10 Tempat Wudhu Minimalis yang Kekinian, Estetik dan Fungsional

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 27 Oktober 2023 16:17
10 Tempat Wudhu Minimalis yang Kekinian, Estetik dan Fungsional
Dengan merancang konsep tempat wudhu minimalis dapat menghemat ruang menjadi lebih efisien dengan desain yang indah.

Tempat wudhu minimalis memiliki konsep yang mengutamakan kesederhanaan dan dirancang untuk memanfaatkan ruang secara efisien. Tempat wudhu berfungsi untuk melakukan wudhu sebelum salat. Memiliki fungsi yang krusial untuk ibadah, tempat wudhu yang minimalis juga mengutamakan estetika dan kenyamanan. 

Di beberapa rumah yang memiliki ruang terbatas terkadang tidak memiliki tempat khusus untuk berwudhu. Terkadang kamar mandi juga digunakan untuk tempat berwudhu yang mungkin berpengaruh pada masalah kesucian. Dengan konsep efisiensi ruang, tempat wudhu yang minimalis dapat menjadi solusi efektif untuk rumah dengan lahan minim. 

Membuat tempat wudhu yang minimalis di rumah agar terlihat indah dan bersih, tentunya membutuhkan perencanaan yang tepat. Mulai dari pemilihan desain yang sesuai dengan interior rumah hingga elemen dekoratif yang perlu ditambahkan, perlu dipikirkan baik-baik. Tentunya bikin bimbang untuk menerapkan desain seperti apa yang harus diterapkan. 

Nah, sekarang kamu nggak perlu bimbang lagi mau menerapkan desain yang seperti apa. Berikut ini beberapa referensi model dan desain tempat wudhu minimalis yang bisa langsung ditiru!

1 dari 10 halaman

Tempat Wudhu Dekat dengan Mushola

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Tempat wudhu minimalis yang pertama yakni desain tempat wudhu yang bersebelahan secara langsung dengan tempat ibadah. Menempatkan tempat wudhu yang bersebelahan dengan tempat ibadah dapat memberikan kemudahan seseorang dalam menunaikan sholat tanpa harus berpindah-pindah tempat dan dapat menghemat waktu. Selain itu, menempatkan tempat wudhu menjadi satu ruangan dengan tempat ibadah menjadikan ruang terlihat lebih efisien, terutama jika ruang terbatas.

Pada gambar di atas, tempat ibadah dibuat lebih tinggi dari tempat wudhu sebagai pemisah dan agar tetap terjaga kebersihannya. Desain ini mengkombinasikan warna cokelat dengan krem. Kemudian, desainnya menggunakan keramik batu alam yang menambahkan kesan alami dan nyaman untuk melaksanakan ibadah. Penambahan furnitur kayu sebagai rak dinding dan tanaman hias membuat tampilan tempat wudhu terlihat makin cantik.

2 dari 10 halaman

Tempat Wudhu di Laundry Room

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Menempatkan tempat wudhu minimalis bersebelahan dengan ruangan mencuci atau laundry room menjadi ide yang bagus. Kamu bisa memanfaatkan ruang menjadi efisien dengan menggabungkan dua fungsi dalam satu ruang. Ini dapat menjadi solusi praktis, terutama yang memiliki ruang terbatas dalam rumah. 

Tempat wudhu yang berada di laundry room ini memiliki konsep yang semi outdoor. Desain yang diterapkan pada tempat wudhu sekaligus ruang laundry ini mengusung tema sentuhan alam dengan bagian dinding yang dibuat kasar bertekstur, penambahan tanaman hijau, dan kerikil hias yang memberikan tampilan alami.

3 dari 10 halaman

Tempat Wudhu di Area Outdoor

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Tidak hanya di area indoor saja, penempatan tempat wudhu minimalis juga dapat di luar rumah. Tidak membutuhkan banyak ruang, tempat wudhu outdoor ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki space lagi di dalam rumah. Kamu perlu memilih tempat yang mudah diakses dari dalam rumah atau tempat sholat.

Desain pada tempat wudhu ini dapat ditambahkan elemen dekoratif seperti tanaman hias, kerikil dan ornamen dinding menyerupai kayu pada sisi kran air. Tempat wudhu outdoor ini menggunakan kayu palsu yang terbuat dari semen dan lebih tahan terhadap cuaca.

4 dari 10 halaman

Tempat Wudhu di Bawah Tangga

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Biasanya space bawah tangga seringkali kurang dimanfaatkan dengan baik dalam perencanaan ruang. Ternyata space bawah tangga dapat menjadi tempat yang sangat berharga dan bermanfaat. Salah satunya yakni menjadikannya tempat ibadah sekaligus tempat wudhu yang praktis dan efisien. 

Mendesain tempat wudhu di bawah tangga dapat meningkatkan estetika ruangan. Selain itu, tempat wudhu yang berada di tengah ruangan ini dapat ditambahkan lantai kayu atau kerikil di bagian luarnya untuk mengantisipasi cipratan air agar tidak licin di lantai. 

5 dari 10 halaman

Tempat Wudhu Portable

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Dalam menciptakan tempat wudhu minimalis yang praktis dan modern, kamu dapat menggunakan model tempat wudhu yang satu ini. Tempat wudhu portable biasanya terbuat dari material fiberglass yang di desain elegan dan praktis digunakan. Biasanya tempat wudhu model ini digunakan di hotel atau tempat wisata. 

Menggunakan tempat wudhu portable di rumah dapat menjadi solusi yang efisien, terutama jika kamu memiliki ruang yang terbatas atau tidak memiliki fasilitas wudhu yang permanen. Jadi, kamu tidak perlu mengubah struktur rumah.

6 dari 10 halaman

Tempat Wudhu dengan Aksen Kayu

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Ingin tempat wudhu minimalis di rumah dengan desain mencolok dan juga menarik? Kamu dapat merancang desain tempat wudhu dengan menggabungkan 3 model keramik, loh! Perpaduan keramik putih polos, abu-abu corak dan kayu memberikan kesan bersih, modern dan alami. 

Jika kamu memiliki ruang yang cukup luas untuk dijadikan tempat wudhu, kamu dapat memaksimalkan penggunaan ruang wudhu yang luas dengan beberapa kran yang memudahkan beberapa orang melaksanakan wudhu secara bersamaan. Selain itu, kamu dapat menyediakan tempat duduk wudhu yang memberikan kemudahan untuk orang berkebutuhan khusus atau lansia.

7 dari 10 halaman

Tempat Wudhu Nuansa Hijau Indoor

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Membuat tempat wudhu minimalis dengan nuansa hijau merupakan pilihan yang bagus supaya terlihat alami dan segar. Menciptakan tempat wudhu dengan nuansa hijau tanaman tidak harus diaplikasikan di outdoor atau semi outdoor loh! Kamu bisa banget membuatnya di dalam ruangan tertutup. 

Kamu dapat menambahkan tanaman-tanaman hias yang cocok untuk indoor. Namun, jika kamu ingin lebih praktis dan tidak perlu melakukan perawatan, kamu dapat menggunakan tanaman hias sintetis. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan aksen kayu sebagai elemen dekoratif seperti pot atau tatakan bunga.

 

8 dari 10 halaman

Tempat Wudhu di Space Bermain

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Pemanfaatan ruang menjadi dua fungsi sekaligus merupakan pilihan yang tepat untuk memaksimalkan ruang, salah satunya menjadikan ruang bermain anak sekaligus tempat wudhu minimalis. 

Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan lantai dengan model yang tidak licin atau bertekstur agar mudah dibersihkan dan tidak licin karena cipratan air. Kamu juga dapat menambahkan pencahayaan yang baik agar nyaman dalam berwudhu sekaligus menjadi elemen dekoratif yang mempercantik tampilan ruangan.

9 dari 10 halaman

Tempat Wudhu dengan Sentuhan Batu Alam

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Ingin tampilan tempat wudhu minimalis yang sederhana tapi memiliki tampilan yang ciamik? Desain tempat wudhu yang satu ini dapat menjadi rekomendasi yang pas untuk kamu. Desain tempat wudhu ini menggunakan sentuhan batu alam yang membingkai pada sisi-sisi tempat wudhu yang memberikan tampilan estetik yang indah. 

Di sisi-sisi tempat wudhu dapat ditambahkan kerikil yang menambah sentuhan estetis. Selain itu, kamu bisa menambahkan elemen alami seperti rumput sintetis dan tanaman hias yang memberikan sentuhan kontras pada material batu alam yang digunakan.

10 dari 10 halaman

Tempat Wudhu yang Megah

Tempat Wudhu Minimalis © Diadona

Terakhir, tempat wudhu minimalis yang megah dapat menjadi rekomendasi untuk kamu. Desain tempat wudhu ini menggunakan warna dominan krem pada lantai dan juga dindingnya. Terdapat tiga model keramik yang digunakan yakni model terrazzo, polos dan juga aksen kayu yang menjadikan perpaduan apik pada tampilan tempat wudhu. 

Selain itu, tempat wudhu ini tampak semakin mewah dan eye-catching karena motif dinding bergaya turki dan juga didukung oleh pencahayaan yang tepat. Tempat wudhu model ini juga dilengkapi dengan tempat duduk yang tentunya akan memudahkan terutama bagi lansia atau seseorang yang berkebutuhan khusus. 

Itulah beberapa model dan desain tempat wudhu yang sudah redaksi Diadona rangkum untuk kamu. Mulai dari desain yang sederhana hingga yang mewah pun dapat menjadi referensi tambahan untuk kamu dalam membuat tempat wudhu minimalis di rumah, nih! 

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar