10 Aplikasi Desain Rumah 3D Gratis untuk Merancang Hunian Tanpa Arsitek

Reporter : Aditia
Selasa, 19 Desember 2023 14:39
10 Aplikasi Desain Rumah 3D Gratis untuk Merancang Hunian Tanpa Arsitek
Aplikasi desain rumah gratis memungkinkan siapa saja bisa merancang dan mengubah desain rumah mereka sendiri meskipun tidak punya pengalaman di dunia arsitek

Siapa yang tak ingin memiliki rumah impian tanpa harus membayar mahal untuk jasa arsitek? Sekarang, dengan maraknya aplikasi desain rumah gratis, impian itu bisa jadi kenyataan! Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan siapa saja bisa merancang dan mengubah desain rumah mereka sendiri meskipun tidak punya pengalaman di dunia arsitek. Bayangkan, tidak perlu lagi memikirkan biaya mahal atau terkendala ide-ide kreatif! 

Sebelum adanya aplikasi desain rumah, sebagian besar orang akan menyewa arsitek untuk mendesain rumah jika ingin punya tampilan yang menawan. Namun, dengan aplikasi desain rumah gratis, sekarang kamu bisa menjadi arsitek bagi rumah impianmu sendiri. Tanpa perlu membayar biaya konsultasi atau honor arsitek, kamu bisa bereksperimen dengan desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

Satu hal yang hebat tentang aplikasi desain rumah gratis adalah kamu bisa menghemat banyak biaya tanpa harus mengorbankan kualitas desain. Berbagai aplikasi tersebut menyediakan fitur-fitur canggih seperti visualisasi 3D, simulasi pencahayaan, dan pilihan material yang memungkinkan kamu membuat desain yang realistis dan sesuai dengan impianmu.

Selain itu, kamu bisa mengganti-ganti warna, penataan ruangan, hingga ukuran rumah sesuai dengan keinginanmu, menjadikan proses mendesain rumah menjadi pengalaman yang kreatif dan menyenangkan.

Dengan kemudahan akses dan penggunaan yang ramah pengguna, aplikasi desain rumah gratis merupakan solusi terbaik untuk semua lapisan masyarakat. Baik bagi mereka yang baru pertama kali memiliki rumah atau yang ingin merenovasi, aplikasi ini menjembatani impian desain rumah yang ideal tanpa harus repot menguras kantong yang dalam.

Aplikasi Desain Rumah Gratis untuk iOS, Android dan PC

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi desain rumah gratis yang bisa kamu download di AppStore, PlayStore maupun Windows Store untuk merancang desain rumah impian!

 

1 dari 10 halaman

Home Design 3D

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Home Design 3D menjadi aplikasi desain rumah gratis unggulan di platform Android. Aplikasi ini memberikan solusi bagi pengguna untuk membuat desain rumah dengan detail, mulai dari denah ruangan, pemilihan dekorasi interior, pola lantai, hingga pilihan warna dan motif dinding yang sesuai dengan gaya masing-masing.

Tenang aja, pengguna dapat membuat format desain baik 2D maupun 3D. Namun, untuk mengakses fitur-fitur tambahan dan menarik, pengguna disarankan untuk menggunakan versi premium dengan keuntungan yang lebih lengkap dibanding akun gratis. 

 

2 dari 10 halaman

Design Home: House Renovation

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Design Home: House Renovation adalah aplikasi desain rumah gratis yang memungkinkan pengguna, baik pengguna Android maupun iOS, untuk merancang interior dan eksterior rumah. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur, termasuk koleksi furnitur dan dekorasi yang tersedia dari berbagai merek.

Pengguna dapat menyesuaikan ruang mereka dengan berbagai gaya dan merek furnitur yang tersedia. Meskipun banyak fitur dapat dinikmati secara gratis, tersedia juga opsi pembelian dalam aplikasi untuk item-item premium dan meningkatkan pengalaman desain. 

 

3 dari 10 halaman

Homestyler

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Aplikasi desain rumah gratis selanjutnya ada Homestyler yang memudahkan pengguna merancang dan merencanakan ruangan dengan cara yang akurat. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna mencoba berbagai ide desain interior.

Salah satu fitur utamanya adalah kemampuan untuk mencoba furnitur dan dekorasi secara virtual, kamu hanya perlu memotret ruanganmu agar lebih akurat. Dengan berbagai fitur dan kemampuan cross-platform, aplikasi ini menjadi alat yang berguna untuk merancang ruangan dengan lebih kreatif dan efektif.

 

4 dari 10 halaman

Houzz: Home Design & Remodel

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Houzz: Home Design & Remodel adalah aplikasi yang menyediakan solusi lengkap bagi kamu yang ingin merencanakan dan merombak rumah.

Aplikasi desain rumah gratis ini punya fitur-fitur menarik, termasuk ide desain interior yang berlimpah, katalog produk yang luas dengan opsi pembelian langsung, dan kemampuan visualisasi 3D untuk melihat hasil desain sebelumnya diimplementasikan.

Pengguna dapat mengeksplorasi ribuan gambar dan artikel inspiratif untuk setiap gaya dan ruangan, sambil membeli produk dari merek-merek ternama.

 

5 dari 10 halaman

Floor Plan Creator

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Aplikasi desain rumah gratis selanjutnya ini punya tampilan yang nyata yang bisa disesuaikan dengan luas rumah kamu. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur canggih yang memungkinkan pengguna dengan mudah mendesain dan merencanakan tata letak ruangan.

Fitur utama termasuk pembuatan rencana lantai dalam format 2D yang detail dan presisi, serta kemampuan untuk melihat tampilan 3D dari desain tersebut. Floor Plan Creator memungkinkan pengguna untuk mengukur dimensi ruangan secara akurat dan menyematkan gambar atau foto ke dalam desain mereka. 

 

6 dari 10 halaman

Planner 5D

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Planner 5D adalah aplikasi desain interior yang memberikan pengguna untuk mendesain ruang dalam format 2D dan 3D.

Aplikasi desain rumah gratis menawarkan fitur-fitur unggulan seperti kemampuan membuat tata letak ruangan yang detail, menambahkan furnitur dan dekorasi dengan mudah, serta melihat hasil desain dalam tampilan 3D realistis.

Pengguna dapat memilih dari berbagai item furnitur dan dekorasi yang disediakan dalam katalog aplikasi, dan menyesuaikannya dengan gaya dan preferensi pribadi. 

 

7 dari 10 halaman

Magicplan

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Aplikasi desain rumah gratis lainnya adalah Magicplan. Aplikasi ini membantu pengguna untuk merencanakan budget yang pas dalam merenovasi ruangan. Aplikasi ini menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu pengguna mengestimasikan biaya, misalnya kebutuhan cat akan disesuaikan dengan ukuran dinding kamu.

Pengguna dapat mengukur dimensi ruangan, menandai pintu dan jendela, serta menambahkan furnitur virtual ke dalam desain. Magicplan banyak digunakan oleh arsitek untuk membantu memberikan penjelasan kepada kliennya tentang desain hingga rincian biaya yang perlu dikeluarkan. 

 

8 dari 10 halaman

Room Creator Interior Design

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Room Creator Interior Design adalah aplikasi desain interior yang memungkinkan pengguna dengan cepat dan mudah membuat tata letak ruangan yang menarik. Pengguna dapat menambahkan berbagai jenis furnitur dan dekorasi ke dalam ruangan dengan mudah melalui antarmuka hanya perlu drag & drop saja.

Aplikasi desain rumah gratis ini memudahkan pengguna memilih warna dinding, lantai, dan furnitur sesuai preferensi mereka. Aplikasi ini juga menyediakan gambar 3 dimensi dari desain, memungkinkan pengguna untuk melihat hasil akhir dengan lebih realistis.

 

9 dari 10 halaman

HomeByMe

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Aplikasi desain rumah gratis satu ini mirip dengan tampilan permainan The Sims, yang bisa diakses bagi pengguna iOS maupun Android. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur canggih yang mencakup pembuatan tata letak ruangan dalam format 3D dengan tingkat detail yang tinggi.

Pengguna dapat menempatkan berbagai elemen desain, termasuk furnitur dan dekorasi, dari katalog produk yang luas. Selain itu, HomeByMe dapat diakses melalui berbagai perangkat, termasuk PC, sehingga pengguna dapat merancang dan merencanakan rumah mereka dengan fleksibilitas maksimal.

 

10 dari 10 halaman

Roomle 3D & AR Room Planner

Aplikasi Desain Rumah © Diadona

Selain aplikasi desain rumah gratis diatas, ada juga Roomle 3D & AR Room Planner yang merupakan aplikasi desain ruangan yang dirancang untuk pengguna iOS. Keunggulan aplikasi ini terletak pada penggunaan teknologi Augmented Reality (AR), memungkinkan pengguna untuk melihat secara langsung dan realistis bagaimana desain akan terlihat secara nyata. Roomle jadi aplikasi desain yang super lengkap dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan bahkan hingga detail terkecil.

Dengan banyaknya aplikasi desain rumah gratis yang tersedia, tidak ada lagi alasan untuk tidak mewujudkan rumah impian. Jadi, buatlah kreativitasmu berkembang dan rancanglah rumah yang tidak hanya cantik tapi juga sesuai dengan seleramu!

 

 

Beri Komentar