyawa kimia yang memiliki aroma yang tajam dan kuat, yang tidak disukai oleh cicak.

Untuk menggunakan serai segar, kamu bisa memotong serai menjadi potongan-potongan kecil dan menempatkannya di area di mana cicak sering terlihat, seperti dapur atau sudut-sudut rumah.

Aroma yang dihasilkan oleh serai akan mengganggu penciuman cicak dan membuat mereka enggan untuk tinggal di area yang telah diolah dengan bahan tersebut.

5 dari 7 halaman

Mengusir Cicak Pakai Cangkang Telur

Cara Mengusir Cicak © Diadona© unsplash.com/CA Creative

Cangkang telur juga bisa digunakan untuk mengusir cicak di rumah. Cara ini melibatkan penggunaan cangkang telur yang telah direbus dan kemudian dipecah-pecah menjadi potongan-potongan kecil.

Untuk menerapkan metode ini, kamu bisa menempatkan potongan-potongan cangkang telur yang sudah direbus di area di mana cicak sering terlihat atau beraktivitas, seperti dapur atau sudut-sudut rumah.

6 dari 7 halaman

Mengusir Cicak dengan Air Dingin

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com

Kamu pun bisa pakai air dingin untuk mengusir cicak. Beberapa orang percaya cicak akan sulit bergerak jika disiram dengan air dingin. Ini pun bisa memudahkan untuk menangkap cicak yang gesit tersebut dan dibuang jauh dari rumah.

7 dari 7 halaman

Mengusir Cicak dengan Menutup Celah atau Lubang

Cara Mengusir Cicak © Diadona© shutterstock.com/casanisa

Periksa jika kamu menemukan celah atau lubang di dinding, jendela, atau pintu yang mungkin menjadi tempat masuk bagi cicak. Tutup atau perbaiki celah tersebut untuk mencegah cicak masuk ke dalam rumah.

Itulah beberapa cara mengusir cicak dengan bahan-bahan seadanya yang mudah dijumpai di rumah. Semoga cara-cara di atas bisa membantu kamu untuk mengusir cicak dari rumah ya. Selamat mencoba!

Beri Komentar