7 Trik Ampuh Hilangkan Lumut Membandel, Cukup dengan Bahan Rumahan Saja Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 26 November 2020 10:00
7 Trik Ampuh Hilangkan Lumut Membandel, Cukup dengan Bahan Rumahan Saja Moms!
Gak perlu repot lagi, lumut membandel akan hilang seketika dengan bahan rumahan berikut ini.

Musim penghujan yang terjadi belakangan ini membuat tumbuhnya lumut yang membandel di sekitar banguann luar rumah. Apalagi hal itu semakin diperparah dengan kondisi udara yang lembab.

Lalu, gimana cara menghilangkan banyaknya lumut yang tumbuhb? Melansir dari 99.co pada Rabu (25/11/2020), berikut ini adalah beberapa bahan rumahan yang bisa membantu Moms untuk menghilangkan lumut membandel.

1 dari 7 halaman

1. Air Garam

Ilustrasi Garam © Diadona

Larutan air garam juga terbilang efektif untuk membersihkan noda lumut dari permukaan bangunan yang ditumbuhi. Cukup dengan mencampurkan 3 sendok garam dan 2 liter air kemudian didihkan. Jika larutan telah siap, maka segera siramkan ke bagian bangunan rumah yang berlumut. Sikat bagian tersebut dan ulangi cara yang sama hingga lumut benar-benar hilang dari permukaan.

2 dari 7 halaman

2. Sabun Cuci Piring

Ilustrasi Sabun Cuci Piring © Diadona

Tak sekedar membersihkan noda minyak yang melekat di piring dan perabotan makan lainnya, cairan pencuci ini naytanya juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan permukaan yang ditumbuhi lumut baik di dinding dan keramik lantai. Cukup dengan menuangkan cairan sabun cuci piring pada bagian yang berlumut, lalu gosok menggunakan sikat. Bilas bagian permukaan dinding dan lantai sambil dibilas menggunakan air sampai permukaannya menjadi tidak licin.

3 dari 7 halaman

3. Kaporit

 

Kaporit memang dipercaya mampu membersihkan air, namun ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan noda lumut di permukaan bangunan. Caranya adalah dengan menumbuk kaporit gingga halus dan taburkan pada permukaan yang berlumut. Diamkan sekitar 1-2 jam dan kemudian siram menggunakan air bersih. Gosok menggunakan air sabun dan bilas hingga permukaan tidak licin.

4 dari 7 halaman

4. Pemutih Baju

 

Selain untuk memutihkan baju, cairan pemutih ini juga mampu menghilangkan lumut pada lantai dan dinding. Cukup siramkan cairan pemutih baju pada permukaan yang berlumut dan sikat hingga lumutnya hilang. Jika sudah selesai, bilas semua permukaan menggunakan air bersih.

5 dari 7 halaman

5. Larutan Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Kandungan asam dalam baking soda cukup tinggi. Hal ini mampu membersihkan lumut hingga ke bagian terdalam. Cukup siapkan larutan baking soda, kemudian siram sambil gosok bagian yang berlumut.

Jangan didiamkan terlebih dahulu karena bisa merusak permukaan dinding dan lantai. Hindari cara menghilangkan lumut yang satu ini pada dinding. Hal ini akan membuat material dinding tidak tahan asam karena malah akan membuat terkelupas. Jangan pula menggunakannya pada lantai yang terbuat dari kayu, keramik, granit, dan marmer.

6 dari 7 halaman

6. Air Kapur

Air kapur memiliki kandungan yang mampu membuat lumut lepas dari permukaannya. Cukup campurkan bubuk kapur dengan air, kemudian siramkan ke permukaan yang berlumut. Diamkan sesaat selama beberapa jam atau semalaman. Gosok permukaan tersebut hingga lumut hilang. Bilas menggunakan air sampai bersih.

7 dari 7 halaman

7. Cuka Putih

Ilustrasi Cuka Putih © Diadona

Sama halnya dengan baking soda, cuka putih juga memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Cukup siramkan sedikit demi sedikit cuka di atas permukaan yang berlumut, lalu sikat dan bilas dengan air. Pastikan tidak ada cairan cuka yang tertinggal di dinding karena membuat keropos.

Bagaimana Moms, tertarik untuk menghilangkan lumut dengan 7 bahan rumahan tersebut? Semoga membantu ya.

Beri Komentar