9 Atap Rumah Minimalis Modern yang Bikin Tampilan Bangunanmu Lebih Kekinian

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 16 September 2023 09:00
9 Atap Rumah Minimalis Modern yang Bikin Tampilan Bangunanmu  Lebih Kekinian
Percantik bangunan rumah kamu dengan desain atap rumah minimalis modern yang keren abis!

Atap rumah minimalis modern saat ini kian populer dalam dunia interior dan arsitektur. Dengan desain yang sederhana ini menjadikannya pilihan favorit bagi banyak pemilik rumah. Model atap yang minimalis ini memiliki tampilan sederhana, elegan dan kekinian sehingga tak heran mengapa menjadi populer dan favorit dalam dunia interior. 

Meskipun berbagai bentuk, atap ini memiliki fungsi yang sama yakni melindungi bangunan di bawahnya dari panas terik matahari dan hujan agar tetap kokoh. Atap memiliki peranan penting dalam penilaian estetika dan fungsional rumah. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih konsep atap yang tepat agar hunianmu terlihat menarik.  

Desain atap rumah minimalis saat ini semakin beragam. Berbagai macam model dari sederhana hingga mewah sekalipun semakin baru dan inovatif. Banyak model atap yang bisa menjadi pilihan kamu. Penasaran apa aja modelnya?

Berikut 9 model atap rumah minimalis modern yang dapat menjadi referensi kamu untuk membuat atap kekinian yang keren.

1 dari 9 halaman

Atap Rumah Minimalis Model Pelana

Atap Rumah Minimalis Modern © Diadona

Siapa sih yang nggak familiar dengan bentuk atap segitiga ini? Yap, penggunaan atap rumah minimalis modern model yang satu ini cukup marak digunakan terutama masyarakat Indonesia. Kenapa atap dengan model yang satu ini cukup diminati, dilansir dari blkp.co.id (15/9) atap model segitiga ini memiliki kelebihan yakni konstruksi yang lebih simpel dan daya tahan yang kokoh. 

Atap dengan bentuk dua sisi miring yang menyatu ini mirip seperti pelana kuda. Meskipun model tersebut tergolong umum, tetapi terlihat minimalis dan menarik. Kamu dapat memadukan atap model ini dengan fasad rumah yang sesuai dengan konsep dan interior kamu! 

2 dari 9 halaman

Atap Rumah Minimalis Model Limasan

Atap Rumah Minimalis Modern © Diadona

Model atap selanjutnya yakni model perisai. Atap rumah minimalis modern dengan model ini memiliki bentuk segitiga yang miring ke empat sisi atau sudut yang menyerupai tampilan piramida. Bagi kamu yang suka dengan bentuk rumah Joglo, kamu bisa memilih atap dengan model ini. Bentuk atap Limasan mirip dengan atap Joglo yang megah. 

Selain itu, yang menjadikannya cukup diminati yaitu bentuk atapnya yang terlihat unik dan gak mainstream. Namun, untuk menggunakan model atap ini, kamu akan membutuhkan lahan yang terbilang cukup luas, Diazens!

3 dari 9 halaman

Atap Rumah Minimalis Model Datar

Atap Rumah Minimalis Modern © Diadona

Model atap yang satu ini akhir-akhir ini cukup diminati pada beberapa tahun terakhir. Atap rumah minimalis modern dengan model ini banyak dipilih bagi mereka yang ingin tampilan huniannya terlihat modern dan minimalis. Selain itu, membuat atap dengan desain ini terbilang cukup mudah dan murah, sehingga biaya yang kamu keluarkan untuk membuat atap ini terjangkau. 

Kombinasi atap datar berwarna abu-abu dengan interior berwarna putih dan material batu alam mampu mempercantik tampilan hunianmu. Kamu juga bisa menambahkan area tambahan seperti area teras atau taman agar terlihat semakin nyaman. Gimana dengan desain atap rumah yang satu ini, apakah kamu tertarik? 

4 dari 9 halaman

Atap Rumah Minimalis Melandai Satu Sisi

Atap Rumah Minimalis Modern © Diadona

Siapa sih yang nggak pengen punya tampilan rumah yang bagus dan modern? Salah satunya pada model atap rumah minimalis modern berbentuk asimetris ini yang memang terlihat unik dan menarik. Atap model melandai satu sisi ini biasanya digunakan pada desain bangunan modern atau kontemporer karena tampilannya elegan dan minimalis. Penggunaan model ini juga dapat mempercantik bagian depan rumahmu agar terlihat lebih menawan. Kelihatan estetik banget ya, Diazens?

Selain terlihat estetik dan elegan, desain atap ini memiliki fungsi sebagai pengoptimalan cahaya masuk ke dalam rumah dengan adanya material kaca pada bagian atasnya. Jadi selain bentuk atap yang buat bangunan makin cantik, ternyata fungsional ya sebagai ventilasi!

5 dari 9 halaman

Atap Rumah Minimalis Miring Dua Sisi

Atap Rumah Minimalis Modern © Diadona

Nah, desain yang satu ini memang terlihat amat modern dan minimalis. Atap miring dua sisi atau miring ke kanan dan kiri ini memiliki tampilan yang khas. Bentuk yang terlihat tidak simetris antara kanan dan kiri ini juga cukup digandrungi oleh para pecinta interior rumah. 

Jika dilihat kembali desain atap rumah minimalis modern ini sebenarnya cukup sederhana di mana bagian setengah segitiga sebelah kanan dibuat lebih tinggi daripada yang sebelah kiri. Meskipun dengan bentuk yang tidak simetris ini, justru menambah kesan modern dan minimalis pada bangunan. Jika kamu tertarik dengan desain yang satu ini, kamu dapat menggunakan jasa arsitek untuk mendapatkan hasil memuaskan!

6 dari 9 halaman

Atap Rumah Minimalis Model Pelana Bertingkat

Atap Rumah Minimalis Modern © Diadona

Bentuk atap rumah yang satu ini juga cukup menjadi tren nih di kalangan masyarakat. Atap rumah minimalis modern dengan model ini memang banyak sekali digunakan masyarakat Indonesia saat ini. Bangunan dengan model atap ini biasanya digunakan dalam pembangunan perumahan nasional. 

Konstruksi pada bentuk atap yang satu ini dapat dikatakan mudah jadi cukup hemat di kantong nih. Model ini memang hanya membutuhkan material yang sedikit jadi tidak terlalu merogoh kocek banyak untuk membuat model atap ini. Selain itu, model ini juga cocok buat kamu yang memiliki lahan yang terbatas nih!

7 dari 9 halaman

Atap Rumah Minimalis Model Miring Satu Sisi

Atap Rumah Minimalis Modern © Diadona

Membangun rumah impian yang modern dan minimalis tentu kamu dapat menggunakan model atap rumah minimalis modern yang satu ini. Dengan bentuknya yang satu sisi atap memanjang ke samping membuatnya terlihat lebih tinggi dan modern minimalis. 

Dari bentuknya memang terlihat tidak terlalu rumit, tetapi dengan model sisi atap yang memanjang ke bawah ini memberikan kesan mewah dan elegan pada bentuk bangunan hunian kamu. Nah, menurut kamu gimana nih desain yang satu ini? 

8 dari 9 halaman

Atap Rumah Minimalis Model Kupu-Kupu

Atap Rumah Minimalis Modern © Diadona

Kamu tertarik dengan model atap rumah minimalis modern yang terlihat mewah dan unik? Mungkin model ini bakalan cocok untuk kamu nih. Desain atap yang terlihat seperti sayap kupu-kupu yang sedang terbang ini terlihat unik dan menarik. Sekilas atap ini terlihat seperti model pelana dengan bentuk garis miring yang menyatu. 

Model atap ini memang cukup eye-catching karena bentuknya yang unik. Selain itu, bentuk atap yang melandai ke tengah juga mempunyai fungsi yang berguna untuk menadah air hujan atau mengalikan agar tidak tempias. Apakah kamu tertarik dengan desain yang satu ini, Diazens?

9 dari 9 halaman

Atap Rumah Minimalis Modern Model Tenda

Atap Rumah Minimalis Modern © Diadona

Jika kamu suka dengan desain yang cukup unik, referensi yang satu ini dapat kamu pertimbangkan nih! Jika biasanya bangunan terdiri dari atap lalu bagian bawah pondasi berbentuk kotak, lain halnya dengan model yang satu ini. Semua bangunan berbentuk segitiga yang menyerupai tenda camping. 

Dengan desain yang unik dan perpaduan warna netral serta penggunaan material kaca pada bagian depannya, bangunan ini terlihat mewah dan elegan. Bagi kamu yang ingin merasakan seperti liburan di vila setiap hari, kamu bisa coba menerapkan model yang satu ini. 

Nah Diazens, itu tadi beberapa model atap rumah minimalis modern yang redaksi Diadona sajikan buat kamu. Atap selain menjadi komponen penting dari pondasi rumah juga bagian menonjol yang menentukan tampilan rumahmu. Kira-kira dari 9 model di atas yang menurutmu paling cocok untuk rumah kamu yang mana nih? 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar