Biar Gak Membahayakan, Atur Perlengkapan Masak dan Ciptakan Dapur Ramah Anak!

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 8 Agustus 2020 11:34
Biar Gak Membahayakan, Atur Perlengkapan Masak dan Ciptakan Dapur Ramah Anak!
Anak suka berlarian sesuka hati, sudah cek kondisi dapur belum Moms?

Masa kanak-kanak memang waktu yang pas untuk menjalani aktivitas yang seru dengan kebiasaan berlari sesuka hati. Mengetahui hal ini, Moms harus lebih waspada saat mereka berlarian di dalam rumah khususnya di area dapur.

Banyak benda berbahaya seperti kompor, pisau, aliran listrik dari alat elektronik serta barang berbahaya lainnya yang belum dipahami oleh si Kecil. Berikut Diadona ulas beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan dapur ramah anak.

1 dari 6 halaman

Simpan Benda Tajam dalam Laci

Menyimpan Benda Tajam dalam Laci © Diadona

Alat pemotong seperti pisau yang diletakkan sembarangan bisa melukai si Kecil. Nah, mulailah dengan menyimpan alat pemotong dalam laci atau lemari kabinet ya Moms. Karena kebiasaan si Kecil yang asal memegang benda, maka hal ini akan meminimalisir mereka untuk tidak bermain benda tajam.

 

2 dari 6 halaman

Gunakan Cooker Hood

Menggunakan Cooker Hood © Diadona

Asap dapur yang dihasilkan dari proses memasak kerap kali membuat bau tak sedap. Asap berlebih juga bisa membahayakan pernapasan dalam tubuh termasuk si Kecil.

Moms bisa memasang cooker hood atau penghisap asap di atas kompor. Ketika asap mulai keluar, otomatis terhirup oleh alat tersebut dan tidak sampai menyebar ke ruang dapur.

3 dari 6 halaman

Penempatan Kompor

Kompor Listrik © Diadona

Pelengkap paling utama serta berbahaya dalam dapur adalah kompor. Oleh sebab itu Moms, letakkan kompor pada bagian yang sulit dijangkau oleh anak-anak ya. Moms bisa meletakkannya pada sudut dapur.

Tak lupa, letakkan juga tabung gas pada area tersembunyi seperti di bawah kitchen set. Moms juga bisa menggunakan stove guard biar si kecil tak bisa menyalakan kompor sembarangan.

4 dari 6 halaman

Simpan Benda Pecah Belah dalam Lemari

Benda Pecah Belah © Diadona

Bukan hanya alat tajam seperti pisau, Moms juga perlu memperhatikan penyimpanan benda-benda pecah belah. Letakkanlah benda tersebut dalam lemari kabinet.

Ingat Moms, material kaca atau keramik pada alat makan misalnya, tentu bisa melukai si Kecil saat tak sengaja terjatuh dan pecah lantaran penyimpanannya yang asal.

5 dari 6 halaman

Pelindung Stop Kontak

Memasang pelindung pada stop kontak di dapur tentu dilakukan bukan tanpa alasan. Hal ini akan mencegah si Kecil memasukkan jari-jarinya ke dalam lubang tersebut.

Si Kecil itu punya sifat ingin tahu yang tinggi karena masih dalam proses belajar. Tak hanya itu saja Moms, pelindung pada stop kontak ini juga berfungsi untuk menghindari korsleting listrik yang terjadi saat tak sengaja terkena cipratan air atau uap.

6 dari 6 halaman

Kitchen Island

Kitchen Island © Diadona

Anak pada masa aktif memang suka berlarian sesuka hati termasuk dalam dapur. Tak sengaja, mereka terkadang sering tersandung atau terbentur barang serta material pendukung dekorasi rumah termasuk kitchen island.

Maka dari itu, jaga si Kecil dengan memasang pelindung pada tiap sudut kitchen island. Pasangkan juga ganjalan empuk pada sudut meja atau lemari yang ada di dapur.

Bagaimana Moms, mudah bukan? Yuk, lindungi si Kecil dengan menciptakan dapur ramah anak di rumah. Selamat mencoba!

 

Beri Komentar