8 Tips Rumah Anti Banjir dari Desain Bangunan hingga Drainase yang Baik

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 19 Desember 2023 14:09
8 Tips Rumah Anti Banjir dari Desain Bangunan hingga Drainase yang Baik
Tips rumah anti banjir perlu diketahui oleh pemilik rumah untuk mengantisipasi jika bencana tersebut hadir secara tiba-tiba

Setiap pemilik rumah tentunya mendambakan hunian yang nyaman dengan lokasi yang strategis. Namun terkadang sebuah bencana tidak dapat diprediksi kehadirannya hingga mengancam kenyamanan sebuah rumah.

Banjir menjadi salah satu bencana alam yang dapat merugikan hingga merusak berbagai properti rumah bahkan dapat mengancam keselamatan penghuni rumah. Oleh karena itu, sebelum membangun rumah penting bagi penghuni untuk mengetahui tips mengatasi rumah anti banjir. 

Banjir dapat menjadi sebuah ancaman serius bagi rumah maupun harta benda. Mencegah kerusakan yang disebabkan oleh banjir membutuhkan perencanaan dan tindakan pencegahan yang tepat. Sejumlah tips rumah anti banjir perlu diketahui oleh pemilik rumah untuk mengantisipasi jika bencana tersebut hadir secara tiba-tiba.

Langkah-langkah pencegahan dapat membantu melindungi berbagai properti rumah dari kerusakan yang disebabkan banjir, hal ini mencakup kerusakan struktural, kerugian harta benda dan biaya perbaikan yang cukup mahal.

Dengan memahami beberapa tips mengatasi rumah anti banjir berarti melindungi keselamatan dan keamanan bagi keluarga kamu. Rumah yang dirancang dengan baik dan dilengkapi sistem pencegahan banjir akan mengurangi resiko cedera atau kehilangan korban jiwa.

Selain itu, kamu juga dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar rumah. Untuk menjawab berbagai keresahan kamu, berikut ini telah kami sediakan sejumlah tips yang dapat kamu persiapkan lebih awal. Yuk simak selengkapnya!

 

1 dari 8 halaman

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Tips Rumah Anti Banjir © Diadona

Pemilihan lokasi yang tepat merupakan tips awal mengatasi rumah anti banjir dan membuat hunianmu lebih aman terhadap ancaman banjir. Lakukan identifikasi lokasi rumah sedari awal untuk mengetahui resiko banjir pada wilayah tersebut.

Pilih lokasi yang berada pada dataran tinggi untuk meminimalisir resiko terkena banjir. Hindari untuk membangun rumah di daerah resapan air atau lahan basah yang mudah terendam karena lokasi seperti ini cenderung lebih rentan terhadap banjir. 

 

2 dari 8 halaman

Sistem Saluran Pembuangan yang Efektif

Tips Rumah Anti Banjir © Diadona

Membangun dan merawat sistem saluran pembuangan yang efektif merupakan kunci atau langkah awal yang dapat dijadikan sebagai tips mencegah rumah anti banjir.

Cobalah untuk rutin membersihkan saluran pembuangan air dari tumpukan sampah, dedaunan atau material lainnya untuk mencegah penyumbatan yang dapat menghambat aliran air. Gunakan sistem saluran air yang efektif untuk mengalirkan air hujan dari atap dan mengarahkannya ke saluran pembuangan utama. 

 

3 dari 8 halaman

Membuang Sampah pada Tempatnya

Tips Rumah Anti Banjir © Diadona

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya membuang sampah pada tempatnya dapat dijadikan sebagai tips mengatasi rumah anti banjir loh! Memastikan pembuangan sampah pada tempatnya menjadi salah satu langkah penting dalam upaya mencegah resiko banjir dan menjaga kelestarian lingkungan.

Cobalah untuk menerapkan tata kelola sampah yang baik di dalam rumah, pisahkan sampah organik dan non-organik untuk memudahkan pengelolaan dan pengolahan lebih lanjut. Selain itu, kamu juga dapat menerapkan praktik daur ulang sampah untuk mengurangi volume sampah yang berlebih serta membantu untuk mengurangi polusi lingkungan. 

 

4 dari 8 halaman

Buat Struktur Bangunan Rumah yang Anti Banjir

Tips Rumah Anti Banjir © Diadona

Membangun struktur bangunan yang tahan terhadap resiko banjir melibatkan perencanaan yang matang dengan penerapan desain yang sesuai. Hal ini juga menjadi salah satu tips yang dapat diterapkan untuk mengatasi rumah anti banjir.

Cobalah untuk membangun rumah dengan pondasi bangunan yang cukup tinggi di atas permukaan tanah dan pastikan jika struktural tersebut kokoh hingga mampu menahan air dengan baik. Kamu juga dapat mempertimbangkan penggunaan lantai yang terbuka untuk memungkinkan air cepat mengalir keluar tanpa merendam material bangunan.

5 dari 8 halaman

Manfaatkan Sistem Drainase One Way

Tips Rumah Anti Banjir © Diadona

Tips mengatasi rumah anti banjir selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem drainase satu arah. Sistem Drainase One Way merupakan metode yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengurangi resiko banjir di sekitar rumah.

Sistem ini dirancang agar memudahkan aliran air mengalir keluar dari area tertentu tanpa membiarkan air banjir masuk ke dalam ruangan. Tentukan lokasi yang strategis untuk menerapkan sistem drainase satu arah. Tempatkan sistem ini di daerah yang rentan terhadap genangan air atau banjir. 

 

6 dari 8 halaman

Bangun Daerah Resapan Air

Tips Rumah Anti Banjir © Diadona

Membangun daerah resapan air di sekitar rumah juga menjadi cara yang efektif untuk dijadikan sebagai tips rumah anti banjir sehingga menciptakan lingkungan yang lebih tahan terhadap air berlebih. Kamu dapat membuat lubang atau sumur resapan air untuk membantu mencegah terjadinya genangan.

Gunakan material penahan erosi di area resapan air untuk mencegah tanah longsor dan menjaga kestabilan struktur bangunan rumah. Membangun daerah resapan air bukan hanya dapat membantu melindungi rumah dari resiko banjir, namun juga berkontribusi untuk meningkatkan keseimbangan ekosistem lingkungan. 

 

7 dari 8 halaman

Pemasangan Sistem Peringatan Dini

Tips Rumah Anti Banjir © Diadona

Pemasangan sistem peringatan dini merupakan langkah yang penting untuk melindungi rumah dari resiko terjadinya banjir. Tips mengatasi rumah anti banjir kali ini dapat membantu untuk memberikan informasi lebih awal yang memadai dan memungkinkan pemilik rumah untuk mengambil tindakan evakuasi sebelum banjir terjadi.

Gunakan sensor yang dapat mendeteksi kenaikan air, kelebihan hujan atau kondisi cuaca ekstrem. Pilih sistem yang dapat terintegrasi dengan pusat pengawasan dan peringatan banjir setempat. Hal ini akan membantu memastikan jika informasi yang diterima akurat dan cepat. 

 

8 dari 8 halaman

Membuat Saluran Sistem Pembuangan yang Efektif

Tips Rumah Anti Banjir © Diadona

Membangun dan merawat saluran sistem pembuangan yang efektif merupakan kunci dalam melindungi rumah dari resiko terjadinya banjir. Pastikan saluran pembuangan yang dipakai memadai untuk menangani volume air yang dihasilkan oleh hujan lebat. Saluran yang terlalu kecil dapat menyebabkan genangan air.

Gunakan material yang tahan terhadap korosi da perubahan cuaca seperti PVC , beton atau logam. Bersihkan saluran pembuangan secara berkala untuk menghindari terjadinya penyumbatan sampah atau material lainnya yang dapat menghambat aliran air. 

Itulah sejumlah tips mengatasi rumah anti banjir yang dapat dilakukan sebelum merencanakan pembangunan sebuah rumah. Pastikan untuk melakukan survey lokasi rumah pada jauh-jauh hari untuk mengetahui apakah daerah tersebut rawan banjir atau tidak. Semoga bermanfaat!

 

 

Beri Komentar