Sering Jadi Pengeluaran Besar Tiap Bulan, Ketahui 4 Penggunaan dan Trik Hemat Listrik di Dapur!

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 8 Agustus 2020 09:55
Sering Jadi Pengeluaran Besar Tiap Bulan, Ketahui 4 Penggunaan dan Trik Hemat Listrik di Dapur!
Hemat listrik yuk Moms!

Banyaknya peralatan elektronik yang bisa digunakan di dapur seperti rice cooker, oven, blender, hingga kulkas membuat biaya pembayaran listrik ikut membengkak. Belum lagi kalau menggunakan kompor listrik. Jangan heran saat tiap bulan Moms harus mengeluarkan biaya lebih hingga tak khayal bisa membuat kantong jebol.

Tak perlu khawatir, berikut Diadona ulas dalam 4 trik penggunaan hemat listrik yang bisa dilakukan pada alat elektronik di dapur.

1 dari 4 halaman

Kulkas

Kulkas © Diadona

Hindari menyimpan langsung makanan yang masih dalam keadaan panas ke dalam kulkas ya Moms. Hal ini dapat memicu mesin kulkas bekerja lebih keras. Pastikan juga Moms tidak mengisi kulkas dengan bahan makanan atau minuman yang terlalu penuh.

Semakin banyak isi kulkas, maka semakin besar juga energi listrik yang dibutuhkan untuk mempertahankan suhu dingin. Tak hanya itu, jangan membuka pintu kulkas terlalu sering karena setiap kali pintunya terbuka, kulkas membutuhkan energi listrik lebih banyak lagi. Jadi, pastikan memikirkan barang apa yang ingin masuk dan keluar kulkas ya Moms.

2 dari 4 halaman

Blender

Blender © Diadona

Moms bisa memotong semua bahan minuman dalam ukuran yang lebih kecil. Tentu, semua potongan bahan minuman seperti buah akan lebih cepat hancur. Penggunaan energi listrik pun jadi lebih sedikit.

3 dari 4 halaman

Oven

Oven © Diadona

Hampir sama dengan kulkas, jangan terlalu sering membuka-tutup pintu oven untuk sekadar melihat keadaan makanan di dalamnya. Hal ini bisa menurunkan tingkat kepanasannya dan membuat oven harus bekerja lebih keras lagi untuk menstabilkan suhu panas.

Menghemat energi listrik dari oven juga bisa dilakukan dengan memanaskan atau memanggang makanan secara bersamaan. Energi yang dikeluarkan oleh oven akan lebih sedikit daripada memanaskan secara terpisah.

4 dari 4 halaman

Kompor Listrik

Kompor Listrik © Diadona

Potong bahan makanan yang akan dimasak jadi ukuran yang lebih kecil, seperti sayur atau daging sehingga lebih cepat matang. Moms juga bisa menggunakan penutup panci atau wajan saat memasak untuk mempercepat proses kematangan makanan.

Terlepas dari barang elektronik di dapur, Moms juga bisa menghemat listrik dengan mematikan lampu dan membuka jendela dapur pada pagi dan siang hari agar banyak cahaya yang masuk sebagai pengganti lampu. Selain bertujuan untuk menghemat listrik, suasana di dapur juga akan jadi lebih sejuk saat jendela dibuka. Semoga trik ini bisa membantu ya Moms. Selamat mencoba.

 

Beri Komentar