8 Cara Membasmi Rayap di Lantai Rumah, Bersih Kinclong Cukup dengan Bahan Alami

Reporter : Arifina
Rabu, 3 April 2024 17:00
8 Cara Membasmi Rayap di Lantai Rumah, Bersih Kinclong Cukup dengan Bahan Alami
Hanya dengan bahan alami, rayap di lantai lenyap seketika!

Cara membasmi rayap di lantai rumah perlu untuk diperhatikan untuk mendapati ruangan yang bersih dan rapi. Rayap adalah salah satu hama yang paling merusak di rumah.

Jenis serangga satu ini dapat menyebabkan kerusakan struktural yang serius pada rumah jika tidak segera diatasi. Salah satu tempat bersarangnya rayap yang perlu menjadi perhatian penuh adalah lantai rumah.

Tentu saja hal itu sangat mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Selain itu, kemunculan rayap juga dapat membuat interior rumah menjadi rusak dan tidak estetik.

1 dari 9 halaman

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Rayap adalah hewan yang hidup berkoloni dan dapat merusak tatanan rumah jika tak segera diberantas. Karena itu, jika lantai rumahmu terindikasi adanya rayap maka harus segera dibasmi agar tidak memunculkan kerusakan.

Cara membasmi rayap di lantai rumah dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Kalian tak perlu repot menggunakan alat berat ataupun bahan-bahan yang susah.

Sebab, hanya dengan bahan-bahan alami di rumah kamu sudah bisa membasmi rayap dengan cepat. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu ikuti!

2 dari 9 halaman

Semprot dengan Air Garam

Garam menjadi salah satu bahan rumahan yang ampuh untuk mengusir rayap. Jika kamu sudah mulai mendapati kemunculan rayap, maka segera saja siapkan air garam.

Langkahnya, cukup campurkan garam dengan air secukupnya. Lalu masukkan ke dalam botol semprotan.

Kemudian, semprotkan air garam ke titik-titik yang menjadi sarang rayap. Sangat mudah dan praktis!

3 dari 9 halaman

Gunakan Air Cucian Beras

Cara lainnyaa yang mudah dilakukan untuk membasmi rayap di lantai rumah adalah menggunakan air bekas cucian beras. Tak perlu menunggu kemunculan rayap, langkah ini bisa kamu lakukan juga sebagai pencegahan sejak awal lho!

Masukkan saja air bekas cucian beras ke botol semprot. Lalu, semprotkan di titik-titik lantai yang memungkinkan menjadi sarang rayap.

Lakukan cara ini secara berkala agar rayap tidak datang dan merusak lantai rumah ya!

4 dari 9 halaman

Air Sabun

Cara mengusir rayap kayu © Diadona

Selain garam dan air cucian beras, air sabun juga ampuh untuk membasmi rayap di lantai rumah. Kamu bisa menggunakan air sabun biasa atau bekas detergen cucian lho!

Bahan tersebut ampuh karena memiliki komponen-komponen senyawa kimia yang dapat membasmi rayap. Cara melakukannya tak jauh berbeda dengan dua langkah sebelumnya.

Mmasukkan air sabun ke botol semprot, dan semprotkan di beberapa titik lantai yang menjadi sarang rayap. Namun, penggunaanya harus dilakukan secara hati-hati karena bisa menyebabkan lantai licin.

5 dari 9 halaman

Pakai Oli Bekas

Punya oli bekas motor di rumah? Jangan asal dibuang. Kamu bisa memakainya untuk membasmi rayap di lantai rumaah lho!

Cukup ambil oli bekas lalu oleskan pada titik-titik lantai yang menjadi sarang rayap. Perlu diperhatikan, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Sebab, oli juga salah satu bahan yang licin untuk lantai. Sehingga, saat penggunaan pastikan untuk tak melewati area terlebih dahulu sebelum dibersihkan ya!

6 dari 9 halaman

Gunakan Bahan Rempah-Rempah

Rempah-rempah sepertu daun salam dan daun kemangi rupanya ampuh untuk membasmi rayap pada lantai. Hal ini karena bau wangi rempah tidak disukai oleh rayap.

Hancurkan kedua daun tersebut, lalu oleskan di titik-titik lantai. Dengan begitu rayap tidak akan mendekat ke area lantai dan membuat ruangan lebih aman.

7 dari 9 halaman

Kapur Barus

Cara Menghilangkan Kutu Kasur - Kapur Barus dan Minyak Tanah © Diadona

Wangi dari kapur barus juga dinilai ampuh untuk membasmi rayap pada lantai nih! Pengaplikasiannya sangat mudah dan tidak ribet.

Kamu cukup meletakkan beberapa kapur barus di sekitar lantai. Senyawa naftalena pada bahan ini tidak disukai jenis serangga pengganggu, termasuk rayap. Dijamin, lantai rumah terbebas dari gangguan dan lebih bersih ya!

8 dari 9 halaman

Gunakan Solar

Solar juga salah satu bahan yang cukup efektif untuk membasmi rayap pada lantai. Cara penggunaanya tak jah berbeda dengan oli bekas.

Oleskan solar di beberapa titik lantai yang sekiranya menjadi sarang rayap. Kemudian, diamkan sejenak, dan bersihkan lantai kembali.

Rayap tidak akan datang, dan lantai rumah bebas dari kerusakan deh!

9 dari 9 halaman

Gunakan Tepung dan Gula

Tepung dan gula juga dinilai ampuh dalam membasmi rayap lho! Nah, cara penggunaanya adalah dengan mencampurkannya dengan cairan boric acid.

Campurkan ketiga bahan tersebut, lalu sebarkan di area yang diserang rayap. Dengan begitu, rayap akan memakan campuran ini dan mati.

Itulah beberapa cara membasmi rayap di lantai rumah yang bisa kamu praktikkan. Kini, tak perlu khawatir lantai rusak karena bisa dilakukan pencegahan dengan tepat. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar