8 Rumah Minimalis Atap Miring dengan Berbagai Model yang Unik dan Menarik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 11 Oktober 2023 19:26
8 Rumah Minimalis Atap Miring dengan Berbagai Model yang Unik dan Menarik
Selain memiliki desain yang menarik, rumah minimalis atap miring juga menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk rumah!

Rumah minimalis atap miring biasa disebut dengan tipe atap perisai. Model atap ini sangat ramah dipasang di rumah-rumah Indonesia yang kerap terkena pancaran sinar matahari di sepanjang tahun. Atap rumah miring didesain dengan memiliki kemampuan yang baik dalam menahan udara panas sehingga bisa menjadikan ruangan di rumah terasa sejuk. 

Selain itu, atap miring disusun dengan menggunakan bahan-bahan ringan yang mampu membuat benda yang ada di atap bisa jatuh dengan mudah misalnya daun pohon. Penggunaan atap miring di musim hujan sangat memudahkan air hujan untuk jatuh ke bawah tanah sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya penumpukan air di atas atap yang rawan terhadap kebocoran.

Yuk intip rekomendasi rumah minimalis atap miring yang bisa jadi pilihanmu untuk melindungi tampilan rumahmu dengan nyaman dan menarik.

1 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Atap Miring Satu Sisi

Rumah Minimalis Atap Miring © Diadona

Memiliki halaman rumah yang terbatas tidak menghalangimu untuk menggunakan bentuk atap rumah yang keren seperti ini. Atap ini memiliki ukuran kemiringan sudut 45 derajat dan merupakan ukuran kemiringan yang ideal dalam memasang atap miring.

Dengan memiliki bentuk yang sederhana pada atap miring satu sisi, tampilan rumah kamu akan lebih leluasa dan elegan. Jika tertarik menggunakan atap miring satu sisi, pastikan bahan penyusun atap ini memiliki ketebalan ukuran yang pas untuk menjaga keseimbangan dari pondasi rumah. 

2 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Atap Miring Dua Sisi Berlawanan

Rumah Minimalis Atap Miring © Diadona

Atap miring dengan 2 sisi yang saling berlawanan ini memiliki bentuk yang tidak simetris. Salah satu permukaan atap sengaja dipasang lebih rendah dari sisa permukaan atap lainnya sehingga memberikan kesan atap yang saling bertabrakan.

Kemudian, cat rumah yang menggunakan dua warna mencolok di setiap sisi dinding luar rumah juga membuat tampilan rumah terlihat lebih nyentrik dan modern. Gimana, menarik bukan?

3 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Atap Miring Dua Sisi yang Kembar

Rumah Minimalis Atap Miring © Diadona

Terlihat serupa tetapi berbeda, desain atap miring yang dipasang saling menyamping ini memberikan tampilan atap rumah yang tampak kembar. Permukaan atap ini memiliki 2 ukuran yang berbeda, di mana salah satu sisi atap memiliki ukuran yang mini sementara sisi atap lainnya memiliki ukuran yang lebih besar.

Atap ini juga terlihat seperti bentuk huruf L yang dibalik dan memiliki panjang yang berbeda di setiap sisi atap sehingga terkesan cukup detail dan menggemaskan.

4 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Atap Miring ke Depan

Rumah Minimalis Atap Miring © Diadona

Atap dengan kemiringan ke depan memiliki desain yang terlihat jatuh lurus ke bagian depan rumah. Atap ini cenderung memiliki penampilan yang terkesan polos, sehingga bisa kamu tambahkan dengan jendela atas yang berukuran kecil untuk mempercantik desain atap. 

Untuk memasang atap ini, kamu perlu mempertimbangkan jarak yang pas dari bagian atap bawah dengan bagian depan rumah supaya tidak menjadikan lantai teras maupun halaman depan rumah banjir saat hujan.

5 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Atap Miring dengan Bentuk Kupu-Kupu

Rumah Minimalis Atap Miring © Diadona

Butterfly roof atau nama lain dari atap rumah miring yang memiliki bentuk seperti sayap kupu-kupu ini ternyata telah hadir sejak pasca perang di Amerika loh! Atap rumah kupu-kupu merupakan wujud sejarah dalam memodernisasikan rumah tradisional di Amerika yang menghadirkan garis-garis simpel dan tegas sebagai bentuk penerapan dari prinsip-prinsip desain modern. 

Atap rumah ini memiliki pesona yang unik dan menarik perhatian tampilan rumah. Bagaimana, tertarik menggunakan model atap yang satu ini gak Diazens?

6 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Atap Miring Berundak

Rumah Minimalis Atap Miring © Diadona

Atap miring berundak bisa memberikan ilusi rumah terlihat lebih tinggi dari ukuran yang sebenarnya. Lapisan-lapisan atap miring ini dipasangkan secara berjajar dan dimulai dari permukaan atap rumah yang rendah hingga naik ke tingkat permukaan atap yang lebih tinggi dari permukaan atap sebelumnya. 

Atap miring berundak cocok dipasangkan di rumah yang lebih memiliki ukuran halaman panjang supaya menonjolkan tampilan dari atap-atap miring tersebut.

7 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Atap Miring Segitiga

Rumah Minimalis Atap Miring © Diadona

Atap rumah segitiga didesain dengan memiliki 2 permukaan atap yang saling berlawanan dan dipertemukan di satu titik tengah yang saling terhubung secara simetris. Tidak hanya menampilkan kemiringan dari atap segitiga, keikutsertaan terhadap sisi ruang rumah yang juga ditampilkan dengan bentuk segitiga secara utuh dapat memberikan kesan yang menggemaskan. 

Kemiringan atap segitiga ini memiliki ukuran yang pas dan sangat aman untuk dipasangkan di rumah.

8 dari 8 halaman

Rumah Minimalis Atap Miring Kombinasi

Rumah Minimalis Atap Miring © Diadona

Atap rumah yang terdiri dari kombinasi bentuk atap datar dan atap miring memberikan manfaat yang maksimal untuk melindungi rumahmu. Kedua bentuk atap ini memiliki kelebihannya yang bisa saling melengkapi saat kamu menggabungkannya secara bersamaan. 

Pemasangan bentuk atap datar mengeluarkan biaya yang tidak terlalu banyak dan bisa dijadikan sebagai pelengkap dari tampilan atap rumahmu apabila ingin tetap menggunakan bentuk atap segitiga tetapi memiliki budget yang terbatas. 

Berbagai model rumah minimalis atap miring di atas cocok untuk diterapkan di segala jenis rumah. Selain memiliki tampilan yang cantik, bentuk atap miring juga didesain untuk memiliki  menghadirkan rasa aman saat berada di rumah. 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar