5 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Karat di Baju, Auto Bersih deh

Reporter : Yoyok
Rabu, 3 April 2024 00:41
5 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Karat di Baju, Auto Bersih deh
Noda karat memang susah banget untuk dihilangkan dari baju.

Cara menghilangkan noda karat pada baju ternyata tidak susah-susah amat lho. Ada beberapa tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda karat pada baju.

Banyak hal yang bisa bikin pakaian kita kotor. Entah itu karena noda tinta, lumpur, saus, hingga bekas karatan sekalipun. Noda karat sering kali muncul setelah adanya gesekan antara besi yang berkarat dengan baju.

Banyak pemicu yang bisa membuat baju memiliki noda karat. Seperti halknya digantung di pagart besi, hingga dijemur pada kawat yang sudah berkarat.

Namun, kalian tidak perlu khawatir, tim Diadona telah menyiapkan beberapa solusinya. Berikut ini adalah deretan cara menghilangkan noda karat pada baju yang bisa kamu coba di rumah.

1 dari 5 halaman

Garam Dapur

Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju © Diadona© shutterstock.com

Cara menghilangkan noda karat di baju yang pertama yaitu dengan menggunakan garam dapur. Kandungan pada garam ternyata efektif dalam menghilangkan molekul besi pada baju.

Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah. Cukup rendam baju dalam air yang sudah dicampur dengan garam selam 20-30 detik. Hasilnya pun pasti kinclong deh.

2 dari 5 halaman

Cuka

Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju © Diadona© shutterstock.com

Cara kedua menghilangkan noda karat di baju yaitu dengan menggunakan cuka. Cukup campurkan satu sendok makan cuka ke dalam air hangat. Lalu, rendam baju yang terkena noda karat tersebut dalam larutan tersebut.

Kamu juga bisa langsung menuangkan cuka pada bagian baju yang terkena noda karat tanpa perlu direndam. Setelah itu, bilas baju hingga bersih.

3 dari 5 halaman

Baking Soda

Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju © Diadona© shutterstock.com

Cara selanjutnya dalam menghilangkan noda karat di baju yaitu dengan memanfaatkan baking soda. Baking soda memang efektif dalam menghilangkan berbagai noda pada pakaian, termasuk noda karat.

Cukup campurkan tiga sendok makan baking soda beserta detergen ke dalam cangkir air dingin. Lalu, oleskan campuran kedua bahan tersebut ke bagian baju yang terkena noda karat. Kemudian, gosok bagian tersebut dengan sikat gigi. Endingnya, bersihkan keseluruhan baju dengan detergen ringan.

4 dari 5 halaman

Lemon

Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju © Diadona© shutterstock.com

Lemon juga efektif lho Diazens sebagai cara menghilangkan noda karat di baju. Air perasan lemon memiliki zat asam yang mampu menghilangkan noda karat yang susah dihilangkan.

Caranya pun cukup mudah, potong lemon jadi dua bagian lalu gosokkan ke bagian baju yang ada noda karatnya. Jika masih membandel, maka campurkan sedikit garam ke lemon lalu gosokkan pada bagian baju yang kotor. Setelah selesai, jemu baju di bawah sinar matahari secara langsung selama satu jam.

5 dari 5 halaman

Krim Tartar

Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju © Diadona© shutterstock.com

Cara terakhir dalam menghilangkan noda karat di baju yaitu dengan menggunakan krim tartar. Bahan kue satu ini ternyata efektif dalam menghilangkan noda karat pada baju.

Pertam-tama, rebus dua liter air lalu campurkan enam sendok krim tartar. Angkat air rebusan dari kompor lalu rendam baju ke dalamnya selama 1-2 jam. Hindari menggunakan metode ini untuk pakaian yang berwarna atau elastis.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda karat di baju yang bisa kamu coba di rumah. Selama mencoba dan semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar